Impaction

leader.jpg

Punya jabatan di tempat kerja diimpikan oleh banyak orang yang sehat jiwanya dan punya semangat membara. Namun, sayangnya, banyak sekali orang yang punya jabatan justru stres dan akhirnya jabatan yang disandangnya menambah beban dalam kehidupannya. Jabatan supervisor, leader, kepala, manajer atau apaun namanya bukannya membuat mereka bahagia tetapi malah membuatnya menderita.

Di era distruptive saat ini, dimana perubahan begitu cepat dan sulit diduga, seorang leader wajib mampu menggerakkan timnya. Kata kunci yang perlu ditanamkan kuat dalam benak dan hatinya adalah Impact dan action –saya singkat menjadi impaction. Apapun yang dilaukan seorang pemimpin wajib memberikan impact bagi kinerjanya dan mendorong anggota timnya untuk melakukan action.

Sesuatu yang tidak menimbulkan impaction, tinggalkan atau abaikan. Terlalu berat untuk memenangkan persaingan apabila kita terlihat sibuk namun ternyata sibuknya tidak ber-impact bagi peningkatan kinerja. Sibuknya seorang pemimpin wajib memberikan dampak positif bagi dirinya, timnya dan perusahaannya.

Di era distruptive, kolaborasi adalah suatu kewajiban dan menjadi sangat prioritas untuk dilakukan. Titik awal kolaborasi terbaik dengan siapapun diawali dari kemampuan seorang pemimpin mampu menggerakkan timnya untuk melakukan action yang ber-Impact secara bersama. Ibarat kereta api, yang menjadi gerbongnya bukan hanya pemimpinnya tetapi setiap anggota tim menjadi gerbong yang bisa menggerakkan kereta.

Sumber kebahagiaan seorang pemimpin adalah apabila yang mereka lakukan memberikan dampak (impact) positif bagi peningkatan kinerja sekaligus menggerakkan anggota timnya untuk melakukan action yang juga memberikan impact.

Impaction adalah kata yang perlu diinstal ke dalam pikiran, hati dan sanubari seorang pemimpin apabila pemimpin tersebut ingin pengaruh kepemimpinannya terus meningkat, menjadi pemimpin yang bahagia, dicintai anggota timnya, energi timnya semakin membara dan tentunya semakin mudah mewujudkan target yang sudah ditetapkan.

Bukan hanya target tercapai namun tercapainya dengan cara yang menyenangkan dan jauh dari perasaan tertekan. Segera install kata impaction ke dalam diri Anda, khususnya bagi Anda yang kini menjadi pemimpin. Mau? Segera lakukan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

Leave a Reply

Your email address will not be published.