Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Maju

Share this
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

Chairman McKinsey Global Institute, Raoul Oberman mengatakan, Indonesia berpotensi menjadi negara maju pada 2030. Dan salah satu faktanya yang mendukung adalah 60 persen pertumbuhan ekonomi ditopang oleh peningkatan produktivitas.

Menurut Raoul, Indonesia memang memiliki waktu yang panjang untuk bisa menjadi negara maju. Jika diproyeksikan menjadi negara maju pada 2030, Indonesia perlu waktu 85 tahun untuk bisa menjadi negara maju.

Apalagi diperkirakan Indonesia akan melewati puncak dari bonus demografi antara tahun 2030-2045.

Meskipun bonus demografi berpotensi menjadikan Indonesia menjadi negara yang maju, tapi apakah MUNGKIN kita bisa memanfaatkan bonus demografi ini dengan baik?

Dapatkah kita mengoptimalkan bonus demografi ini agar bonus demografi benar-benar menjadi bonus bagi Indonesia dan bukan malah bencana?

Menurut dari HSBC Global Research, adanya bonus demografi membawa dampak yang positif bagi Indonesia. Salah satunya adalah meningkatnya minat investasi asing ke Indonesia.

Sebuah negara yang mengalami bonus demografi akan mengalami kemajuan di segala bidang terutama dalam bidang ekonomi. Ini bisa kita lihat dari sejumlah negara, seperti Tiongkok, Korea Selatan dan juga Thailand.

Sayangnya berbagai persoalan seperti kenakalan remaja, pergaulan bebas dan hingga tawarun sekolah seperti tidak ada habis-habisnya. Bahkan angka pengangguran sangat signifikan pasti naik tiap tahunnya. 😊

Ini bisa menjadi BUMERANG bagi bangsa ini. Bonus demografi ini justru akan menjadi ledakan yang SUPER EKSPLOSIF, yang membuat kemunduran Indonesia.

Untuk menyiapkan generasi yang berkarakter, percaya diri dan kompetitif, tak cukup hanya mengandalkan aktifitas pendidikan formal dalam kelas. Justru pendidikan informal dapat mempengaruhi mental anak dan remaja. Biasanya aktifitas pendidikan informal yang di disain konsep yang matang, terbukti melahirkan remaja yang percaya diri dan punya nyali untuk bersaing dan bertumbuh sesuai potensinya.

Baca Juga  Belajar dari Pohon Bambu

Tentu pendidikan informal tak bisa di bebankan pada sekolah dan pemerintah saja.

Sebuah program yang sudah teruji, melahirkan alumni-alumni yang mandiri dan berkarakter tumbuh sesuai potensinya. Program ini dinamakan SpeakToChangeForTeens. Melalui training public speaking, siswa akan makin percaya diri dan siap untuk menghadapi tantangan apapun.

Program ini tidak hanya diminati dalam kalangan public saja. Banyak institusi pendidikan, sekolah dan perusahaan level nasional yang mempunyai program CSR sangat meminati program ini.

Dan faktanya Speak To Change For Teens, bisa diselenggarakan di sekolah-sekolah manapun berdampingan dengan aktifitas pendidikan formal. Bila Anda berminat mengadakan Speak To Change For Teens silakan kontak di no 0812 1632 0707 dan 0812 9032 0101 atau kunjungi website www.AkademiTrainer.com

Siapapun di negeri ini, pasti berharap Indonesia bisa menjadi negara maju. Kuncinya tak hanya mengandalkan sumber daya alam saja, tapi justru menyiapkan generasi yang kuat, mandiri, kreatif dan siap bersaing. Setuju?

Dian Dwi Ariandoko
tim sosmed Akademi Trainer


Share this
  • 5
  •  
  •  
  •  
  •  
    5
    Shares

1 comments On Indonesia Berpotensi Menjadi Negara Maju

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer