Idola

FazarFirmansyah-TP-251013Pemahaman saya, dalam proses belajar mengajar. Agar kita tergerak melakukan sesuatu, ada kalanya kita membutuhkan inspirasi. Bahasa lainnya adalah tauladan. Inspirasi atau tauladan sangat diperlukan, untuk memudahkan dalam transfer ilmu.
 
Dalam sebuah organisasi sosial ataupun organisasi perusahaan. Inspirasi sangat diperlukan untuk menjaga nilai-nilai dalam organisasi itu, atau lebih dikenal sebagai budaya organisasi. Budaya organisasi menjadi salah satu bagian yang penting . Karena jatuh dan berkembangnya organisasi, itu tergantung apakah budaya organisasi itu benar-benar diterapkan dengan sungguh-sungguh atau tidak. Disinilah peran dari inspirasi atau tauladan diperlukan.
 
Demikian pula dalam kehidupan di masyarakat. Inspirasi menjadi proses pendidikan yang alamiah. Tatkala di dalam masyarakat, ada tokoh idola yang mampu memberikan contoh (inspirasi) kebaikan, secara naluriah sebagian masyarakat yang mengidolakannya akan berbondong-bondong ikut melakukannya.
 
Namun sayangnya dalam prakteknya, tidak semuanya inspirasi itu sejalan dengan kebaikan. Tatkala tokoh idola melakukan perbuatan yang melanggar agama atau bertindak jahat. Tindakan ini sebenarnya akan menginspirasi sebagian orang untuk meniru dan bertindak layaknya dia seperti sang idola.
 
Sebagian stasiun televisi biasanya memanfaatkan ini untuk mengeruk keuntungan. Tanpa melihat efek jangka panjang bagi pendidikan di masyarakat. Maka tontonan televisi biasanya mengeksploitasi supaya ratingnya naik.
 
Berhati-hatilah dalam mengidolakan orang. Sebatas mengagumi tidaklah salah. Yang salah adalah meniru tindak tanduk yang jelas-jelas salah menurut agama.
 
Carilah idola yang menurut Anda mampu menggugah Anda untuk lebih banyak melakukan kebaikan. Tapi bukan meniru dari kekayaaan dan status sosial yang dimilikinya. Idola bisa saja dari orang terdahulu, yang mampu membangun masyarakat lebih bermatabat. Bukan pengaruh kekuasaannya, tapi nilai-nilai kebaikan yang diajarkannya.
 
Hebat atau tidaknya Anda di masa depan, hal itu juga tergantung siapa idola yang saat ini Anda pilih.
 
Tulisan dikirim oleh Fazar Firmansyah

Bagikan:

6 thoughts on “Idola”

  1. Betul mas Fajar, saat ini pelajar pada khususnya dan masyarakat luas pada umumnya kehilangan tauladan, seorang tokoh apakah itu pejabat publik atau tokoh agama yang seharusnya memberikan teladan baik justeru memberikan teladan buruk, seperti korupsi, selingkuh, dll. Mestinya para tokoh itu sadar manakala menjadi ispirator keburukan maka dia akan juga mendapat dosa sebagaimana orang lain melakukan dosa, tanpa berkurang sedikitpun. Dan sebaliknya manakala menjadi inspirator kebaikan maka dia mendapat pahala sebagaimana orang melakukannya tanpa berkurang pahalanya sedkitpun. (Al Hadist). Salam kenal mas Fajar.

  2. Sebaik-baik idola adalah Muhammad rasulullah shalallahu ‘alahi wasallam. Semoga kita bisa meneladai beliau dan orang-orang meneladaninya..

  3. princess amanda @holistic_center says:

    yupz sebaik2 idola adala Rasulullah Saw,para sahabat dan sahabiyah serta Ummahatul mu’minin dan my parents

    jika mengidolakan tokoh atau inspirator di masa kini…idolakanlah ilmu aja…jadi ketika idola berbuat salah qt ga akan kecewa2 banget..
    secara idola jg manusia biasa yg tak luput dari salah dan khilaf…tar pas idolanya berbuat salah dikit aja lgs dech di kritik habis2an tanpa tabayyun terlebih dahulu…

    sy juga mengidolakan guru expert,guru spritual dan guru kehidupan…tapi hanya sebatas mengidolakan ilmunya saja atau mgk kisah hidupnya yg sarat makna buat kehidupan..

    skg ini bukan cuma artis atau bintang film yg jd idola…tp inspirator atau ustadz pun sgt di idolai…setidaknya jika mengidolai inspirator dan ustadz banyak hikmah dan pelajaran berharga yg bs kita ambil untuk menjadi bekal qt berbuat kebaikan menuju hidup SuksesMulia…

  4. BisnisBajuYuk says:

    Berilah teladan dengan perbuatan bukan perkataan,sebab orang lebih melihat apa yang kita lakukan daripada apa yang kita katakan…

  5. mantap jaya…
    Peran orang tua d rumah sangat pengaruh dg hal ini yg d khususkn unt pelajar atau pemuda..

    pemuda skg pemimpin masa depan..

  6. Setiadi Whe says:

    Syukron, bener banget mas, idola memang harus orang yang tepat agar hidup kita bisa jadi lebih bermanfaat…

    Semoga diri yang lemah ini senantiasa mengidolakan Rasululloh sebagai teladan terbaik untuk terus memberikan manfaat…

    Salam Sukses Mulia

Leave a Reply

Your email address will not be published.