Esensi Mengkomunikasikan Respon Anda

2.-Harri-Firmansyah.jpg

“Saya sudah memprovide semuanya, harapan besar saya yang sudah saya sediakan akan bisa mendukung pekerjaan tim saya. Namun sampai quartal ke empat ini tampaknya semua jauh panggang dari api. Alih-alih pencapaiannya semakin mendekati target, saya semakin melihat tim saya kelelahan dan semakin kehilangan semangat”.

Perasaan yang terangkum dalam frasa diatas bukan perasaan yang hanya dimiliki oleh segilintir orang. Mayoritas orang pernah merasakan hal serupa. Pimpinan terhadap sub ordinatnya, bisnis owner terhadap para karyawannya, pemimpin organisasi terhadap para Anggotanya..atau bahkan (dalam ruang lingkup rumah tangga) orang tua terhadap anak-anaknya.

Ketika seorang pemimpin memiliki sensitivitas terhadap kondisi lingkungannya, itu adalah hal yg mutlak harus ada dalam dirinya. Ketika ia adaptif terhadap perubahan, itu juga merupakan keharusan. Namun sadarkah kita, Pemimpin tidak cukup hanya memiliki keahlian merespon gejala-gejala yg muncul dari internal maupun kondisi eksternal institusinya, tapi lebih dari itu, Anda..Saya diharuskan mampu mengkomunikasikan dengan baik respon kita kepada orang yang ada di sekitar kita.

Benar adanya, jika satu tindakan berbicara lebih keras dibanding seribu kata. Tapi, betapa bahayanya jika sebuah tindakan dipahami dengan seribu persepsi dan intepretasi yang berbeda. Untuk itu, berbicara menjadi penting. Agar kita, bisa membuat satu kesepahaman, memadupadankan perbedaan dan menggerakkan kekuatan organisasi kita ke arah yang sama.

Orang bijak berkata, “100 dari permasalahan manusia, 110nya disebabkan oleh masalah komunikasi”..ketika ingin terbebas dari banyak masalah, sepertinya “Speak to Change” sangat layak untuk kita jadikan tempat belajar bersama.

Saya sangat menanti kehadiran Anda disana, 28 Oktober tahun ini semoga bukan hanya menjadi peringatan Sumpah Pemuda untuk kita, namun juga menjadi tonggak kebangkitan munculnya penggugah dan pengubah semangat negeri ini untuk lebih baik dimulai dari entitas Indonesia yang paling kecil, yaitu Anda, Saya, Kita.

Change Your Response – Change Your Class

Harri Firmansyah R

Banner Speak To Change Harry Firmansya

Bagikan:

One thought on “Esensi Mengkomunikasikan Respon Anda”

  1. sukendar wps says:

    kadosipun sluruh tim saya ikut semua…

Leave a Reply

Your email address will not be published.