Do It Right!

right.jpg

Beberapa waktu lalu saya mengganti nama layar akun twitter saya @sulfan dengan sebuah frasa: “Do it RIGHT”. Rupanya ini menimbulkan penasaran beberapa rekan saya. Apakah ada maksudnya? Ya, ada dong! Kan memang disengaja. Selain untuk mengingatkan pada diri saya tentang makna kata “right” bagi saya, juga supaya followers penasaran. Hehehe…

Izinkan saya coba menjelaskan makna Do It Right di website keren ini. Right berasal dari bahasa Inggris. Dalam bahasa Indonesia bisa berarti “kanan” juga bisa berarti “benar”.

Sekilas sepertinya tidak ada hubungan antara kata kanan dan benar. Tetapi saya teringat Al-Qur’an tepatnya di surat ke-56 yaitu Al-Waqi’ah yang banyak bercerita tentang salah satu golongan di Hari Akhir kelak. Mereka adalah orang-orang yang beruntung dipersilahkan memasuki surga yang berada di sebelah kanan mereka, disambut oleh penduduk langit dengan tangan kanan, dan diberikan kitab catatan kebaikan dengan tangan kanan dan di dalam surga beroleh banyak sekali kenikmatan. Ashabul Yamin, begitu mereka disebut.

Lalu, apa hubungannya dengan kata benar ? Nah, anugerah yang didapat Ashabul Yamin di akhirat tentunya tidak terlepas dengan amal mereka di dunia. Mereka dinobatkan menjadi Ashabul Yamin (golongan kanan) karena mereka semasa hidupnya dinilai oleh Allah SWT melakoni amal kehidupan dengan benar. Got it? 🙂

Jadi, korelasi dua kata kanan dan benar dalam kisah tersebut sangat jelas. Dan itu terangkum di dalam satu kata: Right.

Sehingga, jika kita ingin kelak di Hari Akhir dikelompokkan menjadi Golongan KANAN, maka sekarang, di dunia, lakukanlah segala sesuatu, jalani hidup, pilih dan kerjakan amal dengan BENAR. Do it RIGHT. Kelak Anda dapat apa yang Anda usahakan. Pilihan di tangan Anda.

Right or wrong, right or left. It’s your choice. Right?

Tulisan dikirim oleh Sulfan Zayd

Bagikan:

6 thoughts on “Do It Right!”

  1. jussie says:

    Artikel ini mengingatkan saya tentang super quote dari Mahatma Gandhi tentang The Purpose of Life, yaitu To Think Rightly, To Act Rightly and To Live Rightly.

    1. sulfanzayd says:

      Setuju @Jussie “benar” mesti dijadikan end-to-end process, etos yang dilakukan dari awal sampai akhir. Sikap hidup. 🙂

  2. KerON mas Sulfan…

  3. sulfanzayd says:

    Terimakasih , Mas Andi 🙂 ini karena motivatiON dari sampeyan juga hehe..

  4. Salam Right Mas… 😀

    1. sulfanzayd says:

      ini artinya alam pakai tangan kanan.. hehehe 😀

Leave a Reply

Your email address will not be published.