Ini yang Dilakukan Orang-Orang Hebat

@Prihapen_SirDari dulu saya terpesona dan takjub dengan kisah-kisah orang hebat yang sukses secara materi, kekuasaan, keilmuan dan popularitas. Bahkan muncul keinginan menjadi seperti mereka. Rasanya yang mereka capai ketika berada pada puncak kesuksesannya benar-benar menyenangkan dan membahagiakan.

Ya… sangat menyenangkan, setidaknya itu yang ada dalam benak saya. Betapa tidak, semua fasilitas telah mereka miliki, mereka dipuji dan dielu-elukan bahkan sebagian dari mereka telah memberi banyak manfaat bagi orang lainnya secara luas.

Sukses selalu dikaitkan dengan keempat indikator materi, kekuasaan, keilmuan dan popularitas atau dalam istilah Kubik Leadership disebut 4TA-HarTA-TahTA-KaTA-CinTA. Keempat indikator ini pula yang selalu dikejar oleh banyak orang dalam rangka meng-eksistensi-kan dirinya di kancah persaingan dunia.

Orang akan dikatakan sukses jika salah satu atau semua indikator kesuksesan itu dapat diraih dengan baik. Terlepas dari bagaimana cara dia memperoleh dan untuk apa kesuksesan itu dipergunakan. Pada titik ini terlihatlah perbedaan antara orang sukses dan orang hebat.

Apa yang dilakukan oleh orang-orang hebat itu sehingga pantas dikatakan hebat?.
Ada beberapa ciri khas yang selalu dilakukan orang-orang hebat di muka bumi ini. Mereka melakukannya bukan karena dirancang untuk terlihat hebat melainkan ciri-ciri ini telah melekat menjadi karakter yang sangat kuat pada diri orang hebat itu.

1. Prinsip yang kuat.

Prinsip mereka sangat kuat yang selalu diawali dengan visi yang dilandasi oleh konteks moral atau spiritual, dan dalam visi itu selalu tercermin azas memberi manfaat bagi orang lain secara luas. Cara mereka berbicara sangat percaya diri dan memiliki ruh yang kuat yang mengalir secara alami dari dalam qalbunya. Aroma semangat dan antusiasme selalu terungkap dari setiap kata-kata yang terlontar dari mulut mereka.

Guru saya mengatakan mereka berada pada gelombang Betha dan Gamma pada saat-saat seperti itu. Sebut saja Rasululloh Muhammad SAW ketika melakukan khutbah, sangat bersemangat dan sangat berkarakter, tidak seperti khutbah pada umumnya. Atau presentasinya Steve Job yang dibalut aura optimisme dan percaya diri tinggi. Saya juga melihat ciri-ciri ini ada pada orang-orang hebat disekeliling saya dan saya bangga berada didekat mereka.

Prinsip yang kuat ini dibalut juga dengan cara mereka menampilkan diri sesuai dengan aturan moral dan spiritual yang mereka yakini. Karena mereka yakin bahwa mereka akan menjadi contoh bagi orang-orang yang mengikutinya.

2. Rendah Hati

Kerendahan hati (qalbu) menjadi ciri lainnya. Bukan karena ucapan-ucapan menyejukkan saja tetapi mereka sangat jauh dari ‘kejumawaan’, ‘kedigdayaan’. Mereka selalu mengakui kesalahan dan berani meminta maaf dan tidak pernah merasa hebat meskipun mereka memang sangat hebat. Mendengar dan mau menerima hal-hal baik meski dari orang kecil sekalipun.

3. Berbagi

Mereka tidak pernah menghabiskan sendiri apa yang mereka peroleh. Mereka selalu mengejar kesempatan untuk membagi 4TA-nya kepada siapapun yang layak untuk dibagi tanpa perduli apakah disampingnya ada kamera atau tidak. Tanpa perduli apakah akan menambah popularitasnya atau tidak dan tanpa perduli apakah mereka akan bangkrut karenanya.

Coba bandingkan dengan orang-orang sukses yang ada. Jika ketiga ciri di atas melekat pada orang sukses itu, layaklah dikatakan sebagai orang sukses yang hebat. Orang hebat terkadang tidak selalu terlihat sukses, tapi orang hebat sejati memang tidak memerlukan terlihat sukses, karena kehebatan itu tertanam di dalam qalbu. Mereka hanya ingin sukses di hadapan Khaliknya.

Amazing Seventh Sense ……. Harmony to the Truth
@Prihapen_Sir : 0811121561 : Prihapen the Seventh Sense Optimizer

Bagikan:

3 thoughts on “Ini yang Dilakukan Orang-Orang Hebat”

  1. Kang Ebest says:

    Subahanallah, begitulah saya juga ingin seperti mereka agar dapat membahagiakan orang banyak. doakan saya guru.

  2. farid says:

    Semoga saya juga bisa seperti itu, menjadi orang sukses yang hebat. Jazakalloh khoir renungannya kek

  3. Maskatno Giri says:

    inspiring

Leave a Reply

Your email address will not be published.