DNA dan Penurunan Sifat

Dhoni FirmansyahDi setiap inti sel manusia terdapat materi pembawa sifat yang disebut DNA. Penurunan sifat ini akibat peleburan gen dari Ayah dan Ibu, yang menghasilkan gen anak. Setiap DNA membawa jutaan protein yang memiliki kombinasi Adenin, Guanin, Timin dan Sitosin. Masing-masing kombinasi berbeda menurunkan sifat manusia yang berbeda pula.

Maka tak heran, seorang anak bisa memiliki wajah sang Ayah, rambut Ibu, kulit Ayah maupun mata yang mirip dengan Ibunda. Inilah bukti adanya penurunan sifat dari orang tua pada sang Anak.

Perlu kita tahu, bahwa yang disebut penurunan sifat ini adalah sifat fisik, bukan sifat mental. Gen hanya menurunkan sifat-sifat yang terlihat, seperti bentuk hidung, rambut, mata, bibir, bentuk wajah dan sebagainya. Untuk sifat mental, gen orang tua tidak menurunkannya kepada sang anak.

Seorang anak yang memiliki sifat pemarah, pemalu, penyabar, mudah bergaul, dan emosional, tidak diturunkan dari gen kedua orang tua. Seorang Ayah yang pemarah, tidak akan menurunkan sifat pemarahnya pada sang Anak. Demikian pula, Ibu yang mudah putus asa, tidak menurunkan sifat itu pada buah hatinya.

Sifat mental terbentuk dari pola pikir dan lingkungan kita. Andaikata ada sifat mental kita yang sama dengan orang tua kita, seperti pendiam dan jarang tersenyum, itu bukan karena sifat gen yang diturunkan, tetapi lebih karena kita yang mencontoh perbuatan orang tua.

Inilah keadilan Tuhan.
Dia tidak pernah menurunkan sifat mudah putus asa, pemarah, gampang mengeluh, dan malas berusaha kepada hamba-Nya. Setiap orang punya peluang yang sama untuk berprestasi dan sukses, siapapun orang tuanya dan seperti apapun bentuk fisiknya.

Jadi mulai saat ini, buanglah sifat mental yang negatif. Ambil sifat mental positif. Maju dan bersemangatlah, karena sifat mental tidak diturunkan secara genetis, namun akibat dipelajari dan dipraktekkan dalam hidup.

Salam Pemenang Kehidupan.

Dhony Firmasyah

Bagikan:

4 thoughts on “DNA dan Penurunan Sifat”

  1. among kurnia ebo says:

    menyimak!

  2. Maskatno Giri says:

    I do agree, thank’s a lot 4 your inspiration

  3. dnur77 says:

    Alhamdulillah…..trimakasi

  4. Rahmat E. Siregar says:

    Alhamdulillaah, analisis yang menggugah !

Leave a Reply

Your email address will not be published.