Manusia Empat Kuadran

trisumono.jpg
Keterangan foto: Bersama Tri Sumono, istri dan anak pertamanya (atas). Salah satu bisnis andalan Tri Sumono (bawah).

Keterangan foto: Bersama Tri Sumono, istri dan anak pertamanya (atas). Salah satu bisnis andalan Tri Sumono (bawah).

Mungkin sebagian besar dari Anda pernah mendengar nama Robert T. Kiyosaki. Salah satu buku yang populer karya beliau adalah The Cashflow Quadrant. Menurut Kiyosaki, manusia dibagi kedalam empat kuadran. Di kuadran kiri ada employee (pegawai) dan self-employed (pekerja lepas). Sementara di kuadran kanan, ada business owner (pemilik usaha) dan investor (pemodal).

Ia menyarankan agar kita selalu berusaha pindah kuadran, dari kiri ke kanan. Banyak pula trainer entrepreneur yang ikut menyarankan hal ini jika seseorang ingin hidupnya berhasil.

Nah, pada tahun 2013, saya bertemu dengan orang yang hidup di empat kuadran, dan semuanya berhasil. Lelaki itu bernama Tri Sumono.

Awalnya ia tukang sapu kemudian diangkat menjadi office boy di Gramedia. Saat itu gajinya Rp 250.000 per bulan. Dari penghasilannya tersebut Rp 200.000 digunakan untuk membayar kontrak rumah. Wajar bila anak pertamanya divonis anemia gizi ketika berusia 3 tahun. Namun, siapa sangka vonis inilah yang memacu Tri Sumono memutar otak untuk menambah penghasilan.

Tri Sumono masih aktif sebagai employee di bagian gudang Gramedia. Pagi ia berangkat bekerja sebagaimana employee yang lain. Namun mulai pukul 18.00 hingga 23.00 ia bertindak sebagai direktur di perusahaannya CV Tiga Jaya. Ada belasan bisnis yang ia tangani, dari rumah kontrakan, properti, minuman kesehatan, grosir, hingga suplier ribuan komputer ke berbagai instansi. Ordernya dari puluhan juta hingga milyaran untuk masing-masing bisnisnya. Ternyata, lelaki asal Gunung Kidul ini juga adalah business owner yang hebat.

Tri Sumono yang kini berusia 41 tahun, juga merupakan investor di bisnis pertanian dan peternakan burung yang tersebar di beberapa provinsi. Investasi di bidang pertanian agar ia tak melupakan asal muasalnya sebagai petani di kampung halamannya. Sementara investasi di peternakan burung karena itu adalah hobinya. Sebagai investor, ia pun meraup rupiah berlimpah. “Agar tak dimarahi istri, hobi harus menghasilkan,” katanya.

Saya mengenal Tri Sumono saat ia mengikuti Trainer Bootcamp & Contest tahun 2013. Saat itu, ia memperkenalkan diri sebagai “Trainer Goblok”. Lelaki pekerja keras ini ingin serius menjalani profesi sebagai trainer maka ketika itu saya memberi saran agar nama goblok diubah menjadi “Manusia Empat Kuadran”. Dan sepulang dari acara Trainer Bootcamp & Contest ia membuat tumpeng dan mulailah memperkenalkan diri sebagai “Manusia Empat Kuadran”.

Ia kini sudah menjadi pembicara laris di berbagai perusahaan ternama seperti Astra Group, Pertamina, BRI dan perusahaan setara lainnya. Apakah tidak mengganggu pekerjaannya? Tidak. Selama bekerja ia fokus bekerja, saat bisnis ia fokus bisnis dan saat memberikan training ia fokus memberikan training.

Kemarin, sebelum saya memberikan seminar kepada 500 wiraniaga Arista Group di Ancol saya mampir ke rumahnya di Bekasi. Saya singgah di kantornya, bertemu dengan istri dan anaknya, serta melihat usahanya. Ia memang benar-benar Manusia Empat Kuadran.

Penasaran cerita lengkapnya? Insya Allah, bukunya akan terbit bulan Mei bertepatan dengan ulang tahunnya yang ke 41. Pak Tri, saya bangga kepadamu dan saya juga mencintaimu.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

31 thoughts on “Manusia Empat Kuadran”

  1. Denni Candra says:

    Mantap dan salut sama Pak Tri Sumono, pengen belajar sama beliau bagaimana caranya untuk bisa fokus dan me”manage” waktu.
    Berarti beliau ini generalis atau spesialis kek …???

    Salam SuksesMulia

    1. Dia bukan generalis mas, insya Allah nanti dijelaskan dalam bukunya, hehehe

      1. Denni Candra says:

        Siap menunggu kek πŸ™‚

  2. basith says:

    Crita yg inspiratif yai, semangat, tekad, kerja keras nya layak di tiru, slalu saja ada crita dr yai jamil yg sngt menggugah kesadaran utk terus bersemangat, ketika api smangat akan redup, yai jamil slalu nyiram bensin ke batin saya, menguat kan mental dan kepercayaan diri saya. Matur tengkyu kyai atas motivasi nya, eh iya mengingatkan nanti mlm timnas U-19 main yai,lawan persiba dlm tajuk tur nusantara hehehehe

    1. Hehehe, siap nonton Evan Dimas πŸ™‚

  3. Geaffary Aji says:

    Mantap pak. BTW Anaknya pak Tri usia brp? Hahaha

  4. Luar biasa. Jadi tidak sabar nunggu bukunya πŸ™‚ Do’akan saya kek biar bisa jadi the next manusia 4 kuadran πŸ™‚

    1. Jumlahnya hanya 3 persen lho πŸ™‚

  5. KerON.. terima kasih kek Jamil, tulisannya lumayan buat nambah isi buku hehe..

  6. Aji I says:

    Wah harus belajar sama bapak satu ini nih…

  7. Noza says:

    Yah, jd penasaran dg jln hdupny kek,,
    Pengen segera beli bukunya kek,, πŸ™‚

    1. Nanti diborong bukunya ya πŸ™‚

  8. Syarifudin says:

    Selubhanallahu ..
    KerON kek ..

    Jujur sya jg msh campur2 kuadran kek ..
    Masih susah manage waktu antara sebagai karyawan swasta dengan tukang dagang , bahkn gak jarang sya sering bahkan selalu “korupsi” waktu kerja saya utk jualan ..
    hiks . hiks .. :'(

    Terima kasih utk pelajaran nya kek ..
    Terima lasih jg utk pengalaman nya ..
    Dan yg pasti terima kasih jg utk share ilmu nya …

    Salam #SuksesMulia

    @arief_neji

  9. kerON dan sangat inspiratif….apalagi lulusan TBnC..wah tambah kerON aja setelah di bimbing langsung sama master trainer @jamilazzaini….
    nungguin bukunya terbit…

    salam SuksesMulia

    1. Dia memang laki2 kerON πŸ™‚

  10. Keren sang Manusia 4 Quadran Pak Tri Sumono.
    Saya selalu ingat sama beliau, nasihatnya semakin sukses seseorang, maka semakin dekat dengan keluarganya.
    Terima kasih ya Pak Tri, sungguh beruntung bisa kenal dengan bapak di TBnC #10.

    1. Hehehehe, semakin sibuk semakin sayang sama keluarga

  11. KerON..
    jadi penarasan tunggu bukunya πŸ™‚

  12. Subhanallah.
    Dulu setelah tau The Cashflow Quadrant gk mengira bakal ada “Manusia Empat Kuadran”. Tp setelah baca ini jd yakin apapun di dunia ini tidak ada yang tidak mungkin asalkan kita mau berikhtiar & berdoa (utamanya bantuan doa sepasang bidadari).

    pengen menyimak langsung ilmu dari bukunya β€œTrainer Goblok”…..

    πŸ™‚

    1. Hayo jangan “Goblok” hehehe

  13. Kidahnya sangat memotivasi dan menginspirasi Kek… Bukan hanya penasaran dengan kisahnya, hingga ingin memiliki bukunya… tetapi juga ingin bertemu dan berbincang langsung dengan beliau, belajar, berguru, dan bernagi pengalaman sukses beliau di empat kuadran… Semoga harapan saya terkabulkan, Amin!

    1. Yes, setiap orang unik. Dan manfaatkan keunikan itu

  14. nana says:

    Maaf, kenapa Pak Tri tidak resign saja dari tempat kerjanya untuk memberi kesempatan / lowongan kerja bagi ‘pengangguran’ lain ?

  15. dnur77 says:

    SubhanAllah…alhamdulillah….

  16. alhamdulillah, berarti saya sudah sukses menyesatkan beliau ke jalan yang tepat, Kek, menjadi salah satu peserta TBnC angkatan kmren… sekarang sudah nggak Goblok lagi, meskipun kalau lagi jalan bareng sama saya, masih selalu membanggakan kegoblokannya… hehe, tapi saya bangga punya guru dan teman yg goblog di komunitas EU yang kebanyakan seperti itu… KanaN pokoke… hehe

  17. udet says:

    Wow inspire sekali, Pak Tri mematahkan teori yang ada. Intinya apapun jalan kita pasti akan dituntun asal niat dengan ikhlas dan fokus pada proses dan impian

    SuksesMulia !

  18. Kisahnya inspiratif Kek, top untuk pak Tri “Manusia Empat Kuadran”.

    Sepertinya pak Tri, MK nya Insting ya Kek ?. Memiliki multi talent.

    @syaifuramuro

  19. tri sumono says:

    trimaksih komentar dari teman -teman , sukses untuk semua , ” bersyukur tanpa henti” , ini semua karena guru saya kakek jamil yang luar biasa .

  20. karunia says:

    sangat terinspirasi sekali….

  21. Ahli Fashion says:

    wah, hebat banget pak tri bisa melukukan semua profesi tersebut. Salut banget, jadi gak sabar mau beli dan baca bukunya.

Leave a Reply

Your email address will not be published.