Manfaat Tersenyum dan Tertawa

Kata sebagian orang, untuk bahagia kita harus mengeluarkan uang. Saya tidak sependapat dengan ini. Ada salah satu kegiatan yang bisa kita lakukan dan membuat kita bahagia, gratis lagi, yaitu tertawa atau tersenyum.

Mengapa demikian? Telah terdapat banyak sekali penelitian terkait dengan manfaat senyum dan tertawa. Diantaranya adalah, tersenyum dan tertawa membuat diri bahagia setiap hari, mengapa? Karena tersenyum dan tertawa memicu peningkatan T-cells yang akan membuat peningkatan sistem kekebalan tubuh Anda. Tersenyum dan tertawa pun bisa menurunkan produksi hormon kortisol, epinephrine dan dopac, yang berkaitan dengan respon terhadap stress. Hasilnya, terjadi penurunan tingkat stress, depresi, kecemasan, dan duka yang mendalam.

Tersenyum dan tertawa membuat Anda bernafas lebih dalam, dan mengalirkan lebih banyak darah ke tubuh Anda, dimana oksigen dan berbagai nutrisi yang penting akan tersuplai ke seluruh tubuh Anda. Selain itu, tersenyum dan tertawa juga merupakan olahraga yang baik untuk pernapasan, perut, kaki, punggung dan, tentu saja, wajah Anda.

Secara psikologis, tersenyum dan tertawa pun mampu meningkatkan kadar kepercayaan diri serta memberikan kekuatan mental yang lebih baik ketika Anda dihadapkan pada tantangan dan permasalahan hidup. Tersenyum dan tertawa juga meningkatkan kemampuan Anda untuk bisa berinteraksi dengan orang lain.

Singkatnya, ada banyak sekali manfaat tersenyum dan tertawa terhadap kesehatan, terhadap kesejehteraan, peningkatan kualitas hidup, dan lain-lain. So, berapa usia Anda saat ini? Kepala dua, kepala tiga, kepala empat atau fifty up? Berapa banyak senyum dan tawa bahagia yang belakangan ini mewarnai hari-hari Anda? Mari kita tersenyum dan tertawa, agar Anda awet muda dan bahagia seperti saya, ha…ha….ha….

Salam SuksesMulia!

Bagikan:

2 thoughts on “Manfaat Tersenyum dan Tertawa”

  1. adi says:

    saya senang dan enjoy membaca tulisan2 mas jamil…syukron ya!

  2. Fahri says:

    aku udh sering senyum tpi knp wajah ku masih tetep aja gak keliatan ganteng.
    malah seperti wajah orang gak semangat gitu.

Leave a Reply

Your email address will not be published.