Jangan Pelit

tetesi-air.jpg

Orang pelit rezekinya sempit. Benarkah? Faktanya, memang tidak semua orang yang pelit kekurangan harta. Bahkan ada orang pelit yang tabungannya terus bertambah. Itu berlaku bagi yang memahami bahwa rezeki itu hanya harta.

Padahal rezeki itu bisa bermakna sahabat, kebahagiaan, pahala, jodoh dan lain sebagainya. Saya yakin, sahabat orang yang pelit lebih sedikit dibandingkan orang yang “care” kepada orang lain. Kebahagiaan hidup orang pelit juga sangat tipis. Termasuk pahala dari sedekah dan meringankan orang lain juga berpeluang sangat rendah.

Dikisahkan, ada seorang yang terkenal pelit luar biasa. Semua hal yang berhubungan pengeluaran uang ia hindari. Bahkan untuk urusan kebutuhan pokok pun bila perlu dapat gratisan, padahah saldo tabungannya sangatlah besar. Ia kaya tapi bermental miskin. Bahkan tak malu ikut antri pembagian bantuan yang seharusnya untuk keluarga miskin.

tetesi air ya

Suatu hari, ketika ia sedang ikut berebut pemberian bantuan kacang ijo di perumahannya, satu butir kacang ijo masuk ke telinganya. Segera ia pergi ke dokter untuk mengeluarkan kacang ijo dari telinganya.
“Wah, ini harus dioperasi dan biayanya mahal, sedikitnya delapan juta rupiah,” kata dokter.

Dasar orang pelit, ia pun bertanya kepada sang dokter, “Ada gak dok yang gratis?” Dokter itu menjawab, “Ada, tapi Anda harus sabar.” Orang pelit ini pun segera berkata “Gak apa-apa dok, yang penting gratis.”

Dokter itu kemudian menjelaskan, “Nah, setiap pagi dan sore, teteskan sedikit air ke telinga Anda. Dalam beberapa hari, kacang ijo itu akan berubah menjadi toge. Setelah itu, tariklah ujung toge itu pelan-pelan.” Hehehehe…

Selamat bekerja, ayo jangan pelit!

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

7 thoughts on “Jangan Pelit”

  1. ali samsudin says:

    kalo saya dokternya, setelah jadi toge jangan dicabut dulu biarkan saja sampai berbuah, menghasilkan uang, dapat juga dibuat bubur kacang ijo. he he he he he

    1. Jamil Azzaini says:

      Pantesan sampeyan gak jadi dokter, hehehe

  2. EventJogja.Com says:

    hehehe, ini kayak cerita jaman anak-anak, klo makan biji buah di perut bisa tumbuh pohon 😀

    1. Jamil Azzaini says:

      Koq kita sama ya

      1. EventJogja.Com says:

        *toss 😀

  3. Yaumil Akbar Firdaus says:

    Orang pelit bukan rejekinya aja yang sempit, tapi otaknya ikut sempit juga gak ya. Hihihi

  4. Irman says:

    Jadi Orang pelit itu bukan identik sama harta ya, tetapi identik sama mental miskin. 🙂 Sukses mulia Kek…

Leave a Reply

Your email address will not be published.