Menciptakan Habit Baru dengan SRUP

Share this
  • 151
  • 1
  •  
  •  
  •  
    152
    Shares

Hidup monoton itu bisa membuat stres. Perlu banyak variasi kegiatan agar hidup makin enjoy dan mengasyikkan. Saat kegiatan positif sudah menjadi kebiasaan (habit) segera ciptakan kebiasaan baru lagi yang kita anggap penting. Ada banyak cara yang bisa dilakukan agar kita punya habit baru secara berkala.

Bagaimana habit baru terbentuk? Saya menggunakan metode SRUP untuk menciptakan habit baru tersebut.

Pertama, Start atau mulai. Pilihlah kegiatan yang kita anggap penting dan berkomitmenlah untuk menjalankkannya hingga tuntas dan segera start, melakukannya hari ini juga.

Contohnya, saat ini saya sedang mulai membiasakan diri nonton video para expert selama satu jam setiap hari. Tema video yang saya pilih sesuai dengan kebutuhan yang saya perlukan yaitu seputar bisnis, leadership, personal development dan spiriritualitas. Tidak cukup hanya start, Anda perlu melakukan langkah yang kedua.

Kedua, Repetition atau pengulangan. Secara disiplin dan konsisten, setiap hari saya nonton video dengan tema tersebut di atas selama satu jam. Terkadang saya menonton video dalam perjalanan, waktu menunggu atau saat santai. Total waktu yang saya habiskan untuk menonton video tidak boleh kurang dari satu jam.

Disiplin dalam repetition ini memang berat pada awalnya namun kemudian menjadi kenikmatan. Pengalaman saya, apabila kita bisa berdisiplin melakukan pengulangan selama 40 hari maka kegiatan tersebut akan menjadi habit baru yang mengasyikkan.

Ketiga, Up-grade atau menaikkan level. Bukan hanya sekedar menonton video tetapi mulai ditingkatkan levelnya. Apa yang saya tonton saya tulis, saya diskusikan, saya terapkan dalam kehidupan.

Melakukan up-grade ini membuat kegiatan yang pada mulanya membosankan bisa menjadikan kita ketagihan terhadap kegiatan tersebut.

Baca Juga  Semakin

Keempat, Pray atau berdoa. Saya berdoa semoga yang saya tonton menjadi kebaikan bagi saya dan juga kebaikan bagi nara sumber. Saya berharap juga bahwa kegiatan menonton menjadi amal sholeh bagi saya dan membuat Allah swt mengangkat derajat saya menjadi orang yang berilmu dan mengamalkan ilmunya.

Berdoa pada hakekatnya pengingat dan self talk mujarab yang sangat membantu terciptanya habit baru.

Mau punya habit baru? Cobalah SRUP sekarang juga.

Minum kopi dulu ah…SRUP….SRUP….SRUP….

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer


Share this
  • 151
  • 1
  •  
  •  
  •  
    152
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer