Kapan?

Sudah 269 hari kita lalui di tahun 2011, tersisa hanya 96 hari lagi. Ada target yang sudah tercapai, ada pula pencapaian target yang jauh dari harapan. Namun, rupanya ada juga orang yang tak peduli dengan jumlah hari yang dilalui karena dia menjalani hidup tanpa target dan arah. Anda sendiri tergolong yang mana?

Selain menetapkan target jangka panjang, saya biasa membuat target jangan menengah, target tahunan dan target 3 bulanan. Saya juga biasa membuat evaluasi sebelum menetapkan target. Sebagai contoh, penetapan target 3 bulan [Oktober, November, Desember] dimulai dengan mengevaluasi perjalanan 269 hari yang sudah dijalanani di tahun 2011. Bagaimana caranya? Sederhana saja, buatlah pertanyaan untuk diri sendiri dengan menggunakan kata “kapan” di awal setiap kalimat.

Kapan terakhir saya pergi ke tempat ibadah? Kapan terakhir saya “curhat” dengan Sang Pencipta? Kapan dan seberapa sering saya membaca kitab suci? Kapan terakhir saya memohon ampun atas semua dosa dan kesalahan? Kapan saya melupakan dan menjauh dari Allah, Sang Maha Melihat dan Maha Mendengar? Kapan terakhir saya merasa begitu dekat dengan-Nya?

Kapan terakhir saya menambah ilmu? Kapan terakhir saya membaca buku? Kapan dan seberapa sering saya berolah raga? Kapan terakhir saya bertemu orang yang berilmu, bijak atau expert? Kapan saya mengerjakan sesuatu jauh melebihi target yang ditetapkan? Kapan terakhir saya berprestasi?

Kapan terakhir saya meminta maaf dan memaafkan orang lain? Kapan saya berucap terima kasih kepada orang-orang yang telah berbuat baik kepada saya? Kapan terakhir saya memberi hadiah kepada orang yang saya cintai? Kapan terakhir saya mendengarkan cerita dan celoteh buah hati dan orang-orang yang mencintai saya ? Kapan terakhir saya menyediakan waktu khusus untuk bercengkrama dengan orang-orang yang saya cintai?

Kapan terakhir saya memeluk orang tua dengan penuh cinta? Kapan terakhir saya tidur di pangkuan orang yang telah melahirkan saya? Kapan terakhir saya menyediakan waktu khusus untuk orang tua? Kapan terakhir saya melakukan sesuatu yang berkesan bagi orang tua saya?

Andai tahun ini adalah tahun terakhir kehidupan orang-orang yang saya cintai, apa yang akan saya persembahkan untuknya? Kapan saya akan melakukannya? Kapan? Kapan? Kapan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

21 thoughts on “Kapan?”

  1. Anggit Setyaningsih says:

    Tulisan ini sukses membuatku menangis & smkn trsadar untk introspeksi diri 🙁
    semoga targetku untk 3bln ke depan bs trcapai dg evaluasi2..

  2. Khalik HR says:

    Ya semoga dengan bacaan pagi ini mengingatkan kita akan perjalanan hidup ini semoga kita bisa capai sesuai target yg telah kita tetapkan.Amin

  3. Anita Amelia says:

    terima kasih untuk tulisannya pak, 🙂

  4. mustika yanti says:

    My GOd. . .pertanyaan2 yg sangat menggetarkan qolbu dan u evaluasi diri, u semakin dekat ke Allah, baik dg sesama, berbakti ke ortu.

  5. Widar says:

    membuatku merenungi hal-hal apa yg sdh kukerjakan dalam hidup ini utk org-org yg kucintai.

  6. Agus edi says:

    Terima Kasih Guru Kehidupanku…selalu menggugah hati…sekali lagi terima kasih Guru Kehidupanku Ust. JA

  7. endang supriatna says:

    suatu pertanyaan yang sangat membutuhkan jawaban dengan pasti…

    let’s do our best…..

    terima kasih Master,..

  8. hasan basri says:

    subhanallah….

  9. Awal hasan says:

    Andai tahun ini adalah tahun terakhir kehidupan orang-orang yang saya cintai, apa yang akan saya persembahkan untuknya? Kapan saya akan melakukannya? Kapan? Kapan? Kapan?

    Bikin lemes…..

  10. Galih Setya (@GalihSetya_P) says:

    very inspiring kek,,,,bergetar rasanya hati ini baca tulisan ini,,,smoga dgn mengingat org2 tercinta jd tombol positif u/ meraih cita-cita

  11. iwanfath76 says:

    ALLAHU AKBAR…ALLAHU AKBAR… ALLAHU AKBAR.Tolong kami ya Rabb…
    Amazing inspiration…!

  12. skali lgi makasih Kek,,,
    membuat air mata mengalir,,,
    msh bnyak target yg belum tercapai memang,,,
    tapi Insyaallah waktu 3 bln tdk akan sia-sia,,,
    mohon do’anya jga ya Kek,,, 🙂

  13. nenny says:

    bagiku yang ga sreg cuma klo ada yg nanya ” kapan nikah”, itu aja..

  14. Rudy says:

    Subhanallah.Tambahin ya kek.Kapan umat islam bisa brsatu,kapan hukum allah di tegakan di muka bumi ini,kapan umat islam mempunyai seorang pemimpin. Wallahu .

  15. Lisa says:

    Terimaksih, Pak. Subhanallah.. 🙂
    menguras air mata..

  16. saissaiz says:

    merinding om.
    terima kasih untuk sharingnya.

  17. feishol says:

    lagi mellow.. jadi sedih inget org yg di sayang.. ORTU sdh gak ada, dan anak2 juga istri ketemu hanya wik end…
    terima kasih ya kek

  18. doel says:

    ijin ngshare k temen2 pak…

    ijin copast d catatan juga…

    makasih pak… inspirasi bagus n motivasi bagus tuk jadi lebih baik esok hari….

  19. Enak dan adem tulisannnya Pak jamil, senang saya jadi bolak balik baca artikel yg sdh Pak Jamil tulis, semjuanya penuh makana yg dalam namun disampikan dlm bhs yg sederhana, Saya jdi tercerahkan kembali Pak Jamil, dan semangat saya utk nulis lagi jdi cling cling lagi hehe..

    renungan yg mantap Pak Jamil dri kata2: Andai tahun ini adalah tahun terakhir kehidupan orang-orang yang saya cintai, apa yang akan saya persembahkan untuknya? Kapan saya akan melakukannya? Kapan? Kapan? Kapan?

    Salam SuksesMulia!

    Doakan semoga saya bisa dan dapat menyelesaikan skripsi saya Oktober ini Pak Jamil, Amiinn 99x 🙂

  20. chie says:

    bikin aq nangis 🙁
    sedih masih blm bs bahagiain org tua..
    semoga target taon ini sy sdh bs membuat beliau” bangga..Amiinn

  21. terima kasih om..

Leave a Reply

Your email address will not be published.