Kaya Berkah

Siapun bisa menjadi orang kaya.  Orang yang muda bisa kaya apalagi yang tua. Orang kampung bisa kaya. Sarjana atau tidak sarjana juga bisa kaya. Orang beriman bisa kaya. Orang atheis sekalipun bisa juga kaya.

Sang Maha Kaya akan memberikan harta kepada mereka yang mau bekerja keras dan cerdas, inovatif, produktif, solutif dan memiliki expertise (keahlian) yang jarang dimiliki orang.  Lihatlah daftar orang-orang kaya di dunia pasti memiliki ciri-ciri yang saya sebutkan. Tak perlu bermimpi menjadi orang terkaya di dunia, menjadi salah satu orang kaya di Indonesia atau di propinsi Anda tinggalpun sudah hebat.

Hidup kaya raya dan mati masuk surga tertinggi merupakan impian banyak orang, termasuk saya. Kekayaan yang bisa mengantarkan kita ke surga tentu yang diperoleh dengan cara yang sah dan tidak melanggar aturan agama. Kekayaan yang diperoleh menjadi berkah, menenangkan hati, membahagiakan keluarga dan menjauhkan dari  fitnah dunia.

Agar harta kita semakin bertambah dan berkah, mari kita selalu melibatkan Allah dalam semua aktivitas kita. Caranya, selain melakukan hal-hal yang bisa mendatangkan kekayaan secara rasional dan bisa diterima nalar, kita juga perlu melakukan amalan yang memang diperintahkan oleh Sang Maha Kaya. Banyak hal yang menurut-Nya bisa mendatangkan rezeki dan kekayaan.

Beberapa diantara yang bisa mendatangkan rezeki adalah: menjalin silaturahmi, berbakti dan membahagaikan orang tua, sholat dhuha dan memperbanyak sedekah.  Bila selama ini kita kesulitan rezeki cobalah tanyakan pada diri kita, “Apakah saya sudah rajin bersilaturahmi? Apakah saya silaturahmi hanya saat lebaran atau liburan saja?”

Lanjutkan dengan pertanyaan, “Apakah hubungan dengan orang tua (termasuk mertua, bagi yang sudah menikah) berjalan baik dan sehat?  Apakah saya sudah memberi yang terbaik buat orang tua saya? Apakah orang tua saya sudah bangga dengan prestasi-prestasi saya?”

Cobalah bertanya juga, “Apakah saya sudah mengerjakan sholat dhuha minimal empat rakaat rutin seperti mengerjakan sholat wajib? Berapa banyak sedekah yang sudah saya keluarkan? Apakah sedekah yang saya keluarkan hanya sisa-sisa penghasilan atau memang sudah saya alokasikan secara terencana?

Tak cukup hanya berhenti bertanya tetapi juga setelah itu beraksilah. Sang Maha Kaya tak pernah tidur. Sang Maha Kaya tak pernah ingkar janji…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

20 thoughts on “Kaya Berkah”

  1. mustika yanti says:

    Mau banget bisa “kaya berkah”,, biar bisa memberi, berbagi.
    Thanks pak sdh mengingatkan jalan nya.

  2. Anggit setyaningsih says:

    Selalu menginspirasi dan terus mengingatkan.
    i luv u om jamiiil 🙂

  3. Pratama Puji Widiyanto says:

    Belajar, Berbagi,Berkarya..salam Sukses Mulia pak 🙂

  4. awal hasan says:

    Selalu berusaha untuk bisa Kaya Berkah. Minta doanya Pak…

  5. Terima kasih pak atas inspirasinya pagi ini ^_^

  6. meddy says:

    alhamdulillah, pagi ini kita dapat sarapan energi yg sangat positif.
    trmksh mas jamil…..semoga kita semua mendapat berkah yang berlimpah, amiin..

  7. syawal says:

    ALLAHU AKBAR!!!…

  8. Alfiatin Arif says:

    Alhamdulillah,,,
    tiap kali baca tulisannya pak jamil sllu termotivasi…
    mudah2an ttp istiqimah dijalan-Nya…
    Amiiiin

  9. seperti bisanya,,,
    selalu memberi semangat di pagi yg indah,,,

    salah satu impian saya kek,, belajar langsung dg kakek,,,

    mdh2xan dmudahkan Allah segera,,,

    🙂

  10. sendy says:

    Subhanallah…. Kaya Berkah…. semua orang pasti mau, tapi kembali kepada tulisan Pak JA : Sang Maha Kaya akan memberikan harta kepada mereka yang mau bekerja keras dan cerdas, inovatif, produktif, solutif dan memiliki expertise (keahlian) yang jarang dimiliki orang. jadilah orang2 seperti yang ditulis Pak JA tersebut… maka Kaya Berkah efek sampingnya…..

  11. Inspirasi pagi 🙂
    istimewa

  12. A. wijaya says:

    Terimakasih inspirasinya Pak.
    “Amal pertama yang dihisab dari seorang hamba di hari kiamat adalah shalat. Dan barangsiapa yang baik (diterima) shalatnya, maka baik (diterima) pula segala amalan yang lain, dan barangsiapa yang rusak (ditolak) shalatnya, maka rusak (ditolak) pula segala amalan lainnya” (HR Thabarani).
    Jadi kekayaan yg akan membawa ke surga adalah kekayaan yang diperoleh tanpa meninggalkan sholat.karena sholat adl kunci kehidupan dunia akhirat.:)
    Salam Sukses Bahagia Berkah Berlimpah !!!

  13. Artha says:

    Subhanallah… Kaya n berkah mau dong….

  14. boeloek says:

    hidup itu ibarat 1 titik (X dan Y), dimana garis vertikal/Y (Tuhan)dan horisontal/X (sesama). tidak mungkin terwujud 1 ti2k, jika hanya mengandalkan satu elemen saja. alangkah indahnya jika manusia mampu membuat ti2k tersebut dalam KESELARASAN..hingga membentuk suatu diagram yang terus melaju KEATAS….(itulah hidup yang berkah, SEIMBANG)…*good re-evaluation*

  15. hidup kaya raya, mati masuk surga …. dahsyat!!

  16. ase (Setiawan,se.) says:

    ingat banget pesan pak Jamil di banua patra balikpapan; kalo sholat dhuha 2 rakaat adalah sedekah pada setiap ruas sendi tubuh kita, +2 lagi.. libatkan Allah dalam semua aktivitas kita 🙂 kemon aksion!!

  17. asepriswandi says:

    alhamdulillah…
    selalu menginspirasi di setiap pagiku om jamil….
    “do’a, usaha, ikhtiar dan tawakal (DUIT)”

  18. dewi says:

    kaya berkah, mauuuuuuu

  19. budi says:

    trimakasih atas nasehat & motivasinya…

  20. nursila says:

    artikel lama….tapi tetap baru dan memperbaharuiku…TrimakasihKek..

Leave a Reply

Your email address will not be published.