Masih Banyak Harapan

harapanSetiap hal yang terjadi pasti ada hikmahnya. Seperti kejadian yang saya alami ini. Tadinya saya dijadwalkan membimbing umroh “Tuhan Inilah Proposal Hidupku” pada 16-26 Juli, namun karena visa tidak turun maka saya dan rombongan batal umroh. Tidak disangka, saya langsung mendapat gantinya dari Allah SWT. Melalui Indonesia Setara dan Mein R Uno Foundation saya diajak mas Sandiaga S Uno untuk roadshow.

Selama tiga hari saya diajak berkeliling mengunjungi pondok pesantren dan beberapa usaha di Jawa Timur. Kunjungan pertama saya ke Pesantren Al Yasini Pasuruan yang memiliki lima ribu lebih santri. Hal yang menarik di pesantren ini, setiap ada tamu atau guru lewat para santri akan berdiri, diam dan memberi hormat.

Di tempat ini saya mendapat banyak berkah. Saya bisa kenal dan ngobrol dengan KH Mujib Imron selaku Pengasuh Pesantren. Saya juga bertemu dan berkenalan dengan Bupati Pasuruan yang baru Irsyad Yusuf [beliau adik kandung Wakil Gubernur Jawa Timur Syaifullah Yusuf]. Di tempat ini pula saya bertemu dengan teman-teman muda dari HIPSI atau Himpunan Pengusaha Santri Indonesia [sila bertamu ke hipsi.or.id]

Usai Ashar, saya dan mas Sandiaga S Uno berbagi inspirasi di BMT UGT Sidogiri. Usaha yang bermodal awal tak lebih dari Rp14 juta itu kini asetnya sudah lebih dari Rp800 milyar. Di BMT yang didirikan tahun 2000 ini, saya bertemu dengan orang yang namanya sudah saya kenal lama tetapi baru sekarang bisa jumpa, mas Najib Abdurra’uf Bahasuan. Beliau direktur Behaestex.

Usai sholat Isya dan tarawih plus witir 23 rakaat, saya dan mas Sandiaga S Uno berbagi inspirasi lagi didepan ribuan santri Al Yasini. Saya cukup terharu dan senang melihat antusias para santri mendengarkan inspirasi tadi malam. Begitu saya selesai memberikan inspirasi, para santri berdiri, berbaris sambil bershalawat memberikan jalan bagi rombongan serta KH Mujib Imron untuk keluar masjid.

Hari Kamis kemarin, saya fokus menikmati roadshow. Saya tak sempat membaca time line twitter, berita di internet apalagi nonton berita di TV. Ternyata dengan begitu saya menemukan optimisme bahwa masih banyak harapan kebaikan di negeri ini.

Mungkin Anda bisa mencobanya pula, sesekali tinggalkanlah “gemuruh dan riuhnya perpolitikan” di pusat kekuasan. Berkelilinglah ke episentrum-episentrum kebaikan. Di tempat-tempat seperti itu kita masih bisa menemukan banyak harapan.

Hari ini, saya beserta rombongan akan menyerap dan menularkan energi di Pesantren Tebu Ireng Jombang. Kulonuwun Gus Sholah… Assalamu’alaikum, kami ingin ditulari energi positif untuk modal kami membangun generasi yang penuh harapan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Keterangan foto:
Berfoto bareng dengan pengasuh Pondok Pesantren Al Yasini Pasuruan dan pengurus HISPI.

Bagikan:

21 thoughts on “Masih Banyak Harapan”

  1. KERIPIK @7CHIPZ says:

    hal ini juga yg saya rasakan sewaktu mengantar saudara yg baru lulus SD dan nyantri di ponpes Ummul Quro Leuwiliang Bogor, para santrinya ramah sekali thd kita sebagai tamu….. sekali waktu itikaf di pesantren manTabb jg tuh kek 🙂

    1. Kalau itikaf ajak2 yang lain ya.

  2. Fitri Meutia says:

    Wah subhanallah…ga bs umroh lgsg diganti dgn roadshow penuh berkah dan manfaat…Ga mampir ke Aceh yah?? 🙁
    Salam buat Pak Sandiaga Uno ya Pak…(ngefans.com…he2 ;-))

    1. Insya Allah disampaikan ya, salamnya salam SukaesMulia ya, hehehehe

      1. Fitri Meutia says:

        So pasti donk pak Salam SuksesMulia…masa’ salam kangen sih…itu mah buat bojoku…hehehe…;-)

  3. @andihakim31 says:

    Babeh..saya jd kangen suasan pesantren, tahun 2010 saya jg pernah ke Tebu Ireng dan bertemu langsung dg Gus Sholah. Kapan ya bisa jumpa dan mendapat ilmu serta energi positif beliau. meskipun saya tak pernah mondok, tapi saya senang berkujung ke pesantren. Memang karena sebenernya saya ingin sekali masuk pesantren. Tapi sekolah di madrasah, MI sampai MAN sy sudah bersyukur yg berharap punya pegangan ilmu agama, meskipun kurang dah harus terus belajar. Saya ingat nasehat guru saya lulusan Tebu Ireng dan Gontor, “bergaulah dengan orang2 sholeh dan berilmu, niscaya kita akan mendapat energi positifnya, perbanyaklah itu, sering2lah”.

    1. @andihakim31 says:

      Oh iya ada kata2 yg pernah sy dengar bahwa apa yang tak pernah padam dari diri kita adalah harapan. Harapan akan selalu ada dan muncul. Tapi harapan itu dilandaskan cinta kpdNYA

      1. Siip, keren, akur. Hidup Pesantren. Hidup harapan.

        1. @andihakim31 says:

          Siap Beh. Oh iya beh, nanti ilmu dr Gus Sholah dan Tebu Ireng transfer ke saya ya beh. SyukrON

  4. ike puspitasari says:

    waduh pak jamil kmrn sy baru aj mnjemput adik sy yg mondok di tebuireng tp yg Madratul Quran, sy pingin bngt brtmu pak jamil, kali ini mngkin blm bs bertemu…
    apakah kunjungan pak jamil yg terakhir akn ke slh satu pondok yg ada di kediri???

    1. Dari Jombang kita menuju Bononegoro, Surabaya dan kemudian terbang ke Jakarta by Mandala

      1. MU'ANAH AL SRI MULYANI says:

        Ke Bojonegoro… senangnya kota kelahiran saya kedatangan Bapak, pasti dan yakin energi positifnya mengalir ke semua masyarakat Bojonegoro. Salam hangat pak Jamil… semoga perjalananya membawa keberkahan. aamiin

      2. ike puspitasari says:

        yaaaaaaahhh…tdk bs dah 😉
        klo bgtu smg prjalanan pak jamil lncar, tiada suatu halangan apapun, smga berlimpah berkah dan rahmat dr Allah…
        dan pastinya sy tnggu ilmuny y pak 🙂

  5. Ilham Wahyudi says:

    Terima kash atas kehadiran Bpk Sandiaga S Uno dan Bpk Jamil Azzaini beserta rombongan di Sidogiri Pasuruan. mudah-mudahan silaturrahim ini senantiasa terus berlanjut.

    1. Kami yang terima kaqsih karena telah diterim dengan baik

  6. Ela N says:

    Alhamdullillah anak sy yg ke 2 masuk pesantren smg bisa menularkan energi positif buat keluarga dan semua teman-teman nya…..Amin……Minta doanya ya kek Jamil smg anak sy betah di pesantren…(ela WBT 10)

    1. Amin YRA. Salam buat anaknya ya

  7. Saya mewakili pengurus MWCNU Sidogiri mengucapkan terima kasih yang sebanyak-banyaknya atas kehadirannya di Sidogiri Kamis sore yang lalu. Sungguh, motivasinya sangat inspiratif. Sayang saya tak sempat ngobrol karena waktu itu saya sibuk mempersiapkan segala sesutunya untuk kedatangan tamu yang menurut saya tak kalah dengan motivator sekelas Mario Teguh.
    Sebenarnya saya ingin ngobrol soal buku-bukunya yang jadi best seller.Bagaimana kiatnya? Kebetulan saya juga penulis.

  8. ASMUNI says:

    bener banged, jangan pernah puas untuk berbuat kebajikan.. Salam suksesMulia!

  9. Pramita Eka says:

    Supperr kakek, pelesiran yg pastinya bertabur manfaat… ALLAH Maha Baik, menukar perjalanan awal umroh, dengan perjalanan yg tak kalah uaappiikk manfaatnya.. 🙂

  10. Prayer times says:

    Very useful! Thanks 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.