Indrawan Nugroho, Coach Kelas Dunia

Share this
  • 43
  •  
  •  
  •  
  •  
    43
    Shares
Mas Indra, sebelah kanan.
Mas Indra, sebelah kanan.

Tahun 2004, saya mengenal sosok lelaki bernama Indrawan Nugroho. Saat itu, ia menawarkan kepada saya untuk membantu memberikan training personal development di salah satu perusahaan elektronik. Saya yang tidak punya latar belakang pendidikan training awalnya ragu, tetapi lelaki muda ini bisa meyakinkan saya.

Walau usianya jauh lebih muda, lelaki yang biasa saya panggil mas Indra ini dengan tekun dan sabar melatih saya. Setelah dua tahun saya dicoach oleh beliau, pada awal 2006, saya putuskan meletakan jabatan direktur di sebuah lembaga nirlaba kemudian fokus merintis karir menjadi trainer. Berkat sentuhan tangan dingin alumni Melbourne University dan Magister Psikologi Terapan Universitas Indonesia ini, kini saya sangat menikmati profesi sebagai seorang trainer.

Berguru tak harus kepada yang lebih tua. Banyak anak-anak muda yang hebat, berbobot, berkarakter, cerdas dan memiliki visi yang jelas, salah satunya mas Indra. Oleh karena itu, saya tidak pernah ragu terus berguru kepada lelaki beranak tiga ini. Ilmunya yang berkembang sangat cepat dan dinamis selalu ditularkan kepada saya.

Setiap ia selesai membaca buku dan mengikuti sebuah training, mas Indra selalu menyediakan waktu untuk berbagi kepada saya. Kemampuannya memolakan dan menyederhanakan ilmu yang ia peroleh sangat memudahkan saya untuk memahami ilmu yang ia bagi. Saya selalu merindukan sesi-sesi menyerap ilmu dari coach berbakat ini.

Kemarin, sehari penuh saya bersama para trainer dan fasilitator di PT Kubik Kreasi Sisilain belajar full dengan mas Indra. Kami belajar bagaimana mengemas sebuah training yang bisa memberikan dampak jangka panjang bagi peserta. Kami juga belajar bagaimana menghilangkan kegalauan yang sering muncul pada kehidupan manusia. Dan yang lebih penting kami belajar agar peserta training bisa belajar dari dirinya sendiri tanpa harus “diteriak-teriaki” oleh trainer.

Baca Juga  Lelah yang Wajib

Bukan hanya ilmu seputar training yang saya dapat, sayapun mendapat banyak ilmu kehidupan dari acara itu. Sepanjang perjalanan pulang saya merenung, “Masih banyak hal yang perlu saya benahi dalam hidup, masih banyak hal yang perlu saya sempurnakan agar hidup saya lebih bermakna.” Kesadaran itu saya peroleh dari seorang lelaki yang usianya jauh lebih muda dari saya, mas Indra namanya.

Terima kasih mas Indra, jangan lupa ilmunya ditularkan dan dibagi saat mas Indra menjadi “Juri” di acara Trainer Bootcamp & Contest. Jadwal mas Indra Minggu, 08 Desember 2013, pukul 08.00-12.00 WIB. Ilmumu selalu kami nanti dan dirindukan banyak orang. Mas Indra sangat layak menjadi coach kelas dunia. Beruntung saya bisa mengenal dan belajar darimu. I love you…

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 43
  •  
  •  
  •  
  •  
    43
    Shares

47 comments On Indrawan Nugroho, Coach Kelas Dunia

  • Subhanallah.. salam buat Mas Indra Kek.. 😀

  • ini dua guru hebat saya, mas Indra dan kek Jamil

    jadi inget pas ketemuan di Jogja sama mas Indra, walaupun sudah larut malam dia masih mau nyediain waktu bertemu. Singkat memang waktunya, tapi mas Indra seperti memberikan ilmu seharian. Yang pada akhirnya saya memutuskan ikut Trainer Boot n Camp.

    Saya senang bertemu dengan orang-orang ini. Semoga Allah memberikan perlindungan dan kesuksesan.
    Terima kasih mas Indra dan kek Jamil. Awesome!!!

    Salam SuksesMulia

  • Subhanallaah.. Semoga kek Jamil, mas Indra dan semua diberi keberkahan ilmu ya 🙂

  • princess amanda @holistic_center

    masyaAllah…betapa bahagianya grandpa bs d coach lgs oleh mas indra smp bisa menjadi master trainer seperti skg ini…

    kabitaaaa simkuring teh…

    pengen jadi master trainer juga untuk para muslimah…
    makanya dari skg sy tiap hari memantaskan diri untuk mengejar impian sy tersebut…
    belajar n berlatih terus agar menjadi expert dlm bidang training seperti grandpa jamil…

  • Subhanallah, walaupun sy blm pernah bertemu dgn semua anggota “trisula maut” ini, sy yakin beliau-beliau adalah orang hehat yg dipilih ALLAH di jaman ini. Kalau jaman dl pasti disebut ulama besar, skrg bisa disebut ulama modern.

    Kalau Kek Jamil yg mengaku muridnya pak Indra sj sdh spt itu hebatnya, wah-wah kayak apa yaa coachnya?

    Sy mohon doanya sj Kek, semoga bisa meniru “trisula maut” ini

    Salam hangat dari SOLO

  • Dahulu saat pertama kali melihatnya di SuksesMulia Entertrainment, hanya bergumam dalam hati…”sepasang coach dan isnpirator yang hebat. Andai suatu saat nanti bisa berdekatan, duduk satu meja dan mendengarkan wejangan2 hebatnya yang sarat ilmu serta penuh makna….”

    Ilmu memang harus dicari dan didekati. Sentuhan rasanya pernah saya rasakan kala mas Indra jadi juri di TBnC, super kerON, dahsyat ilmunya. Mudah-2an nanti bisa ikut undangan dan ajakannya buat lanjut ke SMTN.

    Alhamdulillah, gabung di Komunitas SuksesMulia makin mendekatkan dengan mas Indra dan kek Jamil.
    Apa yang terlintas di hati bisa menjadi doa, hingga akhirnya kini serasa makin didekatkan dengan kedua guru hebat saya ini…tinggal bagaimana kesempatan yang ada bisa digunakan dengan arif untuk terus belajar.

    Selamat milad untuk Kubik, salam suksesmulia untuk mas Indra dan kek Jamil.

  • semoga bsk bs ketemu Pak Indra…
    sama2 ada nama Indra di namaku, semoga nasibnya sama menjadi Trainer Kelas Dunia..
    Aamiin…

  • Saya jg beruntung bs mengenal yai jamil meskipun lewat website nya, hubungan guru – murid model jaman IT spt era saat ini tdk menghilangkan subtansi spt dlm kitab ta’lim muta’ allim, saya merasa tercerahkan semenjak berguru kpd yai jamil walaupun lewat website

  • 4 Agustus 2012 pertama kalinya saya melihat langsung 2 Guru HEBAT saya ini. Mas Indarawan Nugroho seorang Intuiting dengan sentuhan tangannya Training SuksesMulia Entertrainment menjadi SANGAT Berkelas. Serta Sang Flamboyan Master Trainer Jamil Azzaini yang karena semua audiens di “ajak” untuk melihat kedalam dirinya sendiri.

    Di hari yang sama saya LANGSUNG daftar WBT (Wanna Be Trainer) asuhan Kek Jamil setelah test STIFIn hasil pemikiran Pak Farid Poniman dan dari situ akhirnya sering bertemu dan belajar dari 2 GURU Hebat saya.

    Terima Kasih Guru, tunggu pembalasan hutang-hutang saya untuk SMTN dan Buku hehehehe.
    Doakan lancar. Semoga Semakin Berjaya PT Kubik Kreasi Sisilain dan semakin SUKSESMULIA

  • Terimakasih Inspirasinya Mas. Betul yang di sampaikan Mas Jamil, dan belajar dari beliau seperti belajar dari lautan ilmu yang tidak pernah kering. Yang disampaikan selalu membumi bukan yang di berada di langit sana. Seperti kemarin, salah satu materi adalah mengenai Neuro Logical Level, tanpa berpikir panjang saya hanya bilang : oh… ini toh maksudnya. Begitu renyah, “lumer di mulut”, dan Mak Nyus….. Terimakasih Mas Indra

  • Semoga Allah memberkahi umur,ilmu dan semuanya dari para guru kita ini. Aamiin…

  • Wah jadi kepengen banget ikut Trainer Boot Camp tapi belum ada rezekinya sekarang mungkin lain kali, saya ingin terus ketemu dengan guru saya mas Jamil dan juga ingin kenalan dengan coach hebat mas Indra, mudah-mudahan di pertemukan Allah SWT dengan mereka suatu saat nanti. Amin.

  • walaupun blm pernah belajar langsung dgn Kek Jamil & coach Indra, saya nilai dari tulisan2 beliau keduanya merupakan insan yg luar biasa. rasanya ingin segera belajar langsung kpd beliau-beliau. Semoga Yang Maha Merencanakan mengijabahi keinginan saya ini.
    Λάmΐΐπ Yάªª Ŕõßßǻl Ąlάmΐΐπ….

    oh ya kek, mohon ijin unt sedikit mengingatkan ya… soal penulisan…
    di paragraf ke-6 kalimat terakhir ada 2 penulisan yg kurang.
    “Keasadaran itu saya peroleh dari seoarang lelaki yang usianya jauh lebih muda dari saya, mas Indra namanya. ”
    “Keasadaran & seoarang” | 🙂

    Salam Sukses Mulia_!!!

    @npindh
    ง^•^ง

  • Benar kata kakek, pak Indra memang luar biasa…..Saya Pertama ikut training kubik sukses mulia bulan juli 2010, Pak Indra juga cocok jadi actor Film…bagus perannya …

  • Ryan Adi Prasetyo

    Semoga saya bisa berkesempatan untuk diajarkan oleh Guru2 kelas dunia seperti kek jamil dan Mas Indra..

    Salam SuksesMulia

  • smoga segera diberi kesempatan untuk bisa belajar dari Mas Indrawan Nugroho dan kek jamil…
    Pengen bisa jadi trainer yang memberikan banyak manfaat untuk sebanyak mungkin orang…
    Salam Sukses Mulia…

  • saya juga termasuk yg ikut senang bisa sempat bersentuhan beberapa jam dengan beliau, Kek… intuisi saya juga mengatakan : ini orang bisa dijadikan sparing patner bagi siapapun yg pengen maju… Salam ya KEK! pengennya sih hadir di Bogor, tapi apa daya, sampai pertengahan Desember saya masih ada tugas menseleksi gadis-gadis bermata jeli di Turkey… Sukses buat TbnC, saya Kangen suasana itu, suasana yg selalu mengHebatkan sepanjang hari, selama tiga hari full… sungguh KerON!

    • Mas, kerjaannya koq jalan-jalan ke luar negeri melulu. Kapan cari istrinya? Mau cari gadis Turkey? Hehehe. Kangen mas. Walau dirimu “brutal” saya selalu ingin dapat ilmu darimu. Salam SuksesMulia

      • maaf Kek, cucumu tidak bisa ngasih ilmu. paling ngasihnya ngasih bahagia, itu pun kalo Kakek mau. kalau enggak juga nggak papa… *soal gadis Turkey masih diseleksi Kek, ya paling tidak dapetnya yang bau Turkeylah, yang Turkey tapi di Australi juga nggakpapa, hihiii… *insyaallah, Mei tahun depan ASA mau saya gondol kemana-mana buat jadi guide selama di Jerman dan Swiss.. udah saya bilangin: jangan sampai kuliahmu mengganggu acara jalan-jalan dan memperkuat networkingmu, Sa… jalan-jalan dan network, yakinlah, itu lebih penting dari kuliahmu… semoga saja dia Percaya, Kek dengan kata-kata itu… tapi tampaknya percaya deh! xixixix…

  • Mas Indra dan Mas Jamil memang dua guru yang luar biasa. Dengan Mesin Kecerdasan yang berbeda masing-masing mempunyai kekuatan-nya sendiri. Yang satu muncul dengan ide-ide segar dan ‘wizard style’ -nya nan menyihir, yang satunya lagi muncul dengan Story Telling-nya yang mengaduk-aduk perasaan. dan jika digabungkan, hasilnya Top Markotop. Kehadiran keduanya selalu dinantikan.

  • Indrawan Nugroho

    Maaf baru komentar sekarang. Kemarin2 lagi fokus nimba ilmu jadi putus hubungan sementara sama internet. Terima kasih Mas Jamil atas tulisannya. Sungguh saya merasa tidak pantas disebut sebagai guru oleh Mas Jamil. Saya yang justru berguru dengan Mas Jamil sejak 2003. You have inspired me so much. You help me shape who I am today. Truly.

    Seorang guru yang terus merendahkan hatinya seperti Mas Jamil pantas disebut sebagai maha guru. Bukan karena dia yang serba tahu. Namun karena dia adalah cawan ilmu yang terbuka lebar. Layaknya pengembara gurun yang haus mencari kalam ilahi. Menyerap, menangkap dan mengundang ilmu masuk ke dalam bejana kearifan dirinya yang luas. Dari mana saja. Dari siapa saja. Teruslah menginspirasi, gurunda. Saya bangga bisa menyebut Mas Jamil sebagai sahabat saya. I Love you. We all love you! Always.

  • Allhamdulillahirobbilalamin saya dapat masukkan langsung dari 2 guru ini Pak Indra dan Kek Jamil, saya merasakan semakin jelas untuk memperbaiki diri dan mengejar passion saya sebagai trainer, mohon bimbingan selanjutnya dari Kek Jamil agar impian untuk berbagi dan bermanfaat ini menjadi kenyataan, salam sukses mulia

  • saya ingin belajar langsung dgn mas jamil dan mas indra, Insya Allah ikut Program SMTN

  • Wah… Salut dengan mas Indra, kalau di twitter yg @indrakubik itu ya?

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer