Hal Baru itu Perlu Perjuangan

habbit.jpg

Sebagian besar kita mungkin pernah mendengar kalimat indah yang berbunyi, “Hanya orang gila yang mengharapkan hasil yang berbeda tetapi menggunakan cara-cara yang sama.” Konon itu berasal dari Albert Einstein.

Saya sepakat dengan pesan tersebut. Oleh karenanya, saya selalu berusaha melakukan sesuatu yang baru dan terus menyempurnakan cara-cara yang sudah lama.

Saya berharap, Anda yang menginginkan kehidupan yang lebih baik di tahun 2014 tidak sekadar menyusun resolusi tetapi juga menyiapkan aksi-aksi baru. Salah satu ciri pemalas adalah hanya berharap tetapi tak mau berkeringat. Jangan pula ingin hidup yang berkualitas tetapi tak mau melakukan cara-cara yang cerdas.

Apa hal baru yang akan Anda lakukan di tahun 2014? Hal baru itu tak harus sesuatu yang besar dan terdengar keren. Hal kecil bila rutin dan menjadi kebiasaan juga berdampak besar. Sahabat saya hanya mengubah tidur usai subuh menjadi olah raga ringan kurang lebih 30 menit kini menjadi sehat dan bugar. Dulu setiap bulan langganan ke dokter, sekarang sudah 2 tahun tak pernah minum obat.

Apa hal baru yang akan Anda lakukan di tahun 2014? Belum juga ketemu? Terlalu! Hehehe…

Saya punya beberapa hal baru yang akan saya lakukan di tahun 2014. Salah satunya saya ikut program One Day One Juz (ODOJ). Setiap hari membaca kita suci one juz (kurang lebih 20 halaman). Sampai hari ini, sudah 2 juz yang saya baca.

Pertama kali saya lakukan program ini, saat perjalanan Jakarta-Balikpapan. Sebagai orang yang ketaqwaannya masih rendah, membaca 20 halaman, bagi saya pada awalnya sangat susah. Beberapa kali saya tertidur saat membaca. Untuk melawan kantuk, saya memesan kopi ke pramugari. Alhamdulillah, sebelum mendarat di Balikpapan saya tuntas membaca 1 juz.

Hari kedua saya baca usai sholat Dzuhur. Sayapun terkantuk-kantuk. Saya juga sempat tertidur sambil memegang Al-Qur’an. Saya terbangun karena anak saya Izul datang mencium saya sambil berkata, “Kalau ngantuk tidur aja, pak.” Istri saya juga berpesan, “Istirahat saja dulu, pak.”

Belum sempat istirahat, ada tamu datang ke rumah. Akhirnya saya lanjutkan baca setelah sholat Maghrib. Usai pulang dari masjid saya duduk manis di sofa sambil menuntaskan membaca juz kedua. Sesekali saya melihat ke lembar halaman belakang sambil membatin, “Kok masih banyak, ya.” Hehehe… Dan, alhamdulillah, sebelum Adzan Isya saya tuntas membaca juz ke-2.

Semoga kebiasaan baru ini menambah ketaqwaan saya. Karena saya merasa bahwa rasa kantuk saat awal saya membaca Kitab Suci itu sebagai pertanda bahwa saya masih punya banyak penyakit hati. Muncul juga kekhawatiran baru, “Jangan-jangan saya sudah bergelimang dosa yang tiada saya sadari, karena ternyata untuk membaca Kitab Suci saya harus mengeluarkan banyak energi. Ya Allah, ampuni aku!”

Hari ini adalah hari ketiga saya ikut One Day One Juz. Semoga komitmen saya untuk selalu memberikan yang terbaik apabila saya sudah menentukan pilihan, membantu mengusir rasa kantuk. Dan, tentunya, mengusir kemalasan dan ketidaknyamanan saat sedang membaca pesan-pesan dari Sang Maha Pengatur Kehidupan. Ya Allah, beri saya kekuatan.

Nah sekarang, boleh saya tahu, apa kebiasaan baru Anda di tahun 2014?

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

62 thoughts on “Hal Baru itu Perlu Perjuangan”

  1. Salut Perjuangannya Kek.. Semoga kita bisa istiqomah dalam kebaikan ini 🙂

    Makasih atas nasehat pagi ini. Salam Sukses Mulia

    1. Doakan ya mas. Ayo terus menebar manfaat

  2. Salam dari Bandung kekkk…

    Hari ini cucumu ini dapat giliran juz yang ke-4, semoga bisa istiqomah. Subhanallah semangat untuk menyelesaikan 1 juz per hari nya. Tempo hari juga bergegas di tengah kemacetan hanya untuk bisa cepat pulang sampai ke rumah. Untuk menyelesaikan beberapa lembar yang tersisa. Sesuatu yang sebelumnya tak pernah dirasakan…Alhamdulillah.

    Semoga selalu diberi kesehatan untuk gurunda dan keluarga di rumah…juga bocah2 hebat yang sedang ada di Jerman…

    1. Doakan terus ya mas

  3. Subhanallah. Semoga Allah istiqamahkan Kek. Sy juga mau berjuang spt Kek Jamil

    1. Ayo gemparkan Makasar 🙂

  4. Widy says:

    Hal baru yg akan aku jadikan kebiasaan dimulai dgn membaca artikel kek Jamil, aku akan biasakan lagi membaca minimal 1 buku atau 1 artikel perhari, sehingga bisa menulis 1 artikel di blog ku kek. Sederhana, tapi semoga bisa bermanfaat buat hidupku nanti ˆâŒĢˆ

  5. Kebiasaan baru diawal tahun ini, One Day One Action di website ku kek.
    Agar bisa mengaplikasikan ilmu dari wbt dan TBnC sekaligus mengasah kemampuan diri.

  6. ambarwati says:

    Sesuatu yang baru memang membutuhkan energi yang lebih.dan akan butuh energi lebih besar lagi untuk istiqomah.Keep Fight ya Kek @JamilAzzaini.Kita sama sama berjuang istiqomah onedayonejuz,walaupun sudah khatam 1 kali.Salam Sukses Mulia

    1. Hehehehe, saya ikutnya telat

  7. Sibanu says:

    Mulai 2014, melatih menulis kek.. minimal 1 hari 1 halaman A4.. menyempurnakan tulisan dengan Rule of three, semoga nantinya bisa bermanfaat..

  8. Rifqi Maulana Sururi says:

    kek baca Alqurannya sama artinya apa ayatnya saja ?

  9. abyan dinar says:

    Maaf…1 juz sekitar 10 halaman atau 20 halaman ?
    Di Qur’an saya baik yang kecil atau yang besar kok sekitar 10 halaman ya

    1. 10 lembar alias 20 halaman

      1. Abyandinar says:

        Hehehe…oiyaa kek….maaf, mksd sy 10 lembar….berarti benar 20 halaman…..Ajiib..Ajiib…Ajiib….tks

  10. ami says:

    Kebiasaan baru saya di tahun 2014, yg biasa nya suka tidur abis shubuh saya pakai masak untuk supply kantin, walaupun jumlah nya nda banyak, sy cuma tidak ingin tidur abis shubuh yg emang susah sy hilangkan kebiasaan itu dari dulu.. Juga me none aktifkan Recent Updates di BBM (sebulan yg lalu masih ON/OFF)… Oh ƔăÃĨÃĢ , sy mo kirim tulisan ttg Recent Updates (pengalaman pribadi) kemana ƔăÃĨÃĢ ?? Trims…. Semangaatt Pagiii..

  11. Denni Candra says:

    Hampir sama pengalamannya kek, saya pribadi juga sedang berusaha tetapi mungkin karena belum menjadi kebiasaan serta juga karena banyaknya dosa dalam raga ini maka sungguh berat perjuangannya.
    Semenjak mulai tanggal 1 kemarin baru dapat 1/2 juz kek, mudah-mudahan hari ini bisa lebih banyak lagi. Mohon doanya kek …:)

    1. Sama-sama banyak dosa mari kita berusaha sekuat tenaga

  12. princess amanda @holistic_center says:

    alhamdulillah manda juga tahun 2014 mulai odoj…
    cuma ngabisin dulu sisa bacaan…tgl 1 baca juz 28 bacanya stlh dhuha smp slsai…
    tgl 2 baca juz 29 pd td..sblm dhuha udh slsai baca juz 29..insyaAllah bsk pg juz k 30…truz mulai dari juz 1 dan seterusnya….

    selain odoj di awal 2014 ada project besar…membuat awal 2014 ini menjadi awal tahun yg sgt menantang dan membuat bahagia membayangkan keberhasilan project besar ini…mohon doanya…

    salam SuksesMulia…

    1. Kalau bagi princess baca 1 juz mah gampang, kalau bagi kita penuh perjuangan 🙂

      1. princess amanda @holistic_center says:

        hehe sebelumnya pdhl 3bulan baru khatam…mulai tgl 1jan..insyaAllah niatnya odojnya jadwalnya pagi sblm baca buku apapun jd mata bnr2 msh fresh n kuat baca 1juz…

        1. Kalau aku matanya sudah tercemar, jadi kadang-kadang ngantuk 🙂

          1. princess amanda @holistic_center says:

            hhhhmmmh itu mah manda no comment dech…#kabuuuur sebelum di takol ama guru….

  13. Mas wantik says:

    Assalamu’alaikum Kek,

    Wah hari ni kesiangan sy visit ke websitenya. Hari pertama masuk kerja di 2014 td beri bbrp arahan ke tim di kantor. Isinya bbrp hal terkait dg tahun baru, mesti ada semangat baru, harapan baru tapi tdk berhenti di situ. Harus ada action baru jg. Cocok dg artikel njenengan pagi ini

    Say duluuu pernah bisa setahun one day one juz, hbs itu ndak konsisten, akhirnya selembar sj ndak kepegang dlm sehari hehe Tapi mulai skrg sdh mulai canangkan lagi one day one juz

    Ayo kita saling support dan mendoakan agar bs konsisten, istiqomah

    Salam makin sukses dan mulai di 2014

    1. Pasti kerON ngasih pengarahannya, kalah kurang kerON itu memalukan gurunya 🙂

      1. Mas wantik says:

        Wah bisa-bisa kalo kurang kerOn, bisa dikartu kuning nanti hehe

        1. Bukan kartu kuning mas, kartu AS 🙂

  14. ali samsudin says:

    Mandi sebelum sholat jahajjud pak

    1. Pernyataan politis 🙂

      1. ali samsudin says:

        bikin sehat dan awet muda, katanya yang berpengalaman

  15. walaupun kesiangan sarapan ilmu dari kek Jamil. tp tetap kerOn artikelnya…

    sementara msh habiskan dulu sisa2 juz thn kemarin kek, sambil pelan2 berusaha untuk istiqomah ODOJ…

    Salam Sukses Mulia_!!!
    @npindh
    āļ‡^â€Ē^āļ‡

  16. Hafiz Abdul says:

    “Sedikit sharing kek @JamilAzzaini, karena di mushaf saya 1 Juz itu 10 lembar, maka saya membaginya ke sholat 5 waktu, jadi sehabis sholat membaca 2 lembar.Jd One Day One Juz.Mudah2n dengan cara seperti ini saya bisa lebih istiqamah.Mohon doanya juga kek. Salam Sukses Mulia”

    1. Terima kasih ilmunya mas

      1. Roni says:

        Atau bisa juga gini kek, 1 lembar sebelum salat dan 1 lembar sesudahnya.

        Semoga Allah selalu memudahkan jalan hamba-Nya yang ingin mendekatkan diri kepada-Nya 🙂

  17. ismiaprial says:

    Alhamdulillah, saya juga ikut Pak melakukan ODOJ 🙂

    1. Group berapa. Saya 402

  18. ODOJ adalah project yang mulai saya ikuti di akhir tahun 2013. Mudah? Tentu saja tidak. Banyak godaannya. Banyak bilang “Nanti deh habis…” tapi alhamdulillah setiap harinya bisa menjalaninya.
    Kebiasaan baru di 2014 ini adalah serius dalam project Hafalan (juz 28,29, dan 30), 1 hari setengah halaman.
    Niat hafal Quran sudah mucul sejak tahun 2012, tapi baru serius saya kerjakan 2 hari ini, dan semoga kedepannya juga lancar. Yakin Insyaallah pasti bisa..

    Mohon doanya.. 🙂

    1. Saling mendoakan ya, saya masih perlu banyak berlatih 🙂

  19. fido says:

    Saya juga sdg memulai di thn 2014 ini…tapi tgl 2 ini saya baru dapat 1 juz. Sama seperti kek Jamil, saya juga membuka-buka halaman berikutnya…”kok masih banyak yaa…” hehehe.
    Semoga kita selalu diberi nikmat kesehatan dan waktu luang ya kek, agar bisa istiqomah , menyelesaikan One Day One Juz, bukan One Day One Sheet…

    1. Satu level dilarang saling mendahului 🙂

  20. Subhanallah Kek…. Salut untuk perjuangannya….Insya Allah kuat kek . Saya Turut mendoakan semoga hambatannya makin hari makin berkurang sampai khatam Kek. Amien

    1. Asyik, doakan ya

  21. Dianara Khansa says:

    Wah baca tulisan Kakek jadi malu. Sering lupa sama surat cinta dari sang Penggenggam Jiwa. Ampuni hamba ya Rabb. Saya juga mau coba ah Kek untuk gulirkan program One Day One Juz (ODOJ) ini. Bismillahirrahmanirrhamiim ^_^

    1. Dianara Khansa says:

      Saking semangatnya jadi salah ketik… Bismillahirrahmanirrahiim ^_^

  22. Miftah Altagly says:

    luar biasa kek…terinspirasi lagi untuk one day one ayat…

  23. @RizalSemangat says:

    Kebiasaan baru saya adalah menulis buku yang saya target selesai bulan Januari ini. Semoga Maret sudah bisa dilaunching. doanya ya Kek

    Semoga istiqomah kek mbacanya. Biasanya saya selalu instropeksi dari sebuah atsar yang disampaikan oleh Usman bin Affan. beliau menyampaikaikan “Jika hatimu suci, niscaya kau tidak akan pernah “kenyang” (bosan) membaca kalam Tuhanku (al-Qur’an).

    Artinya jika saya lagi malas dan tidak menikmati membaca al-Qur’an, berarti hati saya sedang tidak suci. itu baromater yang saya gunakan sampai sekarang kek.

    1. @RizalSemangat says:

      Satu lagi kek, bacaannya juga di tashih ya. Jadi ndak asal baca. Karena al-Qur’an memang bukan bacaan asal-asalan. Ndak kayak buku biasa yang asal baca. barangkali masih ada yang perlu dibenahi. Semoga Allah memberi kemudahan.

      1. Terima kasih ilmunya mas, peluk dari jauh

  24. Silvi says:

    Biasanya kalau lagi baca kitab suci ngantuk begitu, menurut aku kita lagi diganggu iblis, supaya kita nyerah bacanya. Menurut aku sih… ^^

  25. UMAR WIRAHADI says:

    ini kebiasaan yang baru saya kek, ikut kajian halaqah ilmu di az zikra kek, tiap ba’da subuh, banyak berkah ilmu yang manfaat, membaca alqur’an dengan pehamannya. ayoo kek ikut

    1. Insya Allah suatu hari saya ikut

  26. hanni says:

    sama kek, saya juga belajar untuk amalkan ODOJ. mga kita istiqomah dan semangat terus ya kek..

    1. Asyik, makin banyak temannya 🙂

  27. Didit Widiana says:

    Malu saya sama Mas Jamil, lebih sibuk dari saya tapi bisa one day one juzz. Mohon doa ya mas, bisa terus nambah baca AlQuran setiap hari.

    1. Kadang-kadang kebaikan harus dipaksa, saya masih terus berlatih

  28. shirhi says:

    saya sedang berusaha untuk tidak tidur sehabis sholat shubuh. hehhehe,

    1. Percayalah, lebih sehat walau pada awalnya mungkin berat

  29. Deky S says:

    Saya akan membiasakan menulis artikel: satu hari kerja satu artikel

    1. Ditunggu aksinya 🙂

  30. ismaya jaya says:

    luar biasa.. bwt kakek jamil. kalo sya berusaha LATIHAN dan MENGULANG biar jadi HABITS baca al-quran nya kek.

  31. Megumii says:

    Asalamualaikum kek, saya pertama kali mengunjungi blog kakek. Kakek saya sedari kecil tdk tuntas belajar di taman pendidikan al qur’an, apabila saya membaca alqur’an selalu takut salah membaca hingga melenceng dr arti yg sebenarnya. Bagaimana menurut kakek, apa yg semestinya saya lakukan. Saya tinggal dikawasan individualis & nyaris tdk menemukan tempat mengaji yg memadai bagi remaja dewasa.

Leave a Reply

Your email address will not be published.