Inspirasi dari Malin Kundang

Safrial GuciSuatu hari Malin Kundang mengajak ibunya untuk berlayar melihat dunia di luar sana. Setelah berlayar beberapa hari, Malin Kundang memanggil ibunya ke dek kapal dan mengatakan:
“Mak, kita akan berlabuh d pulau di depan sana. Kalau sudah sampai di bawah, ambo jalan ka kida. Amak jalan ka suok (saya jalan ke kiri. Ibu jalan ke kanan). Kalau Malin menemukan sesuatu yang menarik, Malin akan panggil amak. Kalau amak menemukan sesuatu, panggil Malin”

Setelah sepakat dengan apa yang disampaikan Malin Kundang, kapalpun merapat ke bibir pantai, lalu Malin Kundang dan ibunya turun. Tanpa mereka sadari, ada 3 pasang mata yang memperhatikan gerak gerik mereka, penuh rasa ingin tahu.

Malin dan ibunyapun berjalan dengan arah berlawanan. Ketika langkah ketujuh, Malin Kundang menemukan sesuatu, lalu iapun memanggil ibunya: “Mak…..siko!”

Karena ibunya tidak mendengar, Malin berteriak lebih keras dan berulang-ulang: “Mak….siko. Mak…. siko”. Mendengar kalimat “Mak-siko” berulang-ulang, penduduk yang tadi bersembunyipun seolah-olah mendapat ide untuk memberi nama pulau mereka dengan “Mak-siko”, yang kemudian dikenal sebagai “Mexico”.

Beranjak dari “Mexico” Malin Kundang melanjutkan perjalanan dengan kapalnya. Karena telah berhari-hari berlayar dan tidak ada fasilitas laundry di kapalnya, Malin Kundang bermaksud mengganti pakaiannya, khususnya pakaian dalamnya.

Kapal langsung di arahkan menuju satu pulau yang memang sudah ramai, karena hari itu adalah hari pasar. Malin Kundang segera menuju ke pedagang pakaian, dan langsung bertanya sbb: “Da, kolor ado? (celana dalam, ada?)”.

Karena tidak juga dilayani, Malin Kundang berulang-ulang menanyakan pertanyaan yang sama. Mendapatkan pertanyaan yang sama bertubi-tubi, si pedagangpun terinspirasi untuk memberi nama pulau tersebut menjadi “Colorado”.

Ya, ini cuma cerita dongeng karangan para tour guide. Namun, ada pembelajaran yang bisa kita ambil, yaitu ide atau inspirasi bisa diperoleh dari manapun. Ketika ide ataupun inspirasi itu diwujudnyatakan, maka akan lebih mudah dikenal oleh banyak orang.

Selamat menginspirasi & menggali ide atau inspirasi, dan kemudian sampaikan inspirasi anda kepada dunia.

Safrial Guci

Bagikan:

3 thoughts on “Inspirasi dari Malin Kundang”

  1. fiu says:

    hehehehe, ada ada saja nih dongengya ….

    bagus, lucu, menarik dan bermanfaat ….

    Salam ,,

  2. Wkwwkwkw Uda .. Uda … ada-ada ajaaa

  3. suratinah says:

    sebelum baca paragraf akhir..mikir dongeng dari mana yaw..kok baru denger…

    tapi keren…joss gandoss..hehehehe

Leave a Reply

Your email address will not be published.