Gak Ngiler

Iri itu penyakit hati. Hidup tak akan bahagia bila iri masih merajalela di dalam hati. Setahu saya, iri hanya boleh dalam dua hal. Pertama, iri kepada orang yang kaya tetapi dermawan. Kedua, iri kepada orang berilmu yang mengajarkan serta mengamalkan ilmunya.

Iri itu pekerjaan setan. Orang yang hatinya dipenuhi penyakit iri, hidupnya akan mudah gelisah. Melihat orang lain bisnisnya maju dia ngiler. Melihat tetangga punya mobil baru dia pengen. Melihat saudara merenovasi rumah dia gak bisa tidur…

Iri biasanya juga beriringan dengan dengki. Ciri orang dengki adalah senang melihat orang lain sedih dan sedih melihat orang lain senang.

Iri dan dengki harus buang dari hati. Iri dan dengki ibarat api yang membakar kebaikan-kebaikan yang pernah kita lakukan. Bagaimana menyikapi iri dan dengki? Saya punya kisahnya…

Diceritakan, sepasang suami istri mengikuti seminar tentang bahaya iri. Usai seminar mereka berkomitmen untuk menjauhi penyakit hati yang berbahaya itu. Sang suami berkata pada istrinya, “Mama, sadarkah bahwa iri telah membuat kita lupa diri? Iri telah membuat kita sibuk memperkaya diri dan lupa untuk peduli dengan sesama. Kita harus membuang penyakit iri dari hati kita.”

Dengan penuh kesadaran, sang istri menjawab, “Tenang papa. Mama gak ngiler kok lihat orang pakai mobil mewah. Mama gak ngiler kok lihat orang punya rumah mewah. Mama gak ngiler kok lihat orang tabungannya berlimpah. Mama gak ngiler kok melihat orang jalan-jalan ke Eropa. Mama hanya ngiler kalau mama tidurnya miring…”

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

23 thoughts on “Gak Ngiler”

  1. mustika yanti says:

    Yes, mau ngiler dg yg byk berbuat baik, mau ngiler jg dg yg ibadah nya seabrek-abrek dan gak mo ngiler kyk mama heeeee. . .

  2. Anggit Setyaningsih says:

    Hahaa..si mama…!! 😀
    Jujur,sy sgt ngiri sm om Jamil..LUARBIASA bgt!! 🙂

  3. Jamil says:

    Mustika, bukannya sering ngiler, hehehe…

    Anggit, aku cowok lho, bahaya kalau ngiri sama saya, hehehe

    Salam SuksesMulia, Jamil Azzaini

  4. Aznee says:

    kadang suka terbesit iri di hati Pak Jamil..lalu bagaimana menghilangkannya ??

    Sukses Mulia

  5. Edo says:

    Wahahaha ngilernya jadi kebablasan…
    Kalau ngilernya ‘menerima’ sodara kita yg berhasil maka ikut bahagia kan mbah?
    Twitter: @Edoremifa

  6. Kim says:

    Yeee.. Si mama malah nanggepin ngiler tidur. Jorok tuh.. 😀

  7. Jamil says:

    Aznee, istigfar dan segera mohon ampun. Kalau irinya sama orang yang banyak beramal ya saya langsung beramal. Salam SuksesMulia. Jamil Azzaini

  8. ghaliza says:

    Saya iri sekali pak sama orang yang bisa ikhlas , sabar serta baik hatinya kepada siapa saja..salam SUKSES MULIA!

  9. Widar says:

    wakakakakak.. Cukup lucu.. hehehe.. Emang sebagai manusia kita kadang terbersit rasa iri di hati, kek.

  10. Amin MustBe says:

    Kalau kata bang Ippho, dari pada ngiri, lbh baik nganan. Right, om? He he. Salam SuksesMulia!

  11. Muhammad Hidayat says:

    Iri dan dengki , dua2nya menyiksa diri sendiri

  12. Mamang says:

    Hahahaha.. endingnya nendyang banget, Pak. 😀

  13. Bukik says:

    Muahahahahaha mesti kok……..

  14. Dian Eka says:

    Hahahahaha.. Mama tea.. *mentertawakan diri* :’)
    Simpel dan mengena spt biasa..

  15. erickazof says:

    I like this point –>

    “Iri kepada orang berilmu yang mengajarkan serta mengamalkan ilmunya.”

    Sukses Mulia Om ! 🙂

  16. Farah says:

    Klo ngiler kayak si mama gak apa2lah. Ngiri ama Mr. JA gak apa2 jgkan ?

  17. Ano says:

    hahaha…
    Salam sukses mulia

  18. saya ngiri banget sama pak jamil, dan kepengen seperti pak jamil.. bisa menginspirasi banyak orang..

    kalau itu boleh gak pak..??

  19. sanma anjar says:

    hehe,, kelebihan pak jamil low ngasih training ga pernah ngebosenin…semoga tambah sukses y pak…
    salam sukses mulia

  20. anto says:

    hehehe ampuh tenan

  21. Galih Setya (@GalihSetya_P) says:

    lebih baik NGANAN daripada NGIRI…
    NGIRI tanda tak mampu….hehehe…
    NGANAN (pake otak kanan) utk sgera ACTION memantaskan diri u/ meraih cita2 & harapan yg diinginkan

  22. hidayat says:

    pak jamil emang asekkkkkkkkk

  23. evi afrida says:

    Hahahahahahaaa………..

Leave a Reply

Your email address will not be published.