Genghis Khan

Dinar ApriyantoKenal sosok bernama Genghis Khan? Dia nggak ada hubungannya dengan tokoh Bollywood yaitu Shahruh Khan. Ataupun dia juga bukan kerabat penyanyi new comers, Cakra Khan. Gak ada hubungannya sama sekali. Hanya kebetulan sama nama belakangnya.

Genghis Khan, dikenal sebagai salah satu tokoh penakluk terkenal dari Mongolia. Mongolia sering disebut sebagai kaum bar-bar yang tidak berbudaya, tidak tahu apa-apa, kumuh, kejam dan masih banyak lagi sebutan negatif lainnya. Namun, Genghis Khan datang untuk merubah peradaban.

Usia 39 tahun Genghis Khan, bisa mempersatukan bangsa Mongol. Di masa keemasannya, dia mendirikan sekitar 400.000 tenda, yang dihuni 1,5 juta orang sekitar tiga perempat bangsa Mongol. Sebagai seorang pemimpin yang mempunyai kekuasaan saat itu. Genghis Khan, pernah menetapkan aturan yang harus dipatuhi oleh rakyatnya, peraturannya sangat keras disebut Yassa. Peraturan ini cukup menarik untuk kita simak.

1.Pezina harus dihukum mati, tidak peduli alasannya.
2.Siapapun mencuri barang orang lain dihukum mati.
3.Dukun palsu dihukum mati
4.Berbohong harus dihukum mati.
5.Mengucapkan kata Bangkrut selama selama 3 kali dihukum mati.
6.Melakukan sodomi dihukum mati.
7.Mengotori air minum dengan kencing dihukum mati.

Penerapan Yassa ini cukup efektif diterapkan saat dia berkuasa. Tentu dengan segala kontroversialnya. Namun sejarah mampu memberikan kita pelajaran. Jika negara kita saat ini terjerat banyak sekali kasus korupsi, mungkin kita perlu bermuhasabah.

Bisa jadi aturan-aturan yang dibuat manusia itu dilanggar sendiri oleh pembuat aturannya. Sehingga kacau dan ‘chaos’ kondisinya.

Belajar dari Genghis Khan, pemimpin besar selalu lahir dari pengalaman besar yang dilaluinya. Tidak lahir dari kemudahan. Seperti halnya pepatah pernah menyampaikan, Pelaut Ulung tak akan lahir dari air laut yang tenang. Maka, Selamat berjuang menjadi pelaut ulung di tengah gelombang laut yang ganas.

Dinar Apriyanto

Bagikan:

3 thoughts on “Genghis Khan”

  1. EventJogja says:

    hukuman2 tegas seperti dari genghis khan itu selayaknya bisa diterapkan di negara kita, dengan penyesuaian 🙂
    niscaya hukum akan tegak jadi panglima, terutama utk memberantas korupsi

    1. sip mas! siap memberantas korupsi di Indonesia !

  2. Arieffadillah says:

    Seyogyanya bisa diterapkan di Indonesia tercinta ini….

Leave a Reply

Your email address will not be published.