Menggali Solusi

Share this
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

Apabila Anda memiliki seorang pemimpin yang selalu memberikan solusi atas persoalan dan tantangan yang Anda hadapi, bagaiman perasaan Anda? Apakah Anda senang? Apakah Anda menilai pemimpin Anda memang hebat? Apakah Anda betah bekerja dengan pemimpin tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini pasti berbeda-beda.

Seorang pemimpin memang biasanya punya jam terbang atau pengalaman yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang. Fakta ini mendorong banyak pemimpin yang akhirnya memberikan solusi atas semua hal yang terjadi di timnya. Pemimpin ini merasa bahwa solusi darinya adalah yang terbaik dan “cespleng” menjawab berbagai persoalan.

Waspadalah, apabila Anda memiliki pemimpin seperti ini. Dalam jangka pendek boleh jadi tampak hebat dan menguntungkan. Tetapi dalam jangka panjang itu akan merugikan orang yang dipimpin. Gap kemampuan antara pemimpin dan yang dipimpin semakin lama semakin melebar. Kreativitas, keberanian, pengalaman Anda hanya sedikit bertambah sementara ketergantungan tim kepada pemimpin semakin besar.

Sekarang bukan eranya seorang pemimpin selalu memberikan solusi. Salah satu tugas utama pemimpin adalah menggali solusi. Pemimpin harus percaya bahwa timnya punya talenta dan kemampuan untuk menjawab dan menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapu timnya. Ia ingin orang-orang yang dipimpin semakin berdaya dan menikmati pekerjaannya.

Pemimpin ini akan terus mengajukan berbagai pertanyaan agar timnya terdorong untuk menemukan solusi yang tepat. Dengan cara ini, anggota tim akan terpacu mengajukan atau menggali ide-ide dan lebih bertanggungjawab terhadap solusi yang mereka hasilkan. Rasa kepemilikan anggota tim terhadap tujuan bersama semakin besar.

So, carilah atau jadilah pemimpin yang menggali solusi bukan pemberi solusi.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Baca Juga  Bukan Hanya Tentang Uang

[Tulisan ini terinspirasi dari buku “Corporate Heroes” yang ditulis oleh sahabat-sahabat saya dari Kubik Coaching, diterbitkan Gramedia, 2015].


Share this
  • 2
  •  
  •  
  •  
  •  
    2
    Shares

4 comments On Menggali Solusi

  • anik wijayanti

    ternyata tugas leader harus menstimulasi supaya yang dibawah makin pinter ya. baru ngeh..

  • pa jamil..saya ingin ikut training ni pa..

  • Sadimin Arsyadi

    Pemimpin Yang Memberi Solusi itu adalah pemimpin yang hanya memberikan yang apabila team nya curhat tentang keluh kesahnya, tentang maslahnya, dia akan langsung memberikan wejangan, alias jalan keluar yang diminta oleh team nya, istilahnya ibarat anak kecil yang belum punya gigi pengin makan kerak nasi yg digoreng, tapi sama Ibunya di mamahin (dimakan dulu sama ibunya, lalu dilepehkan kemudian di kasih ke anak kecil tadi). Artinya tidak memberikan sebuah pembiasaan yang baik buat teamnya, karena akan ada efek kebergantungan kepada Satu orang tertentu
    .
    Nah kalau pemimpin yang menggali solusi adalah pemimpin yang melakukan brain storming dengan si bawahan yang punya masalah yg dicurhati, biasanya dia akan meminta pendapat dari si yg empunya masalah, akan balik bertanya terlebih dahulu, menurut kamu bagaimana, dari point of view si empunya masalah, dari situ, sebenernya si pemimpin sudah menggali permasalahan dari si empunya masalah, tinggal didiskusikan solusi dari dua arah yang berbeda
    .
    intinya lebih banyak brainstorm dengan tem member nya, karena sejatinya, bisa jadi team member malah justru punya ide yang tidak bisa untuk menyelesaikan masalah yang biasa
    .
    Begitu kura2 kek hehe
    .

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer