Kalibrasi untuk Move ON

ON.jpg

Salah satu aktivitas yang perlu dilakukan di akhir tahun adalah merancang kehidupan kita di tahun yang akan datang. Anda boleh merujuk kepada buku “Tuhan Inilah Proposal Hidupku” (Gramedia) atau buku “ON” (Mizan). Kedua buku tersebut adalah tulisan saya. Ayo segera beli, ya. Hehehehe…

Di dalam buku “ON”, saya menyampaikan, apabila hidup Anda ingin terus move ON maka Anda perlu menyusun dan melakukan empat ON. Apa itu? Anda perlu punya visi-ON yang menantang. Setelah itu Anda perlu Acti-ON dengan menggunakan skala prioritas dan melakukan aksi-aksi strategis. Dan jangan lupa, acti-ON Anda harus selaras dengan passi-ON Anda. Sebagai makhluk sosial, Anda pun perlu melakukan collaborati-ON dengan berbagai pihak.

Agar Anda benar-benar move ON, saran saya segera lakukan kalibrasi empat ON Anda. Sebab empat ON yang tidak selaras akan membuat Anda tidak move ON bahkan bisa menambah galau.

ON-1

Jamil Azzaini: Tekan tombol ON Anda, sekarang!

Misalnya, visi-ON Anda ingin menjadi pengusaha hebat Indonesia yang menyerap lima puluh ribu tenaga kerja. Faktanya, acti-ON Anda saat ini bukan sebagai pengusaha tetapi masih menjadi karyawan. Maka rasa galau akan mudah hinggap di hati Anda.

Atau, acti-ON Anda saat ini tidak sesuai dengan passi-ON Anda, pasti perasaan galau akan sering datang menggoda. Boleh jadi juga visi-ON dan passi-ON Anda ingin menjadi trainer kelas dunia tetapi acti-ON Anda tidak strategis dan asal-asalan, saya jamin galau akan lebih banyak menguasai hati Anda. Dan celakanya, profesi Anda sebagai trainer tidak move ON alias jalan di tempat.

Begitu pula seorang karyawan yang punya visi ingin menjadi direktur utama legendaris yang bisa membawa perusahaan yang dipimpinnya masuk dalam jajaran 100 perusahaan terbaik dunia. Namun, ia bergaul dan melakukan collaborati-ON dengan orang-orang yang malas dan negatif, maka alih-alaih move ON yang didapat justru galau tak berkesudahan.

Jadi, apabila Anda ingin move ON, lakukan kalibrasi atau selaraskan antara visi-ON, acti-ON, passi-ON dan collaborati-ON. Jangan berharap Anda bisa memenangkan persaingan dan terus move ON apabila keempat hal tersebut tidak selaras.

Hidup itu hanya sebentar, jangan biarkan hidup Anda galau tiada ujung karena tidak selarasnya empat ON tersebut. Segera lakukan kalibrasi, ambil keputusan yang berani dan rasakan kehidupan yang lebih indah untuk Anda nikmati. Buktikanlah…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

12 thoughts on “Kalibrasi untuk Move ON”

  1. ari wijaya says:

    CollaboratiON is one of the key. Thanks in advance, Gurunda Jamil.

    Silih doa selalu.

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes….peluk dari jauh

  2. Ira Damayanti Pohan says:

    Siap kek…
    Saatnya muhasabah dan evaluasi buku Proposal Hidupku..

    Bismillah,2015 akan selalu berusaha tuk menjadi pribadi yang Allah cintai..:)
    Mohon bimbingannya kek

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo wujudkan mimpi-mimpimu

  3. robin says:

    Saya bermimpi, pertama2 bertemu dengan pak jamil azzaini yang mempunyai mimpi2 dan bisa membantu mengembangkan dan mengimplementasikan mimpi itu dalam dunia nyata.

    Cukup 1 jam aja untuk pertama kali.

    Aaamiin.

    1. Jamil Azzaini says:

      Siap…silakan diatur atau hadir di training saya dulu ya

  4. arief Bijak says:

    buku ON & Proposal Hidupku memang legenda sepanjang masa, tiap tahun selalu jadi rujukan utk menyusun resolusi tahun yang baru …. trm kasih pak Jamil, semoga saja saya mampu menghasilkan karya yg melegenda

    1. Jamil Azzaini says:

      Orang bijak taat pajak 🙂

  5. wisnu w. says:

    Kek tanya nih… mau biki usaha tapi saat ini masih jadi karyawan yang pulangnya 3 bulan sekali.. gmana ni solusinya kek

    1. Jamil Azzaini says:

      Bikin bisnis di tempat kerja (tinggal) pasti ada peluang

  6. Nafis says:

    Alhamdulillah…inspiring…trims P.jamil.
    pak, bagaimana cara mengatasi kejenuhan rutinitas pekerjaan usaha kita meskipun itu sesuai passion kita.

  7. Dika says:

    izin copas om 🙂 hihihi

Leave a Reply

Your email address will not be published.