Lakukan dengan Setara

setara.jpg

Apabila Anda meminjam suatu barang kemudian hilang maka kembalikanlah dengan barang yang senilai, mirip atau setara. Jangan hanya dikembalikan dengan ucapan, “Maaf ya, saya sudah menghilangkan barang kamu.”

Begitu pun bila berjanji mengajak anak dan istri jalan-jalan kemudian batal maka gantilah dengan yang setara. Jangan hanya dengan ucapan, “Maaf ya, bapak lagi repot.”

Demikian pula saat Anda sudah terbiasa melakukan suatu kebaikan, kemudian terlupa melakukan kebaikan tersebut maka gantilah dengan kebaikan yang setara atau lebih. Dengan cara ini, Anda tidak akan mudah ingkar janji dan melalaikan amanat yang dibebankan di pundak Anda.

Termasuk apabila Anda sedang memulai karir dan bisnis, Anda bisa mencanangkan target seperti ini: Pada tahun sekian saya akan setara dengan….Dengan target ini, Anda mulai melakukan hal-hal yang biasa dilakukan oleh orang yang Anda jadikan model supaya suatau saat Anda bisa benar-benar setara dengannya.

Nah, hal ini berlaku juga apabila karir, bisnis atau expertise Anda ingin “setara” pada level dunia maka semua hal yang Anda lakukan harus berkelas dunia. Jangan mimpinya begitu tinggi namun tindakannya tak punya nyali. Jangan inginnya jadi orang hebat namun tindaknya tak punya arah dan tujuan. Sesuatu yang tidak setara akan menyulitkan hidup Anda.

Dikisahkan, seorang perempuan yang cantik jelita mengalami kecelakaan lalu lintas yang fatal dan mengharuskan ia harus dioperasi. Beberapa saat setelah operasi usai, sang dokter bertanya, “Bagaimana mbak, apakah ada kemajuan? Sudah merasa enak sekarang?”

Pasien perempuan itu menjawab, “Sudah lumayan dok, badan terasa enak dan rasa sakit sudah berkurang. Hanya saja dok, kalau saya mau pipis atau buang air kecil kok susah sekali jongkoknya, ya?”

Sambil tersenyum dokter itu menjelaskan “oh itu wajar. Ketika mbak mengalami kecelakaan lalu lintas kedua kaki mbak hancur dan harus diamputasi. Supaya mbak tetap bisa berjalan dengan kuat maka kedua kaki mbak kami ganti dengan kaki laki-laki.”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

19 thoughts on “Lakukan dengan Setara”

  1. iykelfitasari says:

    Lucu kek paragraf terakhirny,,,
    jd bnr kan,gk semua itu bs d setarakan 🙂 trmsk mslh emansiapasi wanita yg terkadang melawan kodratnya sbg wanita. Karena wanita dan laki2 it udah ad porsiny :).
    Ttp menginspirasi kek 🙂
    *do’akan sy lg bljr2 nls d blog 🙂

    1. Emansipasi menuruku bukan kesetraan, hehehe

  2. Doakan Kek, agar bisa kami bisa meng-action-kan ini..

  3. basith says:

    Kyai jamil ini slalu saja ada crita baru utk menginspirasi ,menyemangati, bentuk, cara,dan gaya menginspirasinya asik, bak pep guardiola meracik tontonan tiki taka barca, atau pepepa ala indra sjafri gaya permainan timnas u 19 yg indah dinikmati, salam satu jiwa

    1. Wah dua pelatih idola saya disebut semua, hehehe

  4. Langsung berpikir keras…..kira2 saya pernah ada janji apa ya sama keluarga yang mungkin itu terlupa…hmmmm

    Thanks kek….tapi agak2 horor endingnya hehehe

    1. Khan jatahnya just relax mas, hehehehe

  5. Herman Hanif says:

    Trimakasih kek inspirasi pagi ini,bukan hnya utk dibaca,tapi ini harus saya lakukan mulai hari ini.
    Salam,
    @HermanHanif

    1. Jangan lupa jongkok kalau pipis ya mas, hehehe

  6. He…3x. Aya-aya wae Kek Jamil. Endingnya lucu tapi ilmunya sangat penting. Thanks Kek 🙂

    1. Hehehe, ayo nulis pak Alif biar dimuat di website ini

  7. ronald says:

    Assalamualikum kek.. mohon maaf saya kali ini kurang stuju candaan pada bait terakhir dimana saya melihat byk orang yang mengalami cacat kaki.. (tidak etis rasa nya kalau ini dibuat canda).. mohon maaf apabila kurang berkenan.. wassalam

    1. Wa’alaikumsalam mas Ronald, terima kasih sudah mengingatkan. Tak ada niat sedikitpun untuk merendahkan orang yang cacat. Maaf kalau ada yang kurang berkenan. Saya perlu terus berlatih cita rasa bahasa dan sensitivitas sosial kemasyarakatan. Semoga mas Ronald tidak kapok mengingatkan saya

      1. ronald says:

        Sekali lagi mohon maaf.. apabila kosa kata penyampaian nya kurang tepat… sukses buat kek jamil dari orang yang menjadi fans kakek…

  8. Budi says:

    Untungnya tmn2 ‘sehati’ ( perkumpulan tmn2 fb yg patah tulang kaki ) ga baca tulisan ini. Tulisan yang sangat ‘meracuni’ pikiran untuk berubah jadi lebih baik , selalu optimis dan menyetarakan kebiasaan dg orang2 hebat. salam sukses mulia.
    nb ; saya termasuk anggota ‘sehati’ tp klo saya pribadi tdk merasa tersakiti dg tulisan ini. jazakallohu khoiron kek.

  9. nursila says:

    setara …well…

  10. hehe paragaraf terakhirnya sangat lucu… sengat mengisnpirasi.. terima kasih kek….

  11. masruriisme says:

    inti ceritanya, ceweknya sekarang kalau pipis berdiri ya hehehe

  12. ahmad says:

    terima kasih nasehatnya pak

Leave a Reply

Your email address will not be published.