Kunci Bahagia

Orang Jawa mengatakan hidup itu sawang sinawang. Atau, dengan makna lain, seperti perumpamaan “rumput halaman tetangga lebih hijau dari rumput di halaman rumah sendiri”. Kisah berikut ini sering kita temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Saat mahasiswa ada yang berpikir, “Enak ya kalau sudah bekerja, bisa punya uang sendiri dan bisa beli ini itu.” Begitu sudah bekerja ia berpikir lagi, “Enak ya jadi pengusaha, waktunya bebas dan tidak harus pergi pagi-pagi.”

Saat sudah beralih profesi menjadi pengusaha lagi-lagi ia berpikir, “Enak ya kalau jadi politisi, kita populer dan urusan bisnis bisa lancar.” Nah, begitu sudah menjadi politisi masih juga ia berpikir, “Enak ya jadi mahasiswa bisa demo dan ngomong apa saja.”

Begitulah gambaran orang yang tak pernah puas dan bahagia. Mereka menghabiskan waktu untuk mengejar bahagia, tanpa pernah bisa merasakannya.

Ada yang mengatakan: bahagia itu misteri. Mengapa? Karena banyak kita temukan orang yang hampir sudah mendapatkan semua hal dalam hidupnya, tapi ia tak bahagia. Sebaliknya, ada orang yang kelihatannya tidak memiliki apa-apa tetapi dia hidup bahagia.

Bagi saya, bahagia itu bukanlah misteri. Bahagia juga tak harus dikejar. Kenapa? Karena bahagia adalah hasil, bukan cara. Ada proses yang harus dilalui. Seseorang tak akan mampu mencapai kebahagiaan bila ia tidak melalui proses tersebut. Proses ini saya sebut 3B: bersyukur, bersabar dan berjiwa besar.

Bersyukur atas semua karunia yang diberikan Allah Sang Maha Kaya dengan cara memanfaatkan semua potensi itu untuk terus bertumbuh dan berbagi manfaat. Bersabar atas semua hambatan, ujian, proses yang harus dijalani dalam setiap tahap kehidupan. Bersyukur dan bersabar inilah landasan yang harus dimiliki mereka yang berjiwa besar.

Orang yang berjiwa besar selalu memiliki impian besar namun ia tak melupakan yang kecil. Ia selalu bertumbuh dan selalu berjuang ingin meninggalkan sesuatu bagi anak cucu. Ia memperjuangkan sesuatu bukan hanya untuk kepentingan dirinya. Kehidupannya penuh gairah, penuh semangat. Pikiran, hati dan jiwanya selalu hidup tak pernah redup.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

26 thoughts on “Kunci Bahagia”

  1. mustika yanti says:

    Bersyukur, bersabar dan berjiwa besar, hari-hari terasa lbh “hidup” dg ke-3 hal ini. Semangat.

  2. awal hasan says:

    Ternyata apa yang saya renungkan dalam perjalanan ke kantor tertuang serta terurai lebih jelas disini. Dan saya sangat sepakat.

  3. Anggit Setyaningsih says:

    C.A.K.E.P πŸ™‚
    manusia itu mmg tak pernah merasa puas. Kunci pokok : 3B.. smg sllu istiqomah πŸ™‚

  4. Widar says:

    Sesuatu banget untuk memulai hari πŸ™‚

  5. Wildan Haidar says:

    semoga bisa tetap menjalankan 3B ditambah DUIT (Do’a Usaha Ikhtiar Tawakal)..

    hatur nuhun mbah πŸ™‚

  6. Nikke says:

    MANTAB πŸ™‚

  7. rizki kurnia says:

    setuju!! kalau sudah bahagia, insya Allah kesuksesan akan mengikuti, lagipula bahagia bisa diciptakan sendiri dengan resep 3B-nya pak jamil πŸ™‚

  8. 3B ya pak,, siap!

  9. Adrian Luis says:

    Setuju, Pak. Seringnya kita sibuk memperhatikan rumput tetangga, sehingga rumput sendiri ngga pernah dikerjakan. Jelas rumput tetangga makin hijau dech… πŸ™‚

  10. dwinur77 says:

    sampai berlinang air mata ini Pak…subhanallah…..bersyukur bersabar dan berjiwa besar

  11. Pratama Puji Widiyanto says:

    seringkali kita menengok ke luar, sangat jarang kita menengok ke dalam (introspeksi diri), termasuk saya..terima kasih banyak kek, sy baru baca siang ini. Very inspiring, sukses mulia :0

  12. boeloek says:

    Right…bahagia itu maknanya sangat dalam. Shingga dlm pnelitian dipisahkan dg kesenangan & gembira. Dua hal trakir bisa dikaitkan dg kebendaan, namun tdk dg BAHAGIA…dia bicara atas nama JIWA pemiliknya…*sehingga bersifat subyektif dan rahasia*

  13. bani says:

    Al-hamdulillah ada yang mengingatkan , thx yach Kang Jamil

  14. Bersyukur, Bersabar, Berjiwa besar.. akan terus saya ingat dan Praktekkan..Jazakalloh Kek jamil πŸ™‚

  15. airyz says:

    Istimewa pak

  16. nissayassmin says:

    Sangat menginspirasi, BapakÒ€¦Tuhan tau apa yg kita tak tau. Tuhan jg pasti akan tersenyum saat Hamba-Nya bermaanfaat bagi sesama. Salam sukses mulia juga, Bapak jamil. Γ’β‚¬ΛœjamìlÒ€ℒ Nama yg slalu sy kenang, almarhumah ayahanda sy.

  17. fitrimelinda says:

    bersyukur..bersyukur dan slalu bersyukur..

  18. arieth says:

    semoga bisa mengaksikan 3B itu,terimaksih pak jamil…:)

  19. erickazof says:

    supeerrr! 3B versi saya : Beriman, Berilmu, Beramal.. πŸ˜€

    Sama2 supeerrr..semoga kita menjadi individu yang bahagia selalu ya kek…amin

  20. Ilmu 3B nya senantiasa harus saya aplikasikan, biar bahagia + sukses mulia

  21. Utty Maulida says:

    sore ini 16:36 saya merasa sangat bahagia membaca artikel ini ditengah permasalahan hidup yang terjadi..sungguh menjadi inspirasi saya

    salam sukses mulia,

    utty

  22. Firdauus says:

    terima kasih atas penulisan artikel/informasi ini, semoga bermamfaat bagi kita semua,,, sukses milik semua orang, jadikan hari ini lebih baik dari hari kemarin, dan hari esok harus lebih baik dari hari ini, salam….

  23. bukik says:

    Kunci bahagia ada pada kita
    Berlaku untuk semua pintu kenyataan
    Apapun kenyataannya

  24. gus alfakiir says:

    “Orang yang berjiwa besar selalu memiliki impian besar namun ia tak melupakan yang kecil. Ia selalu bertumbuh dan selalu berjuang ingin meninggalkan sesuatu bagi anak cucu. Ia memperjuangkan sesuatu bukan hanya untuk kepentingan dirinya. Kehidupannya penuh gairah, penuh semangat. Pikiran, hati dan jiwanya selalu hidup tak pernah redup.”

    Kata-Kata ini super sekali πŸ™‚ Trims Pak Jamil

  25. Tina Yuliani says:

    Semoga kita selalu termasuk dalam orang-orang yg berjiwa BESAR ya kek…

Leave a Reply

Your email address will not be published.