Mengapa Tidak Produktif

Mengapa-Anda-Tidak-Produktif-copy.png

Mengapa Anda Tidak Produktif  copy

Ternyata, orang yang rajin bekerja belum tentu produktif. Lantas pertanyaannya, apa yang menyebabkan seseorarang tidak produktif? Penyebabnya tentu banyak, namun ada tiga hal yang menonjol.

Pertama, Kebiasaan Multitasking, yaitu mengerjakan banyak pekerjaan dalam waktu yang bersamaan. Secara logika tampak bahwa orang itu produktif, namun dari berbagai riset menunjukkan bahwa multitasking justru menurunkan produktivitas dan kecerdasan.

Terlihat mengerjakan banyak pekerjaan namun tidak satupun yang tuntas. Atau, kalaupun tuntas, menghasilkan hasil kerja yang biasa saja tak patut dibanggakan.

Biasakanlah menuntaskan satu pekerjaan dalam satu waktu agar hasil kerja Anda sempurna. Bukan hanya itu, produktivitas kerja terjaga justru apabila Anda menjauh dari multitasking. Cobalah…

Kedua, Terlalu Banyak Teknik dan Metode. Ternyata terlalu banyak teknik, referensi dan metode bisa membuat Anda kurang produktif. Mengapa? Karena Anda akan sibuk terjebak untuk ujicoba dibandingkan fokus menuntaskan pekerjaan. Kuasai satu atau beberapa ilmu/metode, formulasikan dan kemudian praktikkan.

Ketiga, pikiran dan emosi yang negatif. Tindakan manusia sangat dipengaruhi oleh pikiran dan emosinya. Saat Anda berpikir dan mengedepankan emosi negatif maka hasil kerja Anda akan negatif.

Contoh, Saat Anda diberi pekerjaan menantang kemudian pikiran dan emosi Anda negatif, “Pasti boss gak suka sama saya, masak saya diberi pekerjaan seperti ini?” Kira-kira bagaimana hasil kerja yang berpikiran seperti? Bandingkan apabila Anda mengatakan, “Yes! Saya diberi pekerjaan menantang. Boss saya memang hebat. Saya akan buktikan saya bisa.”

Bagikan:

4 thoughts on “Mengapa Tidak Produktif”

  1. taufik says:

    Assalamuálaikum. Pencerahan yang bermanfaat. Terima kasih.

    1. Jamil Azzaini says:

      Wa’alaikumsalam, sama-sama ya

  2. rizki hidayat says:

    Al Insyirah : 7. Maka apabila engkau telah selesai (dari suatu urusan), tetaplah bekerja keras untuk (urusan yang lain).

    Fokus, dan jangan multitasking,
    makasih Kek Jamil…

  3. aditriasmara.com says:

    Wah ternyata saya sering terjebak dalam kesibukan, bukan ke-produktifan hidup. Meskipun terlihat sama, namun ternyata keduanya cukup berbeda ya kek. Terima kasih atas inspirasinya kek ^.^

Leave a Reply

Your email address will not be published.