Kejarlah Visi Hidupmu

asa2.jpg
asa

Anakku ASA, berpose di Amsterdam, Belanda.

Hari ini anak kedua saya Ahmad Sholahuddin Annabhani (Asa) tepat berusia 20 tahun. Ia sedang menempuh studi di jurusan Teknik Industri Hochschule Technik Wirtschaft und Kunst di Leipzig. Karena kami dipisahkan jarak yang begitu jauh maka “wejangan” ulang tahun untuknya saya tuliskan di website ini. Semoga memberi inspirasi juga kepada para pembaca.

Anakku, hari ini kau genap berusia 20 tahun, itu artinya 7 tahun sudah kau mulai bertanggungjawab atas semua apa yang kau lakukan. Sebab, seingat bapak. usia akil baligmu adalah saat kau berusia 13 tahun. Artinya, sudah 7 tahun apa yang kau lakukan baik dan benar karena Allah berpahala dan maksiat yang kau lakukan berakibat dosa. Waspadalah…

Anakku, kehebatan seorang anak laki-laki bukanlah karena banyaknya wanita yang kau taklukkan tetapi karena banyaknya prestasi dan amal sholeh yang dihasilkan. Tetaplah sibuk dengan aktivitas positifmu dan pertahankan tetap tak pacaran seperti sekarang. Wanita hadir di dunia untuk kau muliakan bukan untuk dijadikan pacar apalagi kau lecehkan.

Anakku, di sela-sela kesibukan kuliahmu bapak tahu kau terkadang bekerja atau berbisnis mengumpulkan uang. Tak perlu malu walau terkadang kau menjadi “kuli” yang sangat menguras tenagamu. Ketahuilah, bila kau bekerja keras saat muda maka kehidupanmu akan mudah di saat tua.

Tetaplah ingat visi hidupmu yang pernah kau presentasikan sebelum kau berangkat ke Jerman. Bapak yakin keinginanmu untuk menjadi “CEO kelas dunia” bisa menjelma menjadi nyata. Sadarilah, menjadi “kuli” sembari kuliah adalah cara untuk melatih otot-otot bisnismu dan juga kepekaan hatimu agar kelak saat kau menjadi CEO kau ahli memanusiakan orang-orang yang kau pimpin.

Anakku, tentu kau masih ingat bahwa hidup di dunia ini hanya “numpang minum”, sangat sebentar. Kehidupan sesungguhnya justru setelah kita mati. Maka pastikan semua hal yang kau lakukan bisa menjadi bekal untuk kehidupan yang kekal. Teruslah pahami jalan hidupmu dengan tiada henti membaca dan mengkaji kitab suci. Ingat pesan yang waktu itu bapak sampaikan melalui whatsApp: Pria sejati tak lupa ngaji.

Anakku, kau adalah anak lelaki tertua di keluarga kita. Kau adalah pengganti bapak bila bapak telah tiada. Muliakanlah mama, ibu dan kakak perempuanmu, jaga dan didik adik-adikmu. Berusahalah agar kau layak menjadi teladan bagi mereka tanpa pernah merasa bahwa dirimu adalah manusia yang sempurna.

Selamat ulang tahun anakku. Teruslah melangkah mewujudkan visi hidupmu dengan tetap menyadari bahwa Allah swt selalu menyertaimu dan ada malaikat yang mencatat semua hal yang kau kerjakan. Semoga amal kebaikanmu jauh lebih berlimpah dibandingkan apa yang sudah bapak lakukan. [Tetapi urusan ketampanan atau kegantengan, kayaknya bapak sulit kamu kalahkan. Hehehehe….]

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

47 thoughts on “Kejarlah Visi Hidupmu”

  1. Selamat buat Mas Asa..
    Semoga hidup dan umurnya selalu berkah..

    Meskipuan pesan ini khusus untuk mas Asa, namun setiap anak laki-laki wajib mencatatnya.. Makasih Kek atas nasehatnya πŸ™‚

    Salam Sukses Mulia

  2. Andi Badren says:

    Barakallah Mas Asa yang umurnya sama dengan Saya. hehe
    Kakek,,,menyentuh banget. Subhanallah, doanya buat anak, tetapi pengaruhnya sampe ke saya kek. kerOn

    1. Ayo kenalan dan berkolaborasi, hehehe

  3. zuhriadi maulana says:

    Kalimat yang inspiratif Pak Zamil:
    “Pria sejati tak lupa ngaji” mungkin Perlu ditambah lagi ” Pria sejati tak lupa ngaji & Dakwah” πŸ™‚
    Mantaf, semoga adik Asa, semakin Takwa dan dipermudah mencapai cita2 besarnya..
    O, ya pak Zamil, saya pengen ikut seminarnya bapak, kapan ya diadakan di Palangkaraya.

  4. kasman says:

    Selamat ulang tahun ke 20 Ahmad sholahuddin Annabhani ( ASA ). moga sukses menggapai cita cita. Amin

  5. Princess Amanda @holistic_center says:

    Barakallah fiikum mas Asa…betapa beruntung mas Asa mempunyai ayahanda seperti grandpa Jamil…super kerON nasehat granpda pg ini…wlwpun bwt mas Asa tp insyaAllah sgt bermanfaat bwt qt semua…..

    Salam SuksesMulia

  6. basith says:

    Mantaaap….. bapak yg keren, bpk yg tau cara mendidik, mendekati anak, dan bpk yg modern, modern dg tdk meninggalkan nilai, tradisi lama yg msh baik, dan mengambil hal/ nilai dan tradisi baru yg lebih baik, Patut utk saya contoh sikap yai jamil ini tentang mendidik anak, sikap ini sesuai pitutur jowo ngelmu kuwi kanthi laku, yg benar 2 diterapkan yai jamil, matur tengkyu inapirasi nipun, mugi 2 dados amal jariyah mbenjeng wonten alam kubur, al faatihah…..

  7. Teguh Gumilang says:

    barakallah fii umurik mas asa.
    kek,wejangannya sama seperti ayah saya karena saya juga anak laki-laki paling besar.
    terima kasih kek,telah mengingatkan.
    semoga visi mas asa dan saya tercapai.
    aamiin..
    salam #suksesmulia

    1. Salam buat ortu ya

  8. Muhammad Abdul Manan says:

    Subhanallah,…

  9. izmi putra says:

    ditengah guyuran hujan gini, semangat itu jadi ON 10x lipat setelah baca wejangan ini.. Hhe.. SyukrOn kek !

  10. Eva says:

    Kakek sambil mbrebes mili ga siii tulis ini!??
    Aq yg baca aja ga kebendung lagi…
    T_T

    1. Kasih tahu gak ya? Hehehe. Saya nangis, nulisnya jam 02.45

  11. syarifudin says:

    Happy Milad buat mas Asa ..
    Barakallahu fii umrik ..

    Kakek keren,
    Jd inget bapak di rumah, sdh tua jg, ntr klo bapak sdh tiada, sya jg akan memikul amanah utk tetep memuliakan emak & menjaga adik2 ..
    *gak kerasa nangis ini kek nulis nya* ..
    Beri kesehatan utk semua orang tua yg msih hidup didunia ini ya Rabb & lapangkan kubur nya utk orang tua yg sdh tiada, beri mereka t4 terindah disisiMu ..

    Makasih kakek atas inspirasi nya pagi ini ..
    Pokok e majjleb kyak semburan hujan pagi ini ..

    1. Salam buat bapak ya mas, sambil sungkem

    2. Λάmΐΐπ YΞ¬ΒͺΒͺ Ε”Γ΅ΓŸΓŸΗ»l Δ„lΞ¬mΐΐπ…

  12. Rahma says:

    Paling suka kata-katanya : Pria sejati tak lupa ngaji. Semoga pesan ini dibaca oleh para pria-pria lainnya. pesan yang sangat mengena πŸ™‚

  13. heri smile says:

    Sukses buat mas Asa dan babehnya juga….
    dua kalimat yg saya suka :
    1. Pria sejati tidak lupa ngaji
    2. Tetapi urusan ketampanan atau kegantengan, kayaknya bapak sulit kamu kalahkan hehehe (tetep narsis ya kek….)

    Salam SuksesMulia
    @herismile22

    1. Narsis biar eksis πŸ™‚

  14. Ummu Asad says:

    MasyalLaah…
    Semoga mas Asa menjadi penjaga Islam yg amanah, bangga terhadap Islam dan menjadi kebanggaan Islam.
    *tapi tetep, ujung paragrafnya khas πŸ™‚

  15. Nurcahyo says:

    selamat ulang tahun putra Pak Jamil Azzaini, Ahmad Sholahuddin Annabhani (ASA)
    selamat ulang tahun putraku, Muhammad Askaf Al Fatih (MAAF)
    sukses mulya untuk kalian semua,, jadilah putra-putra yang dapat dibanggakan oleh siapapun dan kapanpun

    1. Salam buat MAAF ya mas, dari kakenya yang ganteng πŸ™‚

  16. tyas says:

    Met Milad ya mas Asa,

    Hehe… wejangannya sangat menyentuh kek, tapi penutupnya bikin tersenyum πŸ™‚

  17. Denny Dachlan says:

    Happy Milad, Mas ASA!
    Smoga jadi anak yg Sholeh dan tercapai apa yg di cita-citakan…
    Untuk Kek Jamil: Tetteup Narsis yaa… πŸ™‚
    Salam SuksesMulia!
    Denny Dachlan – Sales Activator

  18. Andriansyah says:

    Selamat Milad Mas Asa, Nasihat Yang sangat menyentuh Hati…Mari Kita kalahkan kegantengan pak Jamil…

    1. Hahaha, kualat πŸ™‚

  19. arike fitria sari says:

    Barakallahu fii umriki mas asa πŸ™‚
    Smg sma doa dan harapan kek Jamil di ijabah olh Allah.

    Kek, doakan jg anak2 sy ya (ghaza+afra) smg mjd anak yg sholeh,sehat,cerdas dan mjd anak2 yg beruntung dan bermanfaat tuk agama+bangsa
    Smg Allah sll mlindungi dan mberkahi keluarga2 kita.

    1. Salamnya buat keponakan2ku, hehehe. Padahal belum kenal (sok akrab), salam SuksesMulia

  20. cahya dewi says:

    met milad Asa, semoga panjang umur, sehat selalu, makin sholeh, jadi anak yg berbakti, bermanfaat bagi agama, bangsa dan negara, barokah untuk semuanya, amiiiinnn πŸ™‚

  21. Barakallah fi umrik dek asa…semoga menjadi anak kebanggan kek jamil dan keluarga dan jadi generasi yg dirindukan syurga……sangat inspiratif kek pesan buat dek ASA ini….

  22. Anang Mahmudi says:

    Pria sejati tak lupa ngaji, Pria Kuat tak lupa Sholawat………..
    Salam Sukses Mulia Pak Jamil

    1. Hehehe. Pas dan mantap πŸ™‚

  23. wiwik says:

    Met milad, smoga diberikan keberkahan dan kegantengan seperti kek jamil hehehe
    Doakan yah kek bulan februari ini bisa ikut WBT, amin

  24. asokaneina says:

    AllaaahhhhhuAkbar smiga kelak aku bsa mnjadi orang tua yang baik, selamat ulang tahun mas asaa sukses selalu amin, kek terimakasih krna postingan ini mnjadi inspirasi utk saya dan yg lain
    Smoga keberkahan selalu menyelimuti kita amin.

    1. Aamiin YRA. Alhamdulillah bila manfaat

  25. Maksum says:

    Kereeeeen!!! Happy milad buat bang asa. Kayanya bang asa sama mba nadhira bangga bgt yah punya bapak seperti kek jamil πŸ™‚

  26. nia says:

    wahh kakek tetep gak mau kalah ganteng nya ya,pasti kakek juga ganteng kok dulu pada masanya.hehehe πŸ˜›
    sukses terus buat Asa semoga umur nya selalu diberkahi Allah,dan menjadi kebanggaan u/ kedua orang tua ya.
    wejangan nya buat Asa,tapi haru nya sampai sini kek.
    Salam Sukses Mulia πŸ˜€

    1. Ganteng memang aslinya dari lahir, hehehe. Tengkyu doanya ya

  27. Tarsikah says:

    So….sweet…ntar ijin share ya kek. Smoga mas asa di mudahkan dlm mencapai mimpi besar nya. Amiin

    1. Dengan senang hati, silakan

  28. robi guntara says:

    Subhanallah. sampe berkaca kaca bacanya kek, ayah yg sangat mulia, bisa di jadikan panutan buat anaknya, umurku sama dengan umur anakmu kek

  29. Indah says:

    senanggggg ya punya babe kerON seperti kek Jamil Azzaini, nasehatnya ajib. adem bacanya. Happy Birthday ASA, wish your daddy’s pray terkabulkan. Amien

  30. satu kalimat saja: bapak yangbaik, bisa memberikan wejangan terbaik utk anak lelakinya!
    met milad Asa, jadilah kerang mutiara ya… 9 tahun lagi namamu akan mengguncang sejarah!

  31. Mas Asa tambah guanteng kek…sudah kesalip babenya.
    Aminn untuk semua doa yang dipanjatkan. Mudah2an menjadi penerus cita-cita mulia keluarga.
    Barokah ilmunya, barokah kehidupan yang dijalani, barokah umur yang dihabiskannya.

    Salam dari sesama orang ganteng kek.
    Andy

  32. Seneng bisa membaca pesan bapak untuk mas bro tercinta di Jerman sana. Pesannya bagus dan menggugah semangat ku juga.

    Salam kenal pak, saking Nganjuk πŸ™‚ hehe

  33. aaaa kek, sambil ngelap air mata ini bacanya. mengharukan sekalii :’)
    Barakallah, buat Asa. Sukses mulia, dunia akhirat. Semoga sosok baik dari bapaknya menurun ke asa. bahkan jadi jauh lebih baik.
    Semoga visi mulia hidup kita semua tercapai. Jadi makhluk Allah yang bermanfaat bagi sesama. aamiin

Leave a Reply

Your email address will not be published.