Kekuatan Singkatan

singkatan.jpg

Bagi Anda yang aktif di dunia coaching tentu sangat paham dengan istilah GROW. Istilah itu dipopulerkan oleh Sir John Whitmore, Penulis buku “Coaching for Performance: GROWing Human Potential and Purpose”. GROW adalah metode proses coaching yang sebelumnya dikembangkan oleh Graham Alexander dan Alan Fine.

Bagi Anda yang belum tahu, GROW adalah singkatan dari Goal, Realistic, Option, dan huruf W-nya bisa Will, Wrap Up, Way forward. Intinya, agar growing (bertumbuh) Anda perlu menetapkan tujuan (goal), bandingkan dengan fakta saat ini (realistic) dan temukan berbagai alternatif untuk mempersempit kesenjangan antara tujuan dan kenyataan. Setelah itu lakukan kegiatan yang pasti (way forward) untuk mendekat dengan tujuan.

Ada juga singkatan lain yang populer yaitu FOCUS. Apa kepanjangannya Find the problem, Organize a team, Clarify the problem, Understand the problem, Select a solution. Metode ini digunakan untuk menyempurnakan dan meningkatkan proses bisnis. Saya sudah menggunakan model ini dalam penerapan bisnis dan kehidupan. Hasilnya? Dahsyat! Kinerja bisnis dan kehidupan saya naik secara significant.

Bagi Anda yang bekerja didunia industri, pasti juga familiar dengan istilah PDCA: Plan, Do, Check, Action. Metode yang dipopulerkan oleh Deming ini telah menjadi rujukan berbagai perusahaan untuk melakukan perbaikan terus menerus (continuous improvement). Deming telah menyempurnakan model ini dengan PDSA (Plan, Do, Study, Action).

Banyak singkatan-singkatan lain yang dikenang oleh banyak orang, ada analisis SWOT, POAC dan lain sebagainya. Anda pun bisa menciptakan dan menggunakan singkatan untuk membantu bisnis, karir dan kehidupan Anda.

Saya sendiri menggunakan 4-ON (visiON, actiON, PassiON dan CollaboratiON) untuk mendorong saya pribadi dan orang lain agar terus bertumbuh (move ON). Sementara dalam aplikasi bisnis saya juga menggunakan model 4-ON (visiON, situatiON, optiONs, actiON) agar bisnis terus bertumbuh. 4-ON ini terinspirasi dari GROW yang sudah saya pelajari.

Singkatan yang dibuat seksama membuat mudah diingat dan menggerakkan banyak orang. So, singkatan bisa menjadi salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan apabila Anda harus memberikan sambutan atau pidato singkat dimanapun dan kapanpun. Apa singkatan yang Anda tawarkan kepada kami?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

12 thoughts on “Kekuatan Singkatan”

  1. Roni Sadrah says:

    Di kelas komputer forensic kami mengenalkan istilah “APA”, Akuisisi-Penyimpanan-Analisis. Penyederhanaan dari metodologi forensic yg lebih rumit. APA, mudah diingat, dan relevan dengan dunia investigasi : Apa? What?. Bukti apa yang dicari?

    1. Jamil Azzaini says:

      He3x. Itu maksudnya APA? 🙂

  2. HawariAka says:

    Sarapan pagi yg sangat bergizi Kek. Matur nuwun…salam sukses mulia dari Pati

    1. Jamil Azzaini says:

      Semoga besok jadi jumpa 🙂

  3. Salman says:

    Oh PDCA mirip dgn PDRA : Plan Do Review Action.

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes…kayaknya maknanya sama…

      1. BangJake says:

        pdca, pdra = pdw = po do wae

  4. abyan says:

    (pak) JamilAzzaini Memang Uoke = JAMU…..hehe,

    Sukses Mulia Selalu (SMS) buat Pak Jamil….

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehehe, ada-ada saja

  5. Yusuf says:

    TOP GT: Tulisan pagi Om Jamil Penuh Gizi Tinggi

    saya suka, saya suka, saya suka.. (pake gaya meimei temen si upin ipin)

    1. Jamil Azzaini says:

      TOP bisa juga Tua Ompong Peot, hehehehehe

  6. titi says:

    Bikin Laper = Bagus, biKIN gaLAu PERgi….

Leave a Reply

Your email address will not be published.