Mari Berpelukan

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Saya dan anak saya Quinsha (4 tahun) mempunyai sebuah kebiasaan yaitu “berpelukan” setiap bertemu, minimal dalam sehari saya dan dia berpelukan 3 kali yaitu waktu bangun tidur pagi, istirahat siang dan sore ketika saya pulang dari kantor. Ritualnya sebelum berpelukan dia akan menyuruh saya jongkok dan melebarkan kedua tangan lalu dia berlari dari jauh menuju pelukan saya. Lalu kami berpelukan sambil saya gendong dia dan berputar-putar seperti adegan dalam film India … hehehe … 🙂

Mungkin bagi sebagian orang itu adalah hal yang biasa, tetapi bagi saya pribadi hal tersebut mmberikan kepuasaan tersendiri dan mempererat hubungan dan kedekatan saya dengan Quinsha. Ada perubahan yang saya rasakan semenjak kami mempunyai kebiasaan baru tersebut, salah satunya hubungan saya dengan Quinsha jadi semakin dekat dan akrab. Dia lebih sering cerita dan mengadu kepada saya daripada bundanya.

Berbagai penelitian ilmiah pun menerangkan berbagai manfaat pelukan. Memeluk bukan sekedar ungkapan kasih sayang, tetapi kebiasaan memeluk akan membantu membentuk karakter positif pada anak. Melly Puspitasari, seorang psikolog dan penulis buku The Miracle of Hug menyarankan untuk memberikan pelukan kepada anak minimal delapan kali dalam sehari. Karena berdasarkan penelitian pelukan bisa memberikan energi baru sehingga anak bisa beraktivitas dan mengoptimalkan potensinya.

Penelitian dari University of North California, misalnya mengatakan bahwa pelukan yang diberikan oleh orang tua kepada anak bisa meningkatkan kecerdasan otak anak dan membantu mengeluarkan hormon oksitoksin yang mampu memberikan perasaan tenang serta mengurangi racun berbahaya dari otaknya. Sementara menurut Edward R. Christopherson, psikolog dari Children’s Mercy Hospital and Clinic, Kansas, pelukan lebih efektif daripada pujian atau ucapan sayang karena membuat anak merasa dihargai dan dicintai.

Baca Juga  Pembelajar Sejati

Jadi kalau selama ini kita terbiasa memberikan pujian atau ucapan sayang kepada anak, maka mulai saat ini tidak ada salahnya kalau kita juga memberikan “pelukan” untuk mengungkapkan rasa cinta dan sayang kita kepada anak-anak. Jangan segan dan sungkan untuk memeluk anak kita, peluk mereka dengan lembut, rasakan detak jantungnya dan usaplah punggung mereka dengan lembut.

Sudah siap untuk membentangkan tangan Anda dan berpelukan … ???
Salam ExcellenceParenting
Denni Candra


Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

25 comments On Mari Berpelukan

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer