Ikan Busuk

ikanbusuk.jpg

Penggemar ikan tentu tahu bila di dalam keranjang ada satu ikan yang sudah busuk dibiarkan, maka akan menularkan aroma busuk kepada ikan yang lainnya. Segera buang atau pisahkan ikan busuk itu agar tidak merugikan pemilik ikan.

Begitu pula dalam kehidupan umat manusia, kebusukan akan cepat menyebar ke berbagai kalangan. Oleh karena itu, jangan jadi ikan busuk saat kita berada dalam suatu perusahaan, komunitas atau tim. Ingatlah “kebusukan” Anda dampaknya bukan hanya untuk Anda tetapi bagi orang-orang di sekitar Anda. Kebusukan itu menular dengan sangat cepat.

Kebusukkan dalam kehidupan sehari-hari muncul dari ucapan dan tindakan seseorang yang kotor dan negatif. Dan uniknya, penyebar kebusukan sebagian besar biasanya miskin prestasi, jarang mencapai target dan tidak perform dalam pekerjaannya. Sekali-kali boleh iseng ngomong kepada sumber “kebusukan” khususnya saat ia datang ingin mempengaruhi Anda, “Pasti belum punya prestasi hebat, ya?”

Ikan busuk itu tak ada harganya, kalaupun ada, pasti sangat murah. Ikan busuk bukan untuk dikonsumi manusia. Bahkan, sebagian binatang pun enggan mengkonsumsinya. Seseorang yang menjadi “ikan busuk” dalam kehidupan juga harganya murah dan sulit untuk naik derajat hidupnya.

Jangan jadi ikan busuk di kantor.
Jangan jadi ikan busuk di lingkungan Anda.
Jangan jadi ikan busuk dimanapun dan kapanpun.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

10 thoughts on “Ikan Busuk”

  1. mas shohib khan says:

    siiaaaappp…mas jamil…
    makasih udah di ingatkan…

    1. Jamil Azzaini says:

      Siip, silakan disebafluaskan 🙂

  2. singgih says:

    Betul banget. Ikan jadi busuk karena mikroba berbahaya. Kl dikonsumsi jadi penyakit yang bisa sampai mematikan. Kl ada orang bermental ikan busuk, pada dasarnya hanya menularkan penyakit yang bisa mematikan hatinya dan orang yang ditulari/tertular

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes, mari jauhi…

  3. CECEP SAPRUDIN says:

    KerON …… Ga mau ah jadi ikan busuk. Mambu.

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo cari ikan segar….

  4. Jussie says:

    Kami biasa mengumpamakan ‘ikan busuk’ ini seperti kepiting rebus.
    Bila kita melihat kepiting yang dimasukan dalam bak plastik, setiap kepiting yang naik untuk meloloskan diri akan selalu ditarik oleh temannya yang masih dibawah. Begitu terus dan tidak ada satu kepiting pun yang berhasil keluar dari bak. Alhasil, semua kepiting akan direbus/dimasak.
    Bila ada yang menghentikan semangat kami, yang ‘gembosi’ pikiran positip dsb, kami anggap mereka sebagai kepiting rebus.. dan setan adalah kepiting rebus yang nyata.. hehehe

    1. Jamil Azzaini says:

      Ilustrasi yg kerON ….

  5. Princess amanda Hypnotherapy says:

    STOP jadi ikan busuk….!
    jadi ikan gurame aja yukz…hehe

    1. Jamil Azzaini says:

      Ikan hias lebih menghibur …. 🙂

Leave a Reply

Your email address will not be published.