Hindari 5 Kesalahan Membuat Slide Presentasi yang Menyiksa Audiens

AmazingSlide QuoteDalam mempresentasikan materi dengan slide presentasi, ada baiknya artikel berikut Anda simak. Menurut buku Presentation Zen, 95% presentasi di dunia membosankan, salah satunya adalah karena tampilan slide presentasinya. Berikut saya akan mencoba menyampaikan 5 kesalahan dasar slide presentasi, sehingga kita tidak melakukan kesalahan yang sama berulang-ulang.

Mengapa saya perlu tunjukkan? Karena terkadang untuk mengoreksi diri, kita perlu melihat sendiri seperti apa kesalahan kita. Berikut adalah contoh kesalahan dasar slide presentasi yang harus kita hindari :

1. Terlalu banyak teks.
Tampilan slide presentasi adalah untuk audiens. Slide presentasi membantu audiens untuk memahami pesan yang Anda sampaikan.

Slide presentasi bukan alat yang Anda gunakan untuk mengingat-ingat materi presentasi Anda, lalu dengan alasan takut lupa, Anda menempatkan semua teks di slide presentasi. Ingat, jika Anda menempatkan semuanya dalam slide dengan alasan semuanya penting, maka tak ada satupun yang penting dari presentasi Anda.

2. Perpaduan warna yang menyiksa
Slide itu tampilan visual, sama seperti televisi dan layar bioskop. Tentu yang diutamakan adalah perpaduan warna yang membuat mata nyaman. Slide dengan perpaduan warna yang buruk, selain tidak nyaman untuk mata, juga membuat audiens kesulitan membaca pesan Anda.

3. Font yang susah dibaca
Pengen presentasi yang artistik dan indah boleh-boleh saja, namun perhatikan juga audiens Anda. Pastikan mereka bisa membaca pesan Anda di slide. Font yang terlalu kecil atau terlalu besar adalah kesalahan dasar slide presentasi. Demikian pula font yang terlalu artistik dengan lengkungan disana-sini.

4. Terlalu banyak bullet point
Bullet point sengaja dibuat supaya audiens memahami dengan detail poin penyampaian Anda. Tapi jika terlalu banyak, semakin banyak pula poin penyampaian yang hilang dan semakin susah diingat. Selain itu terlalu banyak bullet point membuat slide Anda jadi padat.

5. Terlalu banyak data
Variabel data memang penting untuk ditampilkan dalam slide, tapi secukupnya saja. Jika data Anda terlalu banyak, akibatnya font kian kecil dan makin susah dibaca. Apa akibatnya jika slide Anda susah dibaca?

Ya, audiens akan mengabaikannya. Di artikel ini saja, saya hanya menyampaikan 5 hal, karena saya yakin 5 hal ini bisa Anda ingat. Coba jika saya tulis 30 kesalahan dasar slide presentasi, tentu Anda juga ogah membaca artikel ini.

Nah, bilamana Anda ingin mempresentasikan Slide lebih bisa berbicara. Cobalah perbaiki slide Anda. Buku Amazing Slide Presentation akan membantu Anda merevolusi slide Anda lebih hidup, materi lebih mengena dan tidak membuat mengantuk audiens Anda.

Dapatkan Amazing Slide Presentation dengan mudah cukup follow @AsaTokoBuku atau kontak di 0878 533 688 52 / invite 27D 43 ECF / email: AsaBuku@gmail.com / AsaBuku.com

(sumber: dhonyfirmansyah.com)
Bagikan:

One thought on “Hindari 5 Kesalahan Membuat Slide Presentasi yang Menyiksa Audiens”

  1. Dani Maulana says:

    Ijin Share yah Kek, untuk teman seangkatan yang mau sidang skripsi.

Leave a Reply

Your email address will not be published.