Harmoniskan Keluarga Anda

Share this
  • 92
  •  
  •  
  •  
  •  
    92
    Shares

Saya merasa sangat senang apabila ada sahabat saya yang berkenan menginap di rumah sederhana saya. Tadi malam seorang sahabat yang sekaligus murid dan guru saya, mas Among Kurnia Ebo, menginap di rumah saya. Dia menjadi guru karena saya dan keluarga besar saya banyak yang belajar bisnis kepada beliau. Mas Among menjadi murid saya karena ia salah satu alumni Akademi Trainer.

Kami diskusi hingga pukul 11 malam kemudian dilanjutkan usai sholat Subuh hingga saya menulis tulisan ini. Saya mendapatkan ilmu-ilmu menarik dari hasil diskusi dengan mas Among. Salah satunya tentang ilmu bagaimana membuat suatu keluarga menjadi harmonis. Ilmu ini penting saya bagi hari ini, karena sebentar lagi anak-anak banyak yang liburan panjang.

Setidaknya ada 3P agar keluarga harmonis. Pertama, Plan together. Masing-masing anggota keluarga perlu merancang dan merencanakan hidupnya yang kemudian dipresentasikan atau didiskusikan dalam keluarga. Tugas anggota keluarga yang lain memberi masukan dan dukungan. Selain itu, suatu keluarga juga harus memiliki rencana keluarga bersama yang memberi kesempatan kepada masing-masing anggota keluarga untuk bertumbuh.

Kedua, Play together. Sesibuk apapun masing-masing anggota keluarga, harus ada waktu untuk bermain bersama. Salah satu waktu yang cocok untuk bermain bersama adalah saat liburan sekolah. Jangan sampai saat liburan sekolah anak-anak waktunya habis untuk dirinya sendiri apalagi hanya dikirim ke rumah kakek-nenek tetapi orang tuanya tidak ikut, terlalu.

Ketiga, Pray together. Perlu juga diciptakan moment-moment berdoa bersama. Secara bergantian anggota keluarga memimpin doa untuk anggota keluarga. Jangan lupa juga membiasakan mendoakan orang lain, baik dari yang mencintai keluarga kita hingga yang membenci sekalipun. Kebiasaan ini akan mengajarkan kepada anggota keluarga bahwa hidup kita sangat tergantung kepada Allah SWT.

Baca Juga  Mengembangkan Karir

Suatu keluarga yang meninggalkan salah satu “P” diatas kemungkinan akan sering mengalami disharmoni sehingga menurunkan kadar kebahagiaan.

Ayo duduklah sejenak, buatlah rencana kapan Anda akan melakun plan, play dan pray together. Jangan tunda-tunda lagi. Mulailah hari ini juga. Mau, kan?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 92
  •  
  •  
  •  
  •  
    92
    Shares

20 comments On Harmoniskan Keluarga Anda

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer