Kelompok Mastermind

Tidak ada manusia yang berhasil tanpa peran orang lain. Saya sangat percaya dengan pernyataan, “Bila Anda ingin mengubah rencana menjadi kekuatan, Anda harus membuat orang lain bekerjasama dengan Anda.” Salah satu cara agar Anda bisa bekerjasama dan dapat dukungan dari orang lain secara intensif adalah Anda membentuk kelompok Mastermind.

Matermind terbentuk dari individu-individu yang mempunyai agenda yang sama, perasaan dan komitmen yang kuat terhadap misi dan sasaran yang sama.  Selain itu, mastermind juga berarti sekelompok orang yang masing-masing menyumbangkan yang terbaik sesuai dengan kemampuan, keahlian dan latar belakang  mereka sehingga dihasilkan ide-ide yang brilian untuk kemajuan bersama. Istilah mastermind dipopulerkan oleh Napoleon Hill [penulis buku “Law of Success“].

Filosofi kelompok mastermind ini sederhana: Tidak mungkin ada individu yang mengenggam kekuatan besar tanpa memanfaatkan kepintaran orang lain.  Kekuatan dalam jumlah besar hanya dapat terkumpul melalui upaya terkoordinasi dari lebih satu otak (kepala).  Otak manusia dapat diibaratkan sebuah baterai listrik, gabungan beberapa baterai akan menghasilkan lebih banyak energi daripada sebuah baterai.  Sekelompok otak yang terkoordinasi dalam semangat keharmonisan akan menghasilkan lebih banyak energi pikiran.  Dan hal itu terjadi apabila Anda berinteraksi secara intensif dengan orang lain dalam sebuah kelompok, itulah kelompok mastermind.

Henry Ford memulai karier bisnisnya dalam hambatan kemiskinan, kebutaaksaraan dan ketidaktahuan.  Tetapi dalam kurun waktu 10 tahun Ford berhasil mengalahkan ketiga hambatan itu. Dan dalam 25 tahun dia sudah menjadikan dirinya salah satu orang terkaya di Amerika. Kenapa dia berhasil? Itu terjadi setelah dia berinterkasi intensif dalam sebuah kelompok mastermind bersama dengan Thomas Alfa Edison, Harvey Firestone, John Burroughs dan Luther Burbank. Hasilnya? Bukan hanya Ford yang hebat, anggota yang lainpun menjadi orang-orang hebat.

Bagaimana Anda memilih Anggota mastermind: Pertama, orang itu memiliki keinginan untuk tumbuh dan berkembang serta siap Action.  Kedua, orang itu kemampuan bekerja dengan orang lain dalam semangat kebersamaan, tidak egois.  Ketiga, memiliki mental untuk mensukseskan orang lain.  Orang yang pintar bicara dan selalu ingin dominan bicara dibandingkan dengan yang lain saran saya jangan dipilih menjadi anggota mastermind. Di kelompok mastermind semua sama, tidak boleh ada yang dominan.

Apa yang dilakukan dalam kelompok mastermind? Mereka harus melakukan pertemuan berkala sesuai dengan waktu yang disepakti.  Di dalam pertemuan itu membahas problem dan kemajuan masing-masing orang serta apa yang bisa dioptimalkan.  Oleh karena itu saran saya, profesi anggota kelompok mastermind itu berbeda.  Atau bila profesinya sama, target market dan model bisnisnya berbeda.

Ayo, segera buat kelompok mastermind dan rasakan percepatan yang Anda dapatkan!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

15 thoughts on “Kelompok Mastermind”

  1. dodirustandi says:

    bismillah akan segera membentuk kelompok mastermind,sukses mulia…!!

  2. ronal says:

    baiknya mastermaind dgn orang seprofesi atau gmana pak?

    1. akhmad yani says:

      sebaiknya yg beda propfesi maupun beda binisnya
      itu yg sy dapatkan dari penuturan pak jamil langsung

  3. Isparmo says:

    Mas Jamil,

    Terima kasih artikelnya. Saya sudah membentuk kelompok Master Mind khusus Internet Marketing di Tangerang. Pertanyaan saya, jika anggota kelompok MM ini hanya satu yg menguasai materi sementara yg lain masih taraf belajar. Apa ini masih disebut kelompok MM ?

  4. Mas Ronal saran saya kelompok mastermind itu dari profesi yang berbeda.

    Mas Isparmo, kelompok mastermind itu bukan membahas ketrampilan tetapi kehidupan, kalau yang Anda maksud menguasai materi internet marketing baru satu orang itu namanya kelompok kursus bukan mastermind. Anggota mastermind harus berkontribusi sesuai keahliannya masing-masing bukan menyamakan keahlian.

    Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  5. evan utama says:

    Saya butuh banget kelompok mastermind,tp susah bnget ngumpulin temen tuk buat networking kyk gini.

  6. Surya says:

    Pak Jamil, saya udah lama pengen buat kelompok mastermind tapi hingga saat ini belum menemukan teman2 yg satu visi dan cocok karena lingkungan kerja saya mayoritas karyawan sedangkan yang saya butuhkan teman2 karyawan yg bertekad jadi pengusaha. Mohon masukannya atau referensinya bila ada di Semarang. Terima kasih

  7. Mas Evan, berusaha lebih keras lagi ya.

    Mas Surya,kalau begitu jangan membuat kelompok mastermind dengan teman kantor, cari komunitas lain, boleh jadi komunitas kepedulian, komunitas pengusaha, di Semarang mbludak (banyak) lho. Saya sering ke Semarang dan tahu itu

    Salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  8. kangazul says:

    Saya sedang mencari teman Mastermind.

    Kalau ada yg tertarik silakan kontak saya. Kita mulai dengan kontak online dulu saja.

    Salam,
    Kangazul

    1. teguh says:

      saya mau Pak, tapi saya karyawan di jakarta,
      ayo temen2 yang dijakarta

    2. Zeiky says:

      Saya di Jakarta, yuk kita buat kelompok Master Mind.
      Twitter saya: jqjalanterus

      Salam

  9. Malik says:

    assalamu’alaikum pak jamil..
    saya dibogor. saya ingin banget punya MM dibogor. adakah kelompok MM yang diBogor?tolong informasikan saya
    pin : 21DFB7ED

    semoga kita bersama-sama meraih hidup sukses mulia.

  10. tri septi says:

    Assalamu’alaikum Pak Jamil,

    Saya di Jogja, Ibu RT yg juga bekerja dari rumah…. sbaiknya saya berinteraksi dngan siapa saja agar saya bisa punya kelompok Mastermind?
    Terima kasih.

    Wassalamu’alaikum wrwb

  11. piyu says:

    saya dibali ingin membentuk mastermind juga….info-info kalau ada…saya karyawan….mohon bantuannya terimakasih sebelumnya

Leave a Reply

Your email address will not be published.