Jangan Sepelekan yang Kecil (1)

Bertemu dengan orang bijak pastilah banyak manfaatnya. Di sela-sela kesibukan, saya selalu ingin bertemu sekaligu berguru dengan mereka. Dari merekalah saya mendapat banyak inspirasi dan hikmah-hikmah kehidupan. Salah satu contohnya cerita, “Jangan Sepelekan yang Kecil” berikut ini…

Dahulu ada seorang raja yang memerintahkan kepada setiap rakyatnya untuk membawa satu sendok madu dan dimasukan ke dalam bejana yang telah disiapkan di atas bukit pada malam hari yang telah ditentukan. Semua rakyat menyambut dengan antusias tutah sang raja.

Namun, ada seorang rakyatnya yang nakal, bandel dan juga iseng. “Ah kalau saya membawa satu sendok air khan tidak ketahuan. Rakyatnya banyak dan dimasukkan kedalam bejana malam hari, petugasnya tidak akan ada yang tahu.  Lagian cuma satu sendok tidak akan mempengaruhi koalitas madu,” katanya.

Singkat cerita, seluruh rakyat membawa sendok di malam yang sudah ditentukan termasuk rakyatnya yang nakal dan bandel ini.
Keesokan paginya, sang raja dan semua rakyatnya terkejut karena semua kendi yang disiapkan ternyata berisi air. Rupanya semua rakyat berpikir seperti seorang rakyatnya yang bandel itu. ”Ah kecil, sedikit tidak apa-apa..”

Jangan-jangan bangsa ini juga sedang dihinggapi “penyakit” seperti itu… Para pegawai berpikir, “Ah, nggak apa-apa bolos sebentar saja toh yang lain masih banyak.”  Bayangkan, bagaimana jadinya kalau yang berpikiran seperti itu sejuta pegawai di seluruh Indonesia? Berarti sudah terjadi pemborosan jutaan jam kerja!

Bila kita berpikir, “Ah, tidak apa-apa membuang sampah sembarangan, kan hanya satu kertas tidak akan menimbulkan banjir…” Andai yang berpikir seperti itu adalah seluruh penduduk Jakarta maka sampah akan menumpuk dan menimbulkan sumbatan saluran air dimana-mana, maka banjirpun tak bisa dihindarkan.

Insan SuksesMulia, hindarilah sekecil apapun keburukan yang kita lakukan karena boleh jadi yang kecil itu justru bisa mencelakakan Anda dan kita semua.

Salam SuksesMulia!

Bila manfaat silahkan tulisan ini dishare ke teman-teman Anda.

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter @jamilazzaini

Bagikan:

6 thoughts on “Jangan Sepelekan yang Kecil (1)”

  1. Hari says:

    great inspiring……………

  2. udet says:

    ALhamdulilah…cocok sekali sesuai nasehat aa gym dimulai dari yg kecil, dimulai dari diri kita, dimulai dari sekarang..terima kasih suhu..

  3. Bunda Amy says:

    Kena lagi deeeh.. 🙂

  4. Hari, terima kasih ya. Udet, nasehat memang bisa datang dari mana saja. Bunda Amy, apanya yang kena? he…he…he…salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  5. dian eka says:

    Setuju Oom! 🙂 Minimal kita berupaya tidak menjadi BAGIAN dari penyebab sebuah kesalahan atau masalah.

  6. sunarmin says:

    luar biasa…………..

Leave a Reply

Your email address will not be published.