Massive Action, Gundulmu

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Sehebat-hebatnya dokter gigi, pasti ia memerlukan dokter gigi lain untuk menambal giginya yang berlubang. Dokter bedah yang paling ahli sekalipun memerlukan dokter bedah yang lain saat ia harus menjalani operasi usus buntiu.

Begitu pula seorang tukang cukup terbaik pun memerlukan tukang cukur lain saat ia harus memotong rambutnya dengan rapi.

Saya, sebagai seorang pebisnis dan trainer juga memerlukan pebisnis, trainer dan orang bijak lainnya untuk “membedah” hidup saya agar semakin melesat dalam jalan hidup SuksesMulia.

Untuk itulah, usai pulang dari mengajukan “proposal hidup” di tanah suci di bulan puasa ini, saya berkeliling, bersilaturahmi menemui pebisnis, trainer dan orang-orang bijak. Saya meminta, saran, masukan, feedforward dari mereka tentang bagaimana mempercepat tercapainya “proposal hidup” yang saya ajukan kepada Allah swt saat saya umroh.

Sungguh, saya memperoleh banyak perspektif baru dari mereka. Setelah saya rangkum, saya mendapatkan tiga hal penting agar saya mampu merealisasikan “proposal hidup” saya.

Pertama, lakukan small step. Saat jumpa dengan guru saya, ia bertanya “apa yang kamu lakukan untuk merealisasikan proposal hidup kamu yang sangat menantang itu?” Saya langsung menjawab “saya akan lakukan massive action dengan segera.”

Mendengar jawaban saya, guru kehidupan saya berkomentar “massive action gundulmu. Perubahan besar itu dimulai dari langkah kecil. Istilah-istilah bombastis seperti massive action terdengar hebat tetapi bisa membuat kamu sekarat dan melarat.”

Ia melanjutkan “mulai dari small step atau langkah kecil. Contoh, kamu mulai tahun ini ingin menjadi investor, mulai saja dari jutaan rupiah bahkan mungkin di bawah sepuluh juta rupiah. Gak usah gengsi. Small step ini kalau gagal, tidak membuat kamu terlalu sakit hati tetapi bila berhasil membuat kamu semakin pede dan memperkuat mylin atau otot kamu. Ingat ya, mulai dari small step. Dan terus perbanyak small step lainnya.”

Baca Juga  3 Langkah Menciptakan Budaya Inovasi di Perusahaan

Kedua, banyak membantu orang. Bantuan itu bisa berupa perhatian, meringankan beban hidup, menjadi perantara kebaikan, menyediakan waktu khusus untuk orang-orang terdekat.

Membantu orang lain itu membuat hormon-hormon kebahagiaan dalam tubuh bekerja dengan baik. Kondisi ini akan membuat kita enjoy menjalani hidup, tidak mudah mengeluh, tidak mudah menyerah.

Mereka berkata kepada saya “semakin banyak membantu orang lain membuat makhluk hidup lain sangat malu bila tidak membantu kamu.”

Ketiga, berusaha mendapat cinta-Nya. Mereka berkata “impian kamu begitu besar, tidak mungkin tercapai tanpa seizin yang Maha Besar. Untuk itu, dapatkan cinta-Nya. Karena apabila kamu dapatkan itu, apa pun yang kamu minta akan Dia berikan.”

Ya, small step, banyak membantu, dapatkan cinta-Nya adalah tiga komitmen yang sedang saya jalani saat ini. Buah dari silaturahmi saya dengan para ahli dan orang yang saya hormati.

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer


Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

3 comments On Massive Action, Gundulmu

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer