Membangunkan Singa Tidur

Andi BadrenSukses adalah kata yang selalu digandrungi setiap orang. Ibarat seorang bintang film Hollywood, kita pun dibuatnya gila dengan kata tersebut. Perhatikan saja, sekalipun dalam proses sukses, hampir setiap orang memiliki pilosofi yang khas tentang kesuksesannya. Bahkan saking gilanya tentang sebuah kesuksesan, saya khawatir jidatnya ditulis S-U-K-S-ES.

Coba apa yang terbayang dibenak anda ketika mendengara kata sukses? Ayo apa? Mungkin orang yang memiliki mobil mewah, rumah bertingkat, uang berlipat, istri lebih dari empat dan sejenisnya. Nah, menurut saya wajar karena saya juga termasuk orang demikian. Tetapi, ternyata rumah dan aksesorisnya adalah hasil dari mental sukses.

Tidak hanya satu atau dua motivator, ratusan bahkan ribuan dari mereka telah memberikan tips atau jurus meraih sukses. Padahal sebenarnya anda sendiri mampu meraihnya jika pun tidak mendapat trik atau mantra dari mereka (keistimewaan introvert). Ada kekuatan besar dalam diri anda yang tidak anda sadari. Saya yakin, semua orang pasti memilikinya. Hanya saja butuh proses bagaimana agar kekuatan tadi bisa memanas lalu berlari kencang bahkan lebih dari yang dibayangkan. perlu anda ketahui, kekuatan yang bersemayam dalam diri anda ibarat singa yang sedang tidur.

Pertamakali yang harus anda lakukan agar singa yang masih tidur tadi sedikit terusik yaitu membuat ke-pu-tu-san. Keputusan yang beberapa detik ini memiliki pengaruh besar dalam hidup anda. Keputusan itu harus total, artinya benar-benar putus dan tidak pernah nyambung lagi.

Dulu saya mengalami hal ini ketika memutuskan menelpon orang tua untuk mengatakan “Andi sudah mandiri, jangan khawatir dengan kehidupan Andi. Jangan pusing-pusing memikirkan transfer uang. Mulai bulan ini ibu dan abah tidak usah mentransfer. Insha Allah sudah punya penghasilan”.

Jujur, padahal waktu itu saya belum memulai usaha, belum memiliki penghasilan dan masih banyak sejuta alasan untuk tidak memutuskan ini. Namun subhanallah, ternyata memang benar otak akan bergerak jika dihadapkan pada dua hal, mencari kenikmatan dan menghindari kesengsaraan.

Keputusan ini membuat singa tidur sedikit menggerakan kumisnya. Perlahan-lahan mulai membuka matanya. Namun meskipun demikian, singat tersebut harus dibuatnya geram agar berlari sekencang mungkin mencari mangsa. Nah, cara membuat geram singa tidur ini pancing dengan membuat masalah.

Banyak cara untuk membuat masalah. Salah satunya melakukan hal-hal yang “meskipun”. Waktu itu masalah yang saya buat adalah, meskipun saya tidak memiliki pengalaman bisnis, saya berani meminjam uang yang besar -ukuran mahasiswa- untuk membuka sebuah usaha, Laundry Kinclong.

Akhirnya singa yang tidur tadi mulai berlari mengejar targetnya. Namun, singa yang sudah garang mengalami kebingungan. Ternyata mangsanya sangat banyak sehingga ia tidak memiliki keputusan mana yang harus dimangsa. Oleh karena itu, singa pun memfokuskan pada salah satu dari sekian banyak target. Dengan begitu, singa pun berhasil meraih apa yang ia inginkan.

Jadi, cara membangunkan singa yang tidur dalam diri anda ada tiga yaitu membuat keputusan yang benar-benar putus, menambah masalah dengan melakukan hal-hal yang meskipun dan yang terakhir fokus.

Sekarang giliran anda yang membangunkan singa tidur dalam diri anda. Siapa tahu singa anda jauh lebih besar dan lebih garang dari singa saya.

Salam Sukses Bisa!
Andi Badren

Bagikan:

8 thoughts on “Membangunkan Singa Tidur”

  1. basith says:

    Klo di malang ada singo edan Arema, musim kompetisi ISL 2014 ini singo edan akan smakin edan dg menjuarai ISL thn ini, dan singo ini sudah bankit menerkam buaya, macan, dan segala isi kebun binatang, salam satu jiwa

  2. Andriansyah says:

    singa yang smart ya….

  3. anadesuka says:

    kerON cara membangunkan singa yang tertidur!
    dalam sekian singkat waktu hidup kita, kudu wajib berani ambil keputusan, berharap/bermimpi, dan bersegera action untuk mewujudkannya.
    terima kasih atas inspirasinya.

  4. farobi yudhistira says:

    inspiratif… bisa banyak belajar nih dari bapak..

  5. farobi yudhistira says:

    inspiratif… bisa banyak belajar nih dari bapak..

  6. Andi Badren says:

    hehe, ngobrol dengan saya follow @andibadren

  7. KerON bang Andi tulisannya, mohon doanya ya biar saya jg bs membangunkan macan dlm diri saya…

  8. Inspiratif dan kerON tulisannya. Semoga kita semua bisa membangunkan ‘singa’ yang sedang nyenyak tertidur agar garang dan ganas. Asal jangan membangkitkan ‘raja singa’ aja yah. He..he..

Leave a Reply

Your email address will not be published.