Engage Dalam Bekerja

Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Peneliti Ketenaga kerjaan Global Perrin/Perrin’s Global Workforce Study (2003) mendefinisikan employee engagement sebagai kesediaan karyawan dan kemampuannya untuk berkontribusi dalam kesuksesan perusahaan secara terus menerus. Rasa keterikatan terhadap organisasi ini sangat dipengaruhi oleh berbagai faktor seperti faktor emosional dan rasional berkaitan dengan pekerjaan dan pengalaman kerja secara keseluruhan.

Menurut saya, engagement seorang karyawan akan mempengaruhi apakah ia enjoy atau tidak saat bekerja. Sungguh rugi apabila kita menghabiskan banyak waktu di tempat kerja namun tidak bahagia saat bekerja. Apalagi waktu di tempat kerja adalah waktu yang produktif, sangat disayangkan apabila kita tidak menikmati pekerjaan.

Tingkatkan engagement kita saat bekerja agar waktu yang kita habiskan di tempat kerja lebih banyak yang membahagiakan dibandingkan dengan yang menyiksa dan memberatkan. Beberapa tips berikut bisa Anda coba.

Pertama, temukan berbagai kelebihan yang dimiliki perusahaan tempat Anda bekerja. Boleh jadi perusahaan Anda tidak besar tetapi Anda banyak menemukan hal-hal yang sejalan dengan value, kebiasaan, passion dan hal-hal yang Anda perjuangkan. Semakin banyak kelebihan yang Anda temukan, semakin besar peluang Anda semakin engage di pekerjaan Anda. Peluang Anda semakin happy pun juga semakin tinggi.

Apa kelebihan, perusahaan tempat Anda bekerja?

Kedua, temukan alasan yang kuat mengapa Anda masih bekerja di perusaaan tersebut. Boleh jadi, jawaban alasan Anda karena faktor yang pertama (Anda menemukan banyak kelebihan perusahaan) atau boleh juga faktor yang lain. Semakin banyak Anda bisa menemukan alasan, semakin enjoy Anda bekerja di tempat tersebut.

Apa alasan yang membuat Anda kerasan kerja di perusahaan Anda?

Ketiga, bangun kenyamanan dan interaksi. Selain tolong menolong dalam hubungan pekerjaan, kita perlu aktif meningkatkan interaksi positif antara sesama karyawan. Bisa dalam bentuk membuat group atau kelompok kesamaan hobi, sharing berbagai hal yang meningkatkan kualitas hidup, gathering antar karyawan, kegiatan bersama yang dilakukan secara berkala.

Baca Juga  Mengapa Saya Bekerja?

Lakukan tiga tips tersebut di atas, maka bekerja bisa menjadi lebih nikmat, enjoy dan membuat awet mudah. Saya sudah melakukannya, dan dampaknya sangat terasa. Cobalah
Jamil Azzaini
CEO Kubik Leadership
Founder Akademi Trainer
Inspirator SuksesMulia

Ingin ngobrol dengan saya? FOLLOW saya di twitter: @jamilazzaini. Atau, LIKE saya di facebook


Share this
  •  
  •  
  •  
  •  
  •  

Leave a reply:

Your email address will not be published.

Site Footer