Keluarga Ahli Surga

Seorang ayah berkata kepada anaknya, “Anakku ketahuilah aku mencintaimu sebelum kamu ada.” Sang anak kemudian bertanya, “Bagaimana mungkin bapak mencintaiku sebelum aku ada?” Dengan senyum sang ayah menjawab, “Bukti bahwa aku mencintaimu sebelum kamu ada adalah, aku pilihkan ibu terbaik buatmu anakku.”

Setiap orang pasti menginginkan keluarga yang bahagia. Untuk mewujudkan hal itu langkah pertama yang harus dilakukan adalah mencari pasangan yang tepat. Kata teman saya Irfan Beik, kriteria mencari jodoh adalah beri nilai 1 untuk keimanan dan selainnya beri nilai 0.

Namun demikian, semakin banyak nolnya akan semakin bagus. Contohnya, calon Anda imannya bagus beri nilai 1. Kemudian kaya tambahkan nol dibelakangnya (10). Ketika ia juga cantik, tambahkan nol lagi di belakangnya (100). Bila dia juga pintar tambahkan 0 lagi di belakangnya (1.000). Begitu seterusnya, semakin banyak angka 0 semakin baiklah pilihan Anda.

Ada seorang lelaki dari kampung, miskin, tampangnyapun di bawah rata-rata juga tidak terlalu cerdas namun ia ingin memilih istri yang sempurna. Akhirnya ia memilih istri yang memenuhi kriteria tersebut di atas. Selain beriman, istrinya juga kaya, cantik, berdarah biru, cerdas, dan  supel dalam bergaul. Jadi total nilainya 100.000. Mereka hidup bahagia dan dikaruniai banyak anak.

Namun suatu hari terjadi pertengkaran yang hebat. Sang suami marah karena nilai raport anaknya sangat buruk. Seharusnya istrinya mendampingi dan mengawasi anaknya belajar setiap hari karena memang ia tidak bekerja. Tapi mengapa nilainya hancur lebur? Merasa disalahkan istrinyapun tidak terima dan terjadilah adu mulut yang semakin mengeras.

Suami ini akhirnya mengadu kepada konsultan keluarga dan ingin menceraikan istrinya. Setelah mendengarkan cerita dari sang suami konsultan itu berkata, “Anda ini keluarga ahli surga, kenapa harus bercerai?” Sang suami langsung menimpali, “Dari mana Anda tahu kami keluarga ahli surga?”

Konsultan itu menjawab, “Keluarga ahli surga itu cirinya satu, keluarga itu bersyukur dan bersabar. Anda bersyukur dapat istri yang sangat sempurna dan istri Anda bersabar menikahi Anda yang…. Jadi tak pantas Anda yang menggugat cerai.”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

22 thoughts on “Keluarga Ahli Surga”

  1. Imam says:

    Sampai paragraf 4 sih masih gw banget tuh… heheheheh…

  2. banna says:

    haha.
    lucu pas bagian:
    “Anda bersyukur dapat istri yang sangat sempurna dan istri Anda bersabar menikahi Anda yang…. Jadi tak pantas Anda yang menggugat cerai.”

    semoga bukan pengalaman pribadi ya pak.

    overall, philosofi yg menarik pak

  3. kisah khas mas Jamil… lucu, menyentil tapi penuh filosofi dan inspirasi…

    salam sukses-mulia

  4. sangat mengena,semoga bisa intropeksi lebih, agar hidup jadi lebih baik lagi. #sukses mulia

  5. Anggit Setyaningsih says:

    Bagus nih ceritanya..
    Tp curiga ini pengalaman pribadi.hehe 🙂
    smoga kelak sy jg pnya keluarga ahli surga.amiin

  6. ali says:

    hahaha….

  7. Ano says:

    Hahahaha..
    Numpang ketawa y…
    Salam Sukses Mulia
    #Ano BandEntrepreneur

  8. Jauhari says:

    Sangat menyentuh hati

  9. Mirwan says:

    ya RABB… kumpulkan kami di Jannatul Firdaus…

  10. Zaki Ahmad says:

    awal sampai menjelang akhir, serius loh saya bacanya…
    eh pas paragrap terakhir… ngakak abiss..
    “keluarga ahli surga -> syukur dan sabar”..hahahaha

  11. Syukur Alhamdulillah

  12. Rina Andriani says:

    Bersabar merit sama Ɣªήğ dibawah rata2….. Hehehehe

  13. Agus edi says:

    Wakakkak, nyentil tapi tetap ketawa, untung aja ending cerita si konsultan bilang ke si suami “kebangetan” salam SuksesMulia, Kapan Ada acara di Surabaya Pak…??

  14. edi m says:

    hahahaha

  15. sofie says:

    kayaknya..pernah tau deh org ini..xixi

  16. Edhie EL says:

    Benar2 menghibur dan inspiratif..
    terima kasih pak Jamil tadi sudah menginspirasi kami diBaturaden Purwokerto.. salam Sukses Mulia..

  17. fyt says:

    😀

  18. Rohmadi says:

    ” Bagus Inspirasinya….!

  19. bangjake says:

    Konsultan itu menjawab, “Keluarga ahli surga itu cirinya satu, keluarga itu bersyukur dan bersabar. Anda bersyukur dapat istri yang sangat sempurna dan istri Anda bersabar menikahi Anda yang…. Jadi tak pantas Anda yang menggugat cerai.”

    kayaknya titik² nya isinya : “#!#@#@$%$#$$^%$^DSGVSFDBVDFHVSDWER&%$” deh … ;p

  20. Na[niu] says:

    Jawaban konsultannya seperti silet, tipis tapi tajam…
    Hehehe…
    Mantap deh Pak…

  21. hartadi says:

    mas mau tanya apakah saya bisa masuk surga sedanyangkan saya ini adalah orang yang berlumuran dosa… apakah amalan yang harus saya lakuakan agar dosa-dosa saya diampuni.. trimakasih…

  22. nursila says:

    🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.