Jauhi Tiga Hal

mentok1.jpg

Apabila karir Anda mentok dan tidak bertumbuh, bisnis berulang-ulang bangkrut bahkan meninggalkan banyak hutang. Padahal, prestasi Anda oke, semua pekerjaan selalu Anda tuntaskan, ilmu dan teori bisnis termutakhir sudah Anda terapkan. Pasti ada sesuatu yang harus Anda benahi.

Selain Anda perlu memperbaiki cara kerja atau cara bisnis yang sudah dijalani selama ini, Anda perlu merenungkan hal-hal di luar itu. Karena ternyata semua yang kita lakukan di muka bumi saling berhubungan. Ibarat tumpukan batu, apabila Anda mengambil beberapa batu maka akan membuat batu yang lain bergerak.

Kata salah satu guru bisnis saya (Coach, Dr. Fahmi) ada tiga hal yang membuat hidup kita susah dan harus dijauhi agar tidak menghambat karir dan juga bisnis. Tiga hal itu adalah: durhaka kepada orang tua, mendzalimi orang lain, tidak berterima kasih kepada kebaikan orang lain.

Orang yang paling berjasa di dunia ini kepada kita adalah orang tua. Karena merekalah kita bisa hidup di dunia. Karena merekalah kita berpeluang menikmati surga. Tanpa mereka kita tidak akan menjadi janin, bayi dan kemudian terlahir ke bumi. Sungguh orang yang tidak tahu diri apabila ada yang tega-teganya durhaka kepada orang tua. Dan memang, orang yang tidak tahu diri tidak layak karirnya melesat dan bisnismya berkembang.

Sementara, tentang mendzalimi orang lain tentu Anda sudah paham bahwa setiap keburukan pasti akan dibalas dengan keburukan. Dan salah satu balasan keburukannya adalah karir yang mentok dan bisnis yang selalu merugi. Apabila Anda ingin mendalami bahasan ini, bacalah di buku Kubik Leadership (Gramedia) dimana saya menjadi salah satu penulisnya. Baca bab Prinsip Alam.

Sedangkan tentang orang yang tidak berterima kasih kepada kebaikan orang lain itu menandakan bahwa orang tersebut kurang peka. Ia kehilangan respect dari orang lain. Ia jarang memberikan apresiasi atas karya dan prestasi orang lain. Ia tak tahu diri. Orang ini pasti menyebalkan. Sehingga sangat wajar bila karir dan bisnisnya tidak mendapat support dari banyak orang.

Semoga Anda tidak termasuk orang yang durhaka kepada orang tua, mendzalimi orang lain dan tidak berterima kasih kepada kebaikan orang lain. Berdoalah untuk dijauhkan dari ketiga hal ini. Berdoa mulai…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

10 thoughts on “Jauhi Tiga Hal”

  1. basith says:

    Alfatihah…. muncul lg yai setelah lama bertapa, sampai 2 yai jamil. Ke bhumi arema saya ngak tau, jd ngk bisa ngincipi gule kaki kambing dan sate kambing yg empuk

    1. Jamil Azzaini says:

      Saya Agustus dn September 6 hari di MAlang

  2. Arif Supriyadi says:

    Terima kasih kakek, Sungguh menjadi bekal buat introspeksi diri…

    1. Jamil Azzaini says:

      Mari…

  3. titi says:

    Berdoa mulai ” Bismillahirahmaanirrakhiim. Ya Allah jauhkanlah hambamu ini dari tiga hal tersebut. Aamiin”

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra…

  4. mumun says:

    Amin ya robbal alamin. saya selalu senang baca blog pa Jamil, tiap hari saya selalu baca dan juga buku2nya. Thanks ya Pa sudah banyak menginspirasi hidup saya.

    1. Jamil Azzaini says:

      Alhamdulillah…doa kan kami ya

  5. Nurul Hidayah says:

    Aamiin .. semoga tidak hanya menjauhi tapi bisa meninggalkannya

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes….aamiin…

Leave a Reply

Your email address will not be published.