Harmoniskan Keluarga Anda

harmoniskan.jpg

Saya merasa sangat senang apabila ada sahabat saya yang berkenan menginap di rumah sederhana saya. Tadi malam seorang sahabat yang sekaligus murid dan guru saya, mas Among Kurnia Ebo, menginap di rumah saya. Dia menjadi guru karena saya dan keluarga besar saya banyak yang belajar bisnis kepada beliau. Mas Among menjadi murid saya karena ia salah satu alumni Akademi Trainer.

Kami diskusi hingga pukul 11 malam kemudian dilanjutkan usai sholat Subuh hingga saya menulis tulisan ini. Saya mendapatkan ilmu-ilmu menarik dari hasil diskusi dengan mas Among. Salah satunya tentang ilmu bagaimana membuat suatu keluarga menjadi harmonis. Ilmu ini penting saya bagi hari ini, karena sebentar lagi anak-anak banyak yang liburan panjang.

Setidaknya ada 3P agar keluarga harmonis. Pertama, Plan together. Masing-masing anggota keluarga perlu merancang dan merencanakan hidupnya yang kemudian dipresentasikan atau didiskusikan dalam keluarga. Tugas anggota keluarga yang lain memberi masukan dan dukungan. Selain itu, suatu keluarga juga harus memiliki rencana keluarga bersama yang memberi kesempatan kepada masing-masing anggota keluarga untuk bertumbuh.

Kedua, Play together. Sesibuk apapun masing-masing anggota keluarga, harus ada waktu untuk bermain bersama. Salah satu waktu yang cocok untuk bermain bersama adalah saat liburan sekolah. Jangan sampai saat liburan sekolah anak-anak waktunya habis untuk dirinya sendiri apalagi hanya dikirim ke rumah kakek-nenek tetapi orang tuanya tidak ikut, terlalu.

Ketiga, Pray together. Perlu juga diciptakan moment-moment berdoa bersama. Secara bergantian anggota keluarga memimpin doa untuk anggota keluarga. Jangan lupa juga membiasakan mendoakan orang lain, baik dari yang mencintai keluarga kita hingga yang membenci sekalipun. Kebiasaan ini akan mengajarkan kepada anggota keluarga bahwa hidup kita sangat tergantung kepada Allah SWT.

Suatu keluarga yang meninggalkan salah satu “P” diatas kemungkinan akan sering mengalami disharmoni sehingga menurunkan kadar kebahagiaan.

Ayo duduklah sejenak, buatlah rencana kapan Anda akan melakun plan, play dan pray together. Jangan tunda-tunda lagi. Mulailah hari ini juga. Mau, kan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

20 thoughts on “Harmoniskan Keluarga Anda”

  1. lila says:

    terima kasih banyak sharing ilmunya kek, siap dipraktekkan, ternyata untuk menciptakan keluarga yg harmonis itu harus banyak belajar.

    1. Yes, belajar sampai mati

  2. Imat Ni'matullah says:

    Subhananllah….mantappp….

  3. Mau kek…yes..dimulai sekarang

  4. ali samsudin says:

    thanks together grandpa

  5. hermansyah says:

    Trimakasih kek jamil ats ilmunya. Harus dimulai hari ini juga. Utk mas Among, salam kangen mas,kpn buat seminar lg di Pekanbaru.

    1. pekanbaru 22-23 januari 2015

  6. ini pernah juga d share pada kuliah klathak , kek..

    kerON..

    1. Bagi dong satenya 🙂

  7. marsha says:

    Terimakasih pak jamil .saya sangat terbantu dengan artikel ini.mengingatkan saya akan penting nya 3P.

  8. Ivan says:

    siap dilaksanakan kek

  9. EventJogja says:

    rumus 3P, mau banget diterapkan kelak klo sudah berkeluarga, makasih ilmunya om ^^

  10. mhd husni tarigan says:

    Terimakasih ilmu pagi ini kek.

  11. Semoga yang masih Jomblo disegerakan Menikah… 😀

    1. Semoga diberanikan 🙂

  12. makasih Kek, atas penerimaan dan diskusinya yang hangat….
    yang pasti karena di kompleks itu banyak sekali paud, tk, sd, dst BocahShop masih punya harapan besar untuk menjadi sentra pencarian para orangtua yg hendak mencari kebutuhan busana anak-anaknya… asalkan sering-sering mau ngebOm isu menarik aja.. pasukan mas Anwar bisa dimanfaatkan untuk muter pada jam-jam ibu-ibu jemput anaknya ke sekolah-sekolah… minimal dengan dengan berhadiah ikut seminar On untuk 3 pembeli yang beruntung yang diundi setiap enam bulan sekali…. semoga dengan begitu bocahshop menjadi lebih different… salam buat si Gaul ZulfikaR, semoga kelak menjadi anakmuda yang kerON! amiinnn

    1. Jangan kapok nginep di rumahku ya mas 🙂

  13. basirun says:

    kewajiban OT:
    1. memberi nama yang baik,
    2. mengajari adab (tata krama)
    3. memberi rizqi halalan toyiban
    4. menikahkan anak

  14. Iwan suwandi says:

    Menginspirasi sekali… Mantabbb, thank’s.

Leave a Reply

Your email address will not be published.