Doa Ibu Melahirkan Ide

Jangan sepelekan kekuatan doa orang tua, khususnya doa ibu. Saya sudah mengalami dan merasakan dasyatnya doa ibu saya. Saat akan melakukan hal-hal penting saya pasti meminta bantuan doa ibu. Bahkan saat saya kehabisan ide menghadapi sesuatu maka saya angkat telepon dan memohon doa kepada perempuan hebat yang telah melahirkan saya.

Pengalaman menarik ketika saya kuliah Pascasarjana di IPB. Hari itu, pukul 19.00 saya akan ujian untuk mata kuliah Perilaku Konsumen. Hingga pukul 14.00 saya belum membaca bukunya sama sekali. Mengapa? Karena sebelas bab yang harus saya baca semuanya berbahasa Inggris. Saya memang amat lemah dan memerlukan energi ekstra untuk memahami literatur berbahasa Inggris.

Apa yang kemudian saya lakukan? Saya telepon ibu, “Mak, nanti malam saya ujian. Semua bahan ujiannya sebelas bab berbahasa Inggris.  Saya belum membaca satu babpun. Saya stress mak. Saya bingung.”

Dari balik telepon suara teduh ibu saya terdenga,r “Jamil kamu yang sudah sekolah bertahun-tahun saja gak ngerti bahasa Inggris apalagi mamak. Kamu tanya mamak, pasti mamak juga gak ngerti. Belajar itu tugas kamu, tugas mamak hanya berdoa untukmu. Minta tolonglah kepada Allah, mamak bantu kirim doa dari Lampung. Ayo anakku berusahalah, mamak segera berwudhu dan berdoa untukmu.”

Beberap menit kemudian, ide muncul. Saya telepon teman-teman kuliah satu per satu , “Pak ujian hari ini berat, kita bagi-bagi tugas ya. Bapak fokus perdalam bab satu saja ya, nanti ketemu jam lima sore di tempat ujian.”  Kepada teman kuliah yang lain saya meminta untuk per dalam bab yang lain. Alhasil, pembagian tugas sebelas bab tuntas saya lakukan kepada teman-teman kuliah.

Pukul lima sore lebih kami sudah berkumpul di tempat ujian. Saya maju ke depan kelas dan berkata, “Oke bapak dan ibu mari kita mulai belajar sebelum ujian. Siapa yang sudah membaca bab satu? Silakan diceritakan, saya tulis hal-hal yang penting di white board.” Begitu selesai bab satu, dilanjutkan ke bab selanjutnya. Alhamdulillah, intisari sebelas bab yang akan diujikan bisa saya pahami sebelum ujian dimulai.

Beberapa hari kemudian, hasil ujian dibagi. Nilai saya 94 (skala 10-100) memang bukan nilai tertinggi, hanya peringkat ketiga. Tetapi bagi saya itu sudah luar biasa. Hingga kini saya sangat menyakini bahwa nilai itu adalah buah dari doa ibu saya.

I love you mak. I love you. Doamu selalu kuharap menyertai setiap langkahku.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

16 thoughts on “Doa Ibu Melahirkan Ide”

  1. Nova says:

    Salam,

    betul Kek JA,,
    makanya,, kenapa Surga ada di telapak kaki Ibu,, begitu mulia nya seorang ibu,,
    Nabi pun bersabda,, kalo yang pertama kali dihormati adalah Ibu, kedua Ibu, ketiga Ibu,, barulah keempat Ayah,,

    I Love You Mom,,

    Salam SuksesMulia

    Nova
    JayaBerkah

  2. abyan says:

    Subhanalloh…kisah nyata ini mengingatkan saya pada kisah Terbebasnya Seorang Tawanan Karena Doa Ibunya…”Kisah-kisah Teladan Bakti Anak Kepada Ibu Bapak..” semoga menjadi panutan, karena doanya orang tua, apalagi ibu sangat dahsyat sekaligus bisa meluluhkan semua hal yang membelenggu kita..‘Wahai Rasulullah, siapakah orang yang paling berhak menerima baktiku?’ ‘Ibumu,’ jawab beliau. ‘Kemudian siapa?’ lanjutnya. ‘Ibumu.’ ‘Lalu, siapa lagi?’ tanyanya lagi. ‘Ibumu.’ ‘Kemudian, siapa lagi?’ ‘Ayahmu,’ jawab beliau.’” ( HR Bukhari dan Muslim ). Wallahu a’lam bish shawab

  3. Mekoh says:

    Iya, memang do’a ibu sangat musjajab.

    Karena itu selain meminta ridho *kerelaan* ibu terhadap keputusan yang akan kita ambil, kita juga mohon kepada ibu agar mendo’akan kita.

    Jangan lupa juga kita berdo’a untuk ibu dan bapak kita.

    Do’a anak yang sholeh di ijabah oleh Yang Maha Kuasa.

    Terima Kasih Guru Untuk Tulisannya Hari ini.

  4. ase says:

    Semoga Bapak, Mamak Pak Jamil dan Bapak, Ibu kita selalu mendapat Rahmah Allah dunia akhirat Amiin Yaa Robbal ‘Alamiin 🙂 Ibu, I miss you so much

  5. @hakeem_ says:

    Subkhanallah..
    Alhamdulillah saya selalu berusaha menjaga hubungan saya dengan kedua orangtua, terutama ibu.
    Semoga kita semua menjadi anak yang taat pada orangtua dan senantiasa meminta didoakan oleh bapak ibu.

    Terima kasih Om jamil. 🙂

  6. memang betul tuh doa Ibu memang sangat ajaib dan mujarab.. saya sudah berkali kali mengalaminya..

  7. Imut says:

    Thanks Pak Jamil, tulisan ini mengingatkan aku pada Doa ibu selalu membuat aku mampu berdiri tegak..menundukkan kepala.
    Aku tidak pernah meminta yang lain selain doa dari ibuku. Sama halnya dengan Pak Jamil, saya juga merasakannya. Saat sulit mendapatkan ide untuk pengerjaan karya akhirku dan gugup akan menghadapi sidang karya akhir (tesis) aku selalu telpon “Mak tolong doain, besok aku akan sidang tesis, doain semoga hasilnya maksimal” dengan lembut yo sudah kamu belajar dulu, insya allah jalan itu ada..
    Ternyata keajaiban itu benar-benar terjadi. Begitu menempuh sidang hilang gugup yang dirasa, tanpa beban melakukan paparan, dan yang paling membanggakan hasil yang dicapai diluar perkiraan yang tadi harapan dapat nilai B sdh baik, Alhamdulillah saya bisa mempersembahkan untuk mamak nilai A. Semua itu berkat doa mamak tersayang…
    Mamak aku sayang mamak, kekuatan doamu selalu ku rindu..

    Terima kasih Pak Jamil atas tulisan yang membuat saya lebih kagum dan bangga akan mamaku tercinta..:)

  8. apip cinta says:

    Tanpa doa dan restu ibu, dunia serasa sempit dana sulit.Saya sudah merasakannya…terimakasih sudah mengingatkan pada dahsyatnya doa ibu..salam

  9. kiswanto says:

    Apapun proposal hidupku, takkan kujalankan tanpa mendapat “lisensi” dari ibuku…

  10. Melinda Hutapea says:

    Indahnya pengalaman Bapak

  11. Dicky Ahmad says:

    Selain itu, jangan lupakan jasa teman-teman ya pak, tanpa mereka mungkin bapak tidak akan paham intisari sebelas bab, hehehe.

  12. besta says:

    masya Allah,,, syukron pak ilmunya. membuat ana teringat dengan ibu.tapi jika ana boleh tau.
    di IPB fakultas/jurusan apa pak?
    syukron

  13. boeloek says:

    Do’a Ibu?…TAK T’BANTAHKAN…^.^

  14. Subhanallah. Kekuatan do’a seorang ibu dan keuletan dalam berusaha (sistematis dan strategi yang jitu) membuahkan hasil yang luar biasa. Ibu yang tangguh, yang mengingatkan putranya untuk maksimal dalam berusaha dan menyertakan Allah dalam usaha tersebut. Semoga Pak Jamil diberikan kekuatan untuk selalu memberikan inspirasi kepada sesama. Semoga Ibu nya juga selalu dalam lindungan Allah Subhanahu wata’ala. Aamiin Ya Robbal Alamin. Salam Sukses Mulia

    website bisnis. http://www.globalbusinesslanguage.com

  15. Cerita menarik dan ide brilian 🙂

  16. Suci says:

    Assalamualaikum wr.wb. bpk.. mohon titip doa :
    1) ingin naek haji dgn ibuk saya segera
    2) ingin lulus tes sekolah perwira th ini
    3) ingin pny mobil mewah
    trima kasih.. wassalamualaikum wr.wb.

Leave a Reply

Your email address will not be published.