GROW

Share this
  • 187
  •  
  •  
  •  
  •  
    187
    Shares

Salah satu ciri kita disebut mahkluk hidup adalah karena kita bertumbuh (GROW). Walau secara biologis kita bernyawa namun bila tidak GROW pada hakikatnya kita sudah mati. Maka wajar bila ada yang mengatakan “mayat hidup” kepada seseorang yang hanya melakukan pekerjaan rutin tanpa ada kemajuan yang berarti. Sebab, ia tidak GROW.

Guru kehidupan saya pernah berkatan, “Ciri bahwa kamu GROW itu bila saat hidup kau terbiasa punya Goal. Kamu lebih suka pada kehidupan yang Realistic. Kamu pintar menentukan Option (pilihan) yang prioritas bagi hidupmu. Kamu selalu mencari jalan (Way) untuk terus maju.”

Nah, orang-orang yang ingin selalu GROW harus melakukan hal-hal berikut:

Goal (tujuan) dari setiap apa yang kita lakukan itu sangat penting. Tujuan yang baik biasanya selalu diikuti dengan indikator keberhasilan yang jelas. Apabila tujuan Anda menjadi yang terbaik di bidang yang Anda geluti, segera tentukan apa indikator keberhasilannya sehingga Anda layak termasuk kedalam kelompok yang terbaik bila hal itu tercapai. Goal adalah sebuah kontinum, selalu bertumbuh, ia tidak statis.

Realistic, hidup tak boleh seperti balon, terlihat besar tetapi kosong. Bila kita belum kaya jangan terlihat ingin kaya. Tidak perlu mengajukan banyak pinjaman hanya karena ingin terlihat hidup terhormat. Hidup yang realistic (apa adanya) itu jauh lebih menentramkan hati dibadingkan “terlihat” hebat padahal melarat.

Sungguh kehidupan yang menyiksa bila dimata banyak orang, atau saat di atas panggung atau saat di depan kamera seseorang terlihat luar biasa tetapi di kehidupan nyata ia rapuh. Mungkin orang seperti ini terlihat GROW tetapi semu dan mudah hancur. Tumbuhlah dengan realistic bukan hasil rekayasa dan pencitraan.

Baca Juga  Penyimpangan yang Bisa Disembuhkan

Option, didalam menjalani kehidupan selalu terhidang banyak pilihan (option). Pastikan bahwa pilihan kita itu benar-benar prioritas dan berkontribusi bagi keberhasilan hidup kita dikemudian hari. Selain itu, pastikan bahwa pilihan-pilihan kita juga menyelamatkan kehidupan kita di kehidupan yang abadi. Jangan asal pilih, jangan asal memuaskan ego, jangan ikut-ikutan kegiatan yang menghabiskan energi tetapi tak bernilai bagi hidup kita.

Way forward, orang-orang yang ingin selalu GROW maka ia akan selalu mencari jalan untuk terus maju ke depan. Ia akan selalu mencari cara-cara baru untuk selalu maju. Bila satu jalan tertutup, ia akan segera mencari jalan alternatif. Ia selalu memperbaiki strategi, taktik dan cara-cara yang selama ini dilakukan.

Anda ingin GROW? cobalah praktikkan hal tersebut di atas. Mau? Mari berlomba dengan saya.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini


Share this
  • 187
  •  
  •  
  •  
  •  
    187
    Shares

29 comments On GROW

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer