Lintah Kehidupan

Anda tahu lintah? Lintah adalah sejenis hewan yang bisa menyedot darah dari tubuh manusia. Nah, lintah kehidupan adalah aktivitas dan situasi yang menghabiskan waktu dan energi Anda yang akhirnya menyedot kehidupan keluar dari diri Anda. Sehingga, Anda kehilangan banyak waktu, energi, kesempatan dan hal-hal berharga dalam hidup.

Menurut Robert Pagliarini dalam bukunya “The Other 8 Hours”, televisi adalah rajanya lintah kehidupan. Tanpa sadar kita sering menghabiskan waktu berjam-jam di depan kotak ajaib itu. Banyak orang menonton televisi tanpa tujuan yang jelas, mereka menyerahkan kendali hidup pada remote control.

Apakah menonton televisi tidak boleh? Tentu boleh, karena masih banyak acara-acara yang bermutu dan berkualitas ditayangkan disana. Tetapi punya jadwal rutin harian untuk menonton televisi bisa membuat kreativitas Anda mati.  Banyak riset membuktikan bahwa menonton televisi menyebabkan pikiran berada dalam kondisi koma.

Hal kedua yang bisa menjadi lintah kehidupan adalah perfeksionis. Orang-orang yang perfeksionis itu menyedot energi kehidupannya dan juga orang-orang di sekitarnya.  Orang-orang yang bekerja sama dengan orang yang perfeksionis selalu takut salah dan takut ada yang kurang sehingga mereka bekerja dalam tekanan dan ketakutan. Ketahuilah kehidupan ini berproses, jangan pernah takut salah. Tak ada manusia yang sempurna.

Lintah kehidupan yang ketiga adalah kesehatan yang tidak prima. Jadwal yang sudah Anda susun rapi bisa berantakan karena kesehatan Anda terganggu. Untuk menjaga kondisi tubuh tetap prima, saya menyarankan berolahragalah, konsumsi makanan yang sehat, istirahat yang cukup dan miliki gaya hidup sehat.

Gosip juga merupakan lintah kehidupan yang harus kita hindari. Menggosipkan orang lain selain dilarang oleh agama juga bisa merusak reputasi kita. Gosip adalah salah satu ciri orang-orang yang tidak gentle, beraninya bicara di belakang dan itu menyakitkan bagi yang digosipkan. Jika ada orang yang mengajak Anda bergosip katakanlah, “Tidak semua yang kamu dengar itu benar.”

Jangan biarkan hidup Anda, energi Anda, waktu Anda disedot oleh lintah kehidupan yang  jelas-jelas sangat merugikan Anda.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

22 thoughts on “Lintah Kehidupan”

  1. Ratno says:

    Terima Kasih kek Jamil…
    Sangat bermanfaat.

    Salam SuksesMulia
    Akhmad Suratno

  2. nesto says:

    Yang boleh bicara dibelakang orang cuma satu kek, tukang becak. 😀

    Selamat pagi, salam suksesmulia.

  3. Nova says:

    Salam,,

    Mantap Kek JA,,
    terima kasih

    Salam SuksesMulia

    Nova
    JayaBerkah

  4. chandra saputra says:

    selalu ok buat mas jamil

  5. mantap sekali

    Ilmu pagi

    semangat

    @dr_want

  6. Abyan says:

    Subhanalloh…Pepatah Jawa mengatakan “Memayu Hayuning Bawana, Ambrasta dur Hangkara”
    …”Manusia hidup di dunia harus mengusahakan keselamatan, kebahagiaan dan kesejahteraan; serta memberantas sifat angkara murka, serakah dan tamak…” seringkali kita menghancurkan diri kita sendiri dengan mengenyam “sesuatu” yg menurut kita mengenakan, tapi hanya sesaat, selebihnya bisa “menghancurkan” hidup kita sendiri…dalam kondisi “terdesak” biasanya kita baru sadar dan mau mengerti untuk segera “berubah”…jzklh…

  7. thexwarrior says:

    Satu lagi om, “GAME” itu juga bisa menjadi lintah kehidupan. Apalagi jaman sekarang yang sudah menjamur game online yang berdampak buruk bagi anak-anak sekolah.

  8. Dengar kata lintah darat sudah biasa,,,
    Kalau lintah kehidupan baru saya dengar dari guru.

    Untuk menghindari lintah kehidupan, saya bersama teman-teman membuat suatu kegiatan berbagi motivasi dengan anak-anak yatim dan dhuafa dengan nama SMAN (Sejuta Motivasi Anak Negeri) Jakarta.

    bagi teman-teman yang berminat menjadi volunteer untuk menghindari lintah kehidupan, bisa bergabung bersama kami dalam SMAN Jakarta dengan cara kirim data diri dan kesediaan menjadi vounteer SMAN Jakarta melalui emai sman[dot]jakarta[at]gmail[dot]com

    Salam SuksesMulia

    sent via: http://brainmindtohappiness.wordpress.com/2012/05/08/berikan-dan-kembali-berlipat/

  9. Bang Tono says:

    alhmdulillah saya disini nonoton TV seminggu sekali belum tentu..

  10. Terima kasih semua komentarnya ya. Silakan cari lagi apa lintah kehidupan di sekitar kita

  11. Anggit Setyaningsih says:

    Ternyata msh bnyak lintah di kehidupanku..
    Introspeksi diri 😉

  12. @mekoh1268 says:

    Siaaappp…..
    Semua yang disebutkan Guru ada pada diri saya….
    Tetapi semuanya juga sudah mulai banyak perubahan…

    Saya sekarang sudah sangat jarang nonton tv, pagi klo ada waktu nonton acara Ustadz Yusuf Mansur.

    Saya sudah mengurangi sifat perfeksionis saya…

    Saya menyempatkan diri jalan2 pagi keliling komplek perumahan saya pd hari sabtu, olah raga.

    Gosip sebisa mungkin menahan lisan untuk membicarakan orang lain, kami alihkan membicarakan rencana keluarga.

    Itu semua saya lakukan setelah banyak membaca buku dan tulisan Guru…..
    Terima Kasih Guru……

  13. alhamdulillah sdh 5 hari tidak nonton tv, meninggikan “daya pancar” bersama anak dan istri,makasih Pak Jamil, selalu inspiratif tulisannya,mohon doa agar saya agar bisa ikut Trainer Bootcamp n Contest.

  14. dini says:

    gimana kalo ada orang yg jadi lintah kehipuan bg kita? gmn menghadapinya kek?

  15. Emir says:

    Hey,

    Setuju bgt kalo televisi bisa menjadi lintah kehidupan kita. Perfektionis juga hal yang sanagt membuat kita berhenti berkarya lebih jauh. Orang perfektionis memang kadang-kadang kita butuhkan dalam tim namun usahakan jangan kita yang menjadi oarang tersebut, buiarlah orang lain hehehe

    di blog saya http://www.emirzakair.blogspot.com baru saja saya upload post baru mengenai fixed mindset vs growth mindset dan salah satu mindset tersebut bisa menjadi jalan menuju kesuksesan, mau tau yang mana? coba lihat saja.. semoga bermanfaat

    Have a Happy Day
    -EZ

  16. Emir says:

    Hey,

    Setuju bgt kalo televisi bisa menjadi lintah kehidupan kita. Perfektionis juga hal yang sanagt membuat kita berhenti berkarya lebih jauh. Orang perfektionis memang kadang-kadang kita butuhkan dalam tim namun usahakan jangan kita yang menjadi oarang tersebut, buiarlah orang lain hehehe

    di blog saya http://www.emirzakiar.blogspot.com baru saja saya upload post baru mengenai fixed mindset vs growth mindset dan salah satu mindset tersebut bisa menjadi jalan menuju kesuksesan, mau tau yang mana? coba lihat saja.. semoga bermanfaat

    Have a Happy Day
    -EZ

  17. ning says:

    bagusss. i like this 🙂

  18. Emilya says:

    Mantap… Keren banget… Menginspirasi…

  19. Kang Aming says:

    Iya, lintah kehidupan yg harus dibasmi. semoga darah kreativitas ini tidak tersedot oleh lintah kehidupan yg setiap hari merongrong. Trims Pak atas pencerahannya.
    salam

Leave a Reply

Your email address will not be published.