Karyawan Zaman Now

Share this
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Saat ini, dunia berubah begitu cepat, bahkan beberapa ahli menyatakan bahwa perubahan saat ini bukan lagi linear tetapi eksponansial, mengalami percepatan. Hal ini dipicu dari cepatnya perkembangan teknologi informasi. Diperkirakan, pada tahun 2030, akan ada 47 profesi yang hiang, namun demikian akan muncul 65 profesi baru.

Saat ini pun sudah banyak profesi baru yang sebelumnya belum ada atau ada namun belum menjadi profesi utama. Contohnya youtuber, game development, barista, blogger, web developer, apps creator/developer, big data analyst, forensic cyber crime specialist, smart animator, crowd funding specialist, social entrepreneur, fashionista and ambassador, cloud service specialist, drone operator, dan masih banyak yang lainnya.

Bagi Anda yang memilih profesi sebagai karyawan, Anda perlu menyiapkan diri agar bisa terus bertahan dan tidak “dibuang” oleh perusahaan. Apa kira-kira yang perlu Anda miliki dan latih agar Anda bisa menjadi karyawan pilihan di tengah perubahan yang sangat cepat seperti saat ini?

Pertama, agile. Anda perlu menjadi karyawan yang lincah dan cekatan. Jauhi menunda-nunda pekerjaan, lelet, dan malas. Apabila ada tugas, segera kerjakan, tuntaskan dan segeralah beralih ke pekerjaan baru. Selain itu, agile juga dicirikan dengan semangat belajar yang tinggi. Bahkan rela melakukan investasi leher ke atas (pendidikan atau pengembangan diri) dengan biaya sendiri, tidak selalu menunggu dibayar oleh perusahaan.

Dalam pekerjaan sehari-hari, ia tidak segan-segan meminta feedback atau masukan dari senior, orang yang ahli, dan pimpinan dimana ia bekerja. Ia jadikan, feedback menjadi “sarapan” harian untuk terus menerus meningkatkan kemampuannya. Siapakah Anda menjadi Agile? Apa komitmen Anda agar menjadi orang yang semakin agile?

Baca Juga  Hidup Tapi mati

Kedua, be accountable. Jadilah orang yang bertanggungjawab. Apabila ada pekerjaan yang tidak tuntas jangan pernah melemparkan kesalahan kepada orang lain, Anda harus merasa ikut bertanggungjawab atas ketidaktuntasan pekerjaan tersebut. Kebiasaan bertanggungjawab membuat tim dan pimpinan Anda semakin respek dan sangat nyaman bekerjasama dengan Anda.

Orang-orang yang bertabanggungjawab akan terus belajar dan mengambil pelajaran dari semua hal yang terjadi dalam pekerjaannya. Ia akan menikmati pekerjaannya, ia terus menerus memperbaiki diri. Inilah yang membuat Anda dipertahankan oleh teman-teman Anda untuk selalu berada di dalam tim atau perusahaan Anda.

Ketiga, always positive. Anda perlu tahu bahwa di dalam kehidupan ini, ada hukum kekekalan energi yang memastikan bahwa apapun yang kita lakukan pasti kembali kepada kita secara sempurna. Apabila kita melakukan hal yang positif maka akan kembali dalam bentuk yang positif. Bisa dalam bentuk bonus, rumah tangga yang semakin happy, dan bentuk apresiasi lain yang tidak kita duga sebelumnya.

Sebaliknya, apabila kita melakukan hal yang negatif maka hal negatif tersebut akan kembali secara sempurna kepada kita dalam bentuk sesuatu yang negatif. Bisa berupa kendaraan hilang, masuk rumah sakit, terkena PHK dan lain sebagainya.

Sibukkanlah dengan sesuatu yang positif, baik saat ada pimpinan atau tidak. Karena semua hal akan kembali secara sempurna kepada kita. Percayalah.

Dengan memiliki tiga hal tersebut di atas, Anda tidak perlu khawatir tentang masa depan pekerjaan Anda di perusahaan tempat Anda bekerja saat ini. Apabila perusahaan tempat Anda bekerja saat ini ternyata bangkrut karena “terdistrupsi” oleh bisnis baru atau bisnis yang lain, Anda pun tidak perlu khawatir karena Anda akan dicari perusahaan lain yang sangat memerlukan Anda.

Baca Juga  Mengapa Anda "Jalan di Tempat?"

Salam SuksesMulia
Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership


Share this
  • 10
  •  
  •  
  •  
  •  
    10
    Shares

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer