Leader yang Ship

leadership.jpg

Setiap orang adalah pemimpin (leader), setidaknya setiap orang wajib memimpin dirinya sendiri. Leader yang baik bukan hanya memiliki followernya yang berjibun, tetapi ia juga mampu melahirkan banyak leader. Dan leader seperti ini saya menyebutnya leader yang ship [plesetan dari kata sip}. Kata ship merupakan kependekan dari ‘solutif’, ‘humble’, ‘idealis’ dan ‘perekat’.

Salah satu hal yang paling mudah dilakukan di dunia ini adalah mengkritik orang lain. Oleh karena itulah jumlah pengkritik di dunia ini jumlahnya begitu banyak. Bukan hanya di dunia nyata, di dunia maya pun tersebar ribuan orang tukang kritik.

Seorang leader yang ship, tidak akan terjebak menjadi tukang kritik tetapi lebih banyak menawarkan solusi. Ia menjadi sosok yang solutif. Mau menjadi leader yang ship? Berhentilah menyibukkan diri menjadi tukang kritik tanpa pernah menawarkan solusi.

Seorang leader yang ship juga memiliki karakter humble, rendah hati, tidak “ngebosi”. Ia menjadi sumber energi bagi anggota timnya. Orang-orang yang dipimpin senang saat bertemu dengannya, mereka mendekat bukan menghindar. Kerendahhatiannya ini membuat ia terdorong untuk selalu mengembangkan dan menumbuhkan orang-orang yang dipimpinnya.

Para pecundang sering ngobrol tentang gosip dan hal-hal yang tidak penting. Orang biasa sibuk berdiskusi tentang berita. Sementara para leader berdiskusinya tentang ide, gagasan dan hal-hal yang mencerahkan.

Oleh karena itulah ciri ketiga leader yang ship adalah idealis. Ia memperjuangkan sesuatu yang diyakininya benar dan berdampak besar. Bahkan, ia rela mengorbankan banyak hal untuk mewujudkan ide-idenya. Jangan berharap Anda menjadi leader apabila Anda malas dan gampang menyerah.

Pelan namun pasti, Anda akan menjadi leader yang mempengaruhi banyak orang. Dan, faktanya, tidak semua pikiran dan hati orang itu selaras. Maka, seorang leader perlu memiliki karakter sebagai perekat. Ia bukan “tukang kompor” yang memanaskan suasana. Jiwa seorang leader adalah pengayom yang tetap mengajak berbagai pihak untuk terus bertumbuh dan naik kelas yang lebih tinggi.

Mau menjadi leader yang ship? Bersegeralah berlatih menjadi orang yang solutif, humble, idealis dan menjadi perekat dimanapun dan kapanpun. Mau?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

8 thoughts on “Leader yang Ship”

  1. Dedy says:

    Shiipp Kek…matur suwun.

    1. Jamil Azzaini says:

      Tossss…. SuksesMulia

  2. ariza says:

    SHIaP kek 🙂 hehe

    1. Jamil Azzaini says:

      Okehhh…. 🙂

  3. azzam says:

    keren kek,

    1. Jamil Azzaini says:

      Thx, silakan dishare 🙂

  4. sinta training NLP says:

    iya kak bner juga kak…kebanyakan orang tuh selalu mmberi kritik tanpa membawa saran atau solusi….. leadership SANGAT bagus kak klo didasari oleh watak yang baik,sopan,menghargai dan watak yang dicontohkan oleh pmimpin no 1 di dunia yaitu Nabi Muhammad SAW……
    terima kasih kak atas sharenya tentang LEADERSHIP ini….SALAM SUKSES

    1. Jamil Azzaini says:

      Salam SuksesMulia, silakan disebar 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.