Mengapa Sering Berpindah Kerja

Eri_CahariBanyak perusahaan yang mengalami persoalan pergantian karyawan, dengan mudahnya para karyawan keluar dan masuk disuatu perusahaan. Banyak alasan dari para karyawan kenapa meninggalkan perusahaan, diantaranya pimpinan yang tidak bisa bekerjasama, mencari pengalaman, mencari gaji yang lebih tinggi, suasana kerja yang tidak nyaman dan banyak lagi alasan alasan lainnya.

Keluar masuknya karyawan karyawan ini akan mempengaruhi perkembangan perusahaan maupun bagi karyawannya itu sendiri, apalagi karyawan yang keluar itu adalah karyawan yang berbakat, kerugian bagi perusahaan yakni telah mengeluarkan dana untuk membiayai pelatihan pelatihan karyawan sehingga menjadi karyawan yang berbakat, sedangkan untuk karyawannya sendiri, mereka membutuhkan waktu tambahan lagi untuk menjadi ahli dibidangnya.

Penelitian di Amerika menyebutkan seseorang bisa dikatakan ahli dibidangnya apabila telah melakukan pekerjaan lebih dari 10.000 jam, dan selalu bertumbuh dari tahun ke tahunnya.

Orang orang yang berbakat ini biasanya akan pindah ke perusahaan pesaingnya dengan membawa pengetahuan, pengalaman bahkan relasipun ikut bersamanya. Menurut penulis buku “First Break All the Rules” Marcus Buckingham dan Curt Huffman” bahwa orang orang bagus atau berbakat tersebut keluar meninggalkan Direktur / Managernya bukan perusahaan. Kenapa hal ini terjadi?

Karena para Direktur / Manager ini belum mengenali dirinya sendiri, belum mengetahui kelebihan dan kekurangan dari potensi yang mereka miliki, bagaimana mereka mau mengenali kelebihan dan kekurangan orang lain, untuk dirinya sendiri saja belum kenal, mereka terlalu mengontrol, terlalu curiga, terlalu mencampuri, sok tahu, juga terlalu mengecam. Bahkan sampai menghina bawahannya didepan umum.

Mereka lupa bahwa para karyawan itu bukanlah aset tetap, melainkan manusia yang mempunyai perasaan.

Anda mau menjadi Direktur/Manager yang berhasil dengan tidak ditinggalkan bawahan yang berbakat ?, segeralah kenali apa yang menjadi kelebihan dan kekurangan potensi kita, sehingga perusahaan bisa lebih cepat mencapai apa yang di harapkan para pendirinya dan mitra mitranya.

Salam FOCUS

Mau ngobrol dengan saya, silahkan follow twitter saya : @Eri_Cahari

Bagikan:

One thought on “Mengapa Sering Berpindah Kerja”

  1. Muh Jaya says:

    wahh ini bisa di share perusahaan lembaga aku nihh,,, biar pada semangat mengenali diri dulu baru bekerja tim..

Leave a Reply

Your email address will not be published.