Kepercayaan Dari Anggota Tim Kunci Meningkatkan Kinerja

Share this
  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares

Naik dan turunnya kinerja tim dalam proses bisnis adalah hal yang biasa. Namun apabila kinerja tim sering menurun dan mengancam keberlangsungan perusahaan, kita perlu waspada. Ada apa gerangan? Banyak faktor penyebabnya, dan salah satu penyebabnya ternyata adalah kepercayaan anggota tim yang menurun kepada pimpinannya.

Para pakar sepakat bahwa kualitas kepemimpinan menentukan kinerja tim. Semakin tinggi kepercayaan terhadap pemimpin tim maka kinerja tim semakin meningkat, itulah kesimpulan dari survey yang dilakukan oleh Kurt T Dirks dan dimuat di Journal of Applied Psychology (2000).

Bukan hanya itu, para pakar seperti Dr. Jeremiah Kagwe dan Stuckey, C (2014) dalam jurnal internasional: Innovative Research and Knowledge, menyatakan bahwa adanya kepercayaan dari anggota tim itu menghadirkan banyak keuntungan. Beberapa diantaranya; laba operasional meningkat hinggan 19 persen, customer loyalty meningkat 12 persen, karyawan yang izin sakit turun 50 persen dan produktivitas meningkat hingga 18 persen. Kepercayaan anggota tim adalah pintu berbagai kebaikan.

Adanya kepercayaan anggota tim kepada pimpinannya juga mendorong organisasi menjadi bertumbuh, budaya saling belajar semakin meningkat dan transparansi menjadi kebiasaan sehari-hari. Suasana kerja menjadi lebih nyaman dan karyawan menjadi betah dan kerasan. Mereka melakukan banyak hal positif dengan penuh ketulusan

Hanya saja perlu Anda ketahui bahwa ketika Anda disukai anggota tim belum tentu Anda mendapatkan kepercayaan dari mereka. Untuk mendapatkan kepercayaan dari anggota tim yang semakin besar diperlukan seni tersendiri. Sayangnya, kebanyakan yang dipelajari para pemimpin adalah cara bukan kunci atau prinsip padahal cara bisa berbeda antara satu pemimpin dengan pemimpin lainnya. Cara yang berhasil dijalankan oleh seorang pemimpin belum tentu membuahkan hasil saat dilakukan oleh pemimpin lainnya.

Baca Juga  Revolusi Mental

Saya menjadi ingat pesan seorang pakar, Harington Emerson “As to the methods there may be a million and then some, but principles are few. The man who grasps principles can successfully select his own methods. The man who tries methods, ignoring principles, is sure to have trouble.”

Untuk itulah seyogyanya, sebelum belajar cara, seorang pemimpin wajib mengetahui terlebih dahulu prinsip atau kunci membangun kepercayaan bagi seorang pemimpin. Setelah memahami prinsip atau kuncinya, masing-masing pemimpin akan menemukan caranya sendiri yang khas dan spesial bagi dirinya. Sehingga ia tidak menjadi orang lain, ia memimpin dengan gayanya yang khas dan peluang mendapatkan kepercayaan dari anggota timnya semakin besar. Mau?

Apabila Anda ingin lebih memahami apa prinsip atau kunci kunci kepemimpinan yang mendasar segera bergabung di Essential Leadership Training – Your Keys to Become Powerful Leaders – yang akan diadakan pada 1-2 November 2018 di Mercure Surabaya.

Link pendaftaran Klik : https://lnkd.in/ftUhj9G sampai jumpa di Surabaya

Salam SuksesMulia

Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer


Share this
  • 13
  •  
  •  
  •  
  •  
    13
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer