Liburan, Mau Kemanaa?

Orang tua biasanya sudah mulai bingung ketika masa liburan tiba, terutama ketika anak-anak sudah mulai beranjak remaja. Biasanya habiskan liburan dengan membiarkan anak-anak main sepanjang waktu liburan dengan teman-temannya atau sekedar jalan-jalan sekeluarga.

Sebagai orang tua, bagi saya liburan ada saatnya bersenang-senang tetapi ada bagian liburan yang saya selalu konsepkan agar liburan memiliki makna dan menambah kompetensi anak.

Saat anak-anak masih kecil, belum menginjak usia remaja, saya buatkan agenda kegiatan untuk mereka bersenang-senang, memiliki tema, sekaligus meraih ilmu. Contohnya tahun lalu saya buat temanya ‘belajar entrepreneur’ maka kami datangi beberapa teman pengusaha muda di Jogja. Sambil jalan-jalan, menikmati kota jogja, saya ajak anak-anak mampir ke mas Saptuari.

Disana mereka mendengarkan langsung kisah sukses mas Saptuari sambil menikmati hidangan didepot baksonya, buat suvenir kenang-kenangan di Kedai Digital. Juga berkunjung ke tempat anak yatim yang dikumpulkan disana. Anak-anak senang karena kami ajak ditempat-tempat wisata di Parang tritis.
Lalu tahun berikutnya, saya buat tema untuk mereka ‘belajar fotografi’. Sederhana, saya ajak ke tempat-tempat wisata di jatim, seperti Jember beach, Mojokerto yang ada patung Budha raksasa seperti di Thailand.

Mereka lomba motret sambil kami meminta seorang trainer fotografi untuk berikan ilmu sedikit tentang teknik fotografi.

Tahun berikut terus demikian saya search kegiatan dan mengkonsepnya untuk anak-anak. Dan tahun ini, anak-anak sudah beranjak remaja. Sedikit berbeda tentunya menyuguhkan suasana liburan produktif.

Sebelumnya kami telah banyak berdiskusi dengan mereka, menanyakan vision dan passion mereka.

Maka saat liburan inilah mereka memilih kegiatan-kegiatan yang bisa meningkatkan diri. Kami diskusikan berbagai alternatif pilihan kegiatan, namun degan tetap ada unsur yang sama: fun, networking dan learning process.

Untuk Izzan yang saat ini naik kelas 2 SMU memutuskan akan menjadi seorang technopreneur. Saya mengajaknya pergi ke ITB dan bertemu dengan tokoh sukses mas Habibi, seorang anak muda yang hebat membuat sosial media personatalk.com. Alhamdulillah Izzanpun menjadikan mas Habibi sebagai guru ekspert yang selama ini dia cari.

Izul yang punya bakat jualan,liburan ini saya akan ajak untuk survey tempat belajar entrepreneur for kids yang fun.

Sedangkan Hana yang masih galau menentukan mimpinya, nggak masalah. Tanggal 23-25 Juni dia akan mengikuti Public Speaking For Teens yang diselenggarakan Akademi Trainer. Selain semakin mengasah kemampuannya yang jago bicara krn ia adalah ketua kelas, dia akan memantapkan vision, action, passionnya disana.

Karena di acara ini, anak-anak remaja akan diajak berpetualang membuat peta hidupnya, kemudian mempresentasikannya. Senang sekali bisa menemani mereka dalam liburan yang sederhana tapi berkesan bagi bertumbuhnya diri mereka jadi orang yang hebat.

Salam Sukses Mulia

@SofieBeatrix

Mau liburan anak berkesan?
Ikuti Public Speaking For Teens
Jakarta, 23-25 Juni 2014

Info Afiliasi Akademi Trainer:

Angel        : 0816921999             Boni     : 08161900071        Heri Smile     : 08122952272
Iskandar  : 081384205357        Ita          : 08161864659        Mira                 : 08119401940
Agus         : 0812912741555     Rita        : 081931062733     Arief                 : 085261442088
Ferri          : 08126072492

Bagikan:

9 thoughts on “Liburan, Mau Kemanaa?”

  1. noza says:

    Bagus Mbak, 🙂 liburan gk hanya sekedar hiburan namun bsa menambah ilmu 🙂

    1. betuull syekalii.. hehe

  2. dnur77 says:

    ALHAMDULILLAH….mau kemana ya liburan….. fun, networking, dan learning proces….

    1. Ayo dikutkan acara ini aza mas 🙂

  3. zalfa says:

    pengen bangeeetttt, tapi kok too expensive ya buat kantong pelajar macem aku nii(?)

    1. Ayo minta ke ortu, ini murah koq, khan termasuk penginapan, makan, tiap 5 orang ada satu trainer lho, pokoknya seru, fun, dan sarat dengan ilmu 🙂

  4. yuti says:

    Kek, kami liburan sebelum anak2 ujian kenaikan kelas, niat bgt ijin seminggu buat refresh semangat belajar krn liburan ibi udah pada minta utk fokus tahfidz. Alasan mrk krn tugas2 sekolah bikin mrk gak maksimal hafalan Qur’an. Minta doanya ya, Kek. Next, direncanakam utk ikutan public speaking for teens deh, telat sih dapet infonta.

    1. aamiin.. semoga lancar dan dimudahkan yaa

    2. Asyik ditunggu ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.