Hiduplah Setiap Jam

timemanajemen.jpg

Saya pernah datang ke guru kehidupan saya dan bertanya, “Guru, bagaimana caranya supaya saya tidak melakukan banyak dosa?” Lelaki itu terdiam dan kemudian balik bertanya kepada saya, “Adakah manusia biasa seperti kita yang selama hidupnya tidak berbuat dosa? Saya jawab, “Tentu tidak ada guru. Setiap orang selama hidup pasti pernah berbuat dosa.”

Sang guru melanjutkan pertanyaan kepada saya, “Adakah orang yang dalam satu tahun tidak berbuat dosa?” Saya pun kembali menjawab, “Tentu tidak ada guru.” Dan guru saya pun bertanya lagi, “Adakah manusia yang dalam satu bulan tidak berbuat dosa? Dengan rasa hormat saya menjawab, “Rasanya tidak ada guru.”

Ketika itu saya membatin, saya datang mau bertanya kok justru saya yang banyak ditanya. Saat lamunan itu datang, tiba-tiba guru saya bertanya lagi, “Bisakah dalam satu pekan kamu tidak berbuat dosa?” Saya menjawab, “Itu rasanya susah buat saya guru. Selalu ada saja dosa yang saya lakukan.”

Dengan cepat guru saya mengajukan pertanyaan susulan, “Bisakah dalam satu hari kamu tidak berbuat dosa?” Untuk pertanyaan ini, saya menjawabnya agak lama “Rasanya yang ini pun berat guru. Selalu saja ada dosa yang datang menggoda.”

Setelah menarik nafas, guru saya mengajukan pertanyaan lagi, “Bisakah dalam satu jam kamu tidak berbuat dosa?” Dengan mantap saya jawab, “Kalau yang ini, in sya Allah, saya bisa guru.” Dan guru saya tersenyum sembari berucap, “Mulai sekarang, hiduplah dari satu jam ke jam berikutnya. Tetap beraktivitas dan tetap tanpa dosa. Bisa, kan?”

Pertanyaan beruntun dari guru kehidupan saya bukan hanya menyadarkan saya tentang kehidupan. Tetapi juga menyadarkan saya tentang begitu berharganya waktu. Tak boleh ada jam yang sia-sia karena ternyata kita hidup dari satu jam ke jam berikutnya.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

4 thoughts on “Hiduplah Setiap Jam”

  1. Ali samsudin says:

    jam jam tertentu bisa menjaga dari dosa, jam yang lain kadang alpa. maaf saya tidak nawar lo kek, saya manusia yg selalu #belajar istiqomah

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehe

  2. Titik Asmurah says:

    Suka sayanya dengan tema hari ini “manajemen waktu” sehingga tiada detik yang tersia..
    P Jamil dari blog inilah saya mengenal STIFin ..dan ALhamdullillah tgl 27/09/2015 saya ikutan Workshop STIFin level 1 Di Batam dan ketemu langsung dengan besannya P jamil lho …dan lulus WSL 1 ( MK saya Fe).
    next pingin ikutan Event P.JA…Aaminn mohon doanya.

    1. Jamil Azzaini says:

      Kita sama-sama Feeling ya

Leave a Reply

Your email address will not be published.