Hal Kecil Membuat Happy

syukur.jpg

Mensyukuri sesuatu yang besar itu biasa. Sungguh terlalu bila kita mendapatkan sesuatu yang besar dan berarti tapi tidak bersyukur. Bisnis lancar, keluarga harmonis, keuangan berlimpah, mampu menolong orang, badan sehat, iman yang terjaga adalah contoh sesuatu yang besar yang perlu disyukuri.

Namun, agar kita terbiasa mensyukuri yang besar, mulailah dan berlatihlah mensyukuri semua kebaikan yang kita terima walau terlihat kecil. Saya sangat merasakan, semakin saya mensyukuri sesuatu yang terlihat kecil, saya semakin merasa bahagia.

Saat kita tertidur karena lelah mencari nafkah, tiba-tiba anak datang menutupi tubuh kita dengan selimut dan kemudian menciumnya, Itu sangat terasa membahagiakan dan membuat tidur semakin lelap. Bergandengan tangan dengan anak bungsu menuju rumah usai sholat subuh di masjid, itu juga membuat hidup semakin happy.

Melihat anak perempuan nyuci piring dan berbenah rumah saat pembantu belum datang itu juga membuat kegembiraan makin menjulang. Begitu banyak hal sederhana yang bisa kita syukuri dan itu membuat kita semakin happy.

Saya sangat bersyukur karena hampir setiap hari saya selalu mendapatkan kenalan baru di berbagai perusahaan saat memberikan seminar atau training. Hal sederhana dalam perjalanan yang bisa saya syukuri adalah saya bisa mendapat sudut pandang baru tentang kehidupan saat ngobrol dengan asisten dan driver saya. Banyak hal yang bisa kita syukuri.

Semalam, dalam perjalanan udara Balikpapan-Jakarta, saya meminjam buku dari penumpang di sebelah saya. Dan saya bersyukur karena dapat ilmu baru dan kenalan baru. Saat sang pemilik buku, bapak Robby tidur, saya melahap buku itu hingga tuntas. Saya pun semakin bersyukur karena bisa ngobrol tentang isi buku dengan pak Robby, seorang General Manager di perusahaan galangan kapal.

Saya pun sangat bersyukur setiap pagi bisa menulis untuk JamilAzzaini.com dan tentu akan membuat saya bersyukur apabila para pembaca memperoleh banyak manfaat. Rasa syukur dan kebahagiaan semakin membuncah apabila para pembaca dengan sukarela men-share tulisan-tulisan saya. Alhamdulillah, hidup begitu indah apabila kita banyak bersyukur.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook

Bagikan:

26 thoughts on “Hal Kecil Membuat Happy”

  1. Lili Hamdiah says:

    Jadikan bersyukur jd suatu kebiasaan kita setiap saat ya pak, agar Allah SWT jg memberikan berkahNya ke kita jg dijadikan kebiasaan Nya setiap saat, terima kasih utk ilmu hari ini pak, smg menjadi pemberat timbangan kebaikan pak Jamil di yaumil hisab nanti, aamiin yra

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes….

      1. Cucut Pamungkas says:

        aamiin..alhamdulillah aamiin

  2. Ora Dadi Opo says:

    Alhamdulillah msh diberi kesempatan baca tulisan ke Jamil pagi ini 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Hehehehehe

  3. akbar wijaya says:

    yesss setuju kek..smga kita senanriasa selalu bersyukur di situasi apapun.dan sykur itu adalah magnet penarik nikmat2 yg lainnya.

  4. habibullah says:

    alhamdulillah…
    tadi malam saya juga baru dapat ilmu syukur pak, dan sekarang dipertajam lagi… luar biasa..
    “syukur itu bukan hanya materi, namun dengan kesehatan, oksigen yang bisa dihirup, lengkapnya jari, tumbuhnya rambut, dan semuanya yang datang dari allah tak mungkin bisa kita hitung, harus selalu kita syukuri ya pak…”
    terimakasih sudah setiap hari menginspirasi kami, pak jamil, hal yang tiap hari selalu saya syukuri juga… 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Trrima kasih tambahan ilmunya…

      1. Abd Angkasah says:

        Assalamu’alaikum wr wb, thank you pak atas postingannya.
        ada artikel tentang kepemudaan gak…?

  5. lailia maghfiroh says:

    sy bersyukur krn bs mengenal kek jamil..lwt karya karya beliau yg sngt menginspirasi n bermanfaat bgi hidup sy. mksh ya Allah..dl engkau memperkenankan hambamu ni melihat tayangan chatting dng YM pas bln ramadhan dmn kek jamil sbgai bintang tamunya. sejak saat itu hingga saat ni sy selalu belajar dr beliau walaupun blm pernah berjumpa. semoga Allah memperkenankan sy untk bs bertemu lgsg dng njen kek suatu saat nanti amien.

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo kapan ketemu? Heheheh

  6. Cecep Saprudin says:

    Saya sering men-share tulisan-tulisan yang ada di website Pak Jamil ini, baik saat bersama dengan istri atau anak saya maupun ketika ada acara Arisan Keluarga. Agar Pak Jamil semakin happy … saya juga akan share tulisan ini di fb atau berbagai kesempatan lainnya …hehehe…
    Dan tidak lupa saya nunggu tulisan besok…. apa ya kira-kira yang bikin senyum2 sendiri ya …..

    1. Jamil Azzaini says:

      Peluk dari jauh…

  7. Tata Zenal Muttaqien says:

    Alhamdulillha wa syukrulillah…..saya turut senang pak, semoga pak jamil ttp diberikan kesehatan, kekuatan & kelapangan agar tetap bisa memberikan inspirasi2 yg bs memotivasi kami. Aamiin….

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra…

  8. Dannank Maryanto says:

    saya sangat bersyukur setiap hari bisa membaca tulisan kek jamil
    semoga selalu diberi kesehatan kek 🙂

    1. Jamil Azzaini says:

      Aamiin yra….

  9. M. NUR HAMID says:

    sebelum merubah negara, merubah daerah dulu, sebelum merubah daerah merubah kampung dulu, sebelum merubah kampung merubah keluarga dulu, sebelum merubah keluarga merubah diri sendiri dulu dari yang kecil dan sederhana, makan dihabiskan sampai sebutir nasi yg terakhir seperti Nabi mencontohkan, minum digelas habiskan jangan dibiarkan sisa dan terbuang, akhirnya indonesia strong from small hehehe. terimakasih pak dhe Jamil

    1. Jamil Azzaini says:

      Strong from home…. 🙂

  10. Dudi Jaenal says:

    Makasih pak Jamil smoga brmanfaat bgi smua orng..aamin

  11. roy fibrianto says:

    saya bersyukur masih bisa membaca tulisan-tulisan kek Jamil yang selalu mengispirasi setiap hari,..

    1. Jamil Azzaini says:

      Ayo dishare…. 🙂

  12. habibullah al amin says:

    Saat anak datang menutupi tubuh ayahnya yang sedang tertidur dan menciumnya, duh indahnya. nuhun pisan Pak

  13. habibullah al amin says:

    Tidak perlu menunggu untuk selalu bersyukur dan bersyukur, nuhun pisan Pak

    1. Jamil Azzaini says:

      Yes….setuju…

  14. mahfudz RZ says:

    Alhamdulillah.,, terimakasih ya Allah, terimakasih kek jamil….

Leave a Reply

Your email address will not be published.