Menggali Solusi

solusi.jpg

Apabila Anda memiliki seorang pemimpin yang selalu memberikan solusi atas persoalan dan tantangan yang Anda hadapi, bagaiman perasaan Anda? Apakah Anda senang? Apakah Anda menilai pemimpin Anda memang hebat? Apakah Anda betah bekerja dengan pemimpin tersebut? Jawaban atas pertanyaan ini pasti berbeda-beda.

Seorang pemimpin memang biasanya punya jam terbang atau pengalaman yang lebih banyak dibandingkan kebanyakan orang. Fakta ini mendorong banyak pemimpin yang akhirnya memberikan solusi atas semua hal yang terjadi di timnya. Pemimpin ini merasa bahwa solusi darinya adalah yang terbaik dan “cespleng” menjawab berbagai persoalan.

Waspadalah, apabila Anda memiliki pemimpin seperti ini. Dalam jangka pendek boleh jadi tampak hebat dan menguntungkan. Tetapi dalam jangka panjang itu akan merugikan orang yang dipimpin. Gap kemampuan antara pemimpin dan yang dipimpin semakin lama semakin melebar. Kreativitas, keberanian, pengalaman Anda hanya sedikit bertambah sementara ketergantungan tim kepada pemimpin semakin besar.

Sekarang bukan eranya seorang pemimpin selalu memberikan solusi. Salah satu tugas utama pemimpin adalah menggali solusi. Pemimpin harus percaya bahwa timnya punya talenta dan kemampuan untuk menjawab dan menyelesaikan berbagai persoalan yang dihadapu timnya. Ia ingin orang-orang yang dipimpin semakin berdaya dan menikmati pekerjaannya.

Pemimpin ini akan terus mengajukan berbagai pertanyaan agar timnya terdorong untuk menemukan solusi yang tepat. Dengan cara ini, anggota tim akan terpacu mengajukan atau menggali ide-ide dan lebih bertanggungjawab terhadap solusi yang mereka hasilkan. Rasa kepemilikan anggota tim terhadap tujuan bersama semakin besar.

So, carilah atau jadilah pemimpin yang menggali solusi bukan pemberi solusi.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

[Tulisan ini terinspirasi dari buku “Corporate Heroes” yang ditulis oleh sahabat-sahabat saya dari Kubik Coaching, diterbitkan Gramedia, 2015].

Bagikan:

3 thoughts on “Menggali Solusi”

  1. anik wijayanti says:

    ternyata tugas leader harus menstimulasi supaya yang dibawah makin pinter ya. baru ngeh..

    1. Jamil Azzaini says:

      Wajib mbak….

  2. ahmad yani says:

    pa jamil..saya ingin ikut training ni pa..

Leave a Reply

Your email address will not be published.