Dikenal Dunia Lewat Menulis

Ketika saya membaca artikel bapak Jamil Azzaini tentang Budayakan Menulis saya tertarik pada kutipan kalimat, “bila anda ingin tahu dunia bacalah, dan bila dunia ingin tahu anda tulislah”. Dijelaskan bagaimana beliau bisa mengenal tokoh dunia seperti Imam Syafii, Imam Ghozali , Steven R. Covey, Robert T. Kiyosaki lewat hasil tulisan mereka. Begitupun dengan saya, saya bisa mengenal Napoleon Hill, Dale Carnegle, Tung Desem Waringin, Anthony Robbin dan JK. Rowling dikarenakan tulisan mereka.

Jadi tidaklah salah dengan uraian kalimat diatas, bagaimana dengan bermodalkan pena dan kertas akhirnya mereka menghasilkan tulisan yang kemudian mampu melejitkan popularitas dan dikenal oleh dunia. Perlu kita tahu, mereka adalah manusia biasa begitupun dengan kita. Jadi tidak mustahil kalau kelak dunia bisa mengenal kita lewat tulisan yang telah kita tuliskan. Asalkan dengan modal niat, semangat, optimis, serta sungguh-sungguh.

Nah, berikut saran saya untuk langkah-langkah awal untuk menulis. Yaitu, Pertama, tuliskan impian dan prestasi terbaik Anda. Langkah ini saya merujuk dari semua artikel bapak Jamil Azzaini. Pada artikel tersebut beliau menuliskan bila anda punya impian, tuliskanlah.

Tak perlu takut impian itu tak terwujud, berusahalah secara keras, cerdas dan ikhlas. Tulislah. Tulislah seluruh prestasi yang anda ciptakan dan yang anda anggap istimewa, berharga. Sehingga anda merasa perlu untuk diceritakan lewat tulisan. Jangan pernah bosan untuk menuliskannya.

Kedua, adalah tulislah hobi serta pengalaman yang berharga. Nah, siapa yang tidak kenal dengan JK. Rowling. Seorang penulis novel paling laris dan paling fenomenal di dunia, yaitu Harry Potter. Sejak kecil dia sudah suka mendongeng untuk adiknya.

Dia juga suka bermain sebagai penyihir cilik dengan anak tetangganya. Ide cerita tentang penyihir cilik bernama Harry potter muncul ketika JK. Rowling mengalami penundaan kereta api dari manchester ke london selama 4 jam. Beliau sangat fokus untuk menggenggam impiannya menjadi seorang penulis novel.

Perlu diketahui ide cemerlang JK.Rowling berawal dari hobi yang ditekuni. Tulislah hobi serta pengalaman yang setiap saat kita alami.

Dari kesimpulan diatas dijelaskan bagaimana dengan bermodal hobi yang ditekuni kemudian dituliskan seorang JK.Rowling mampu menghasilkan pemasukan lebih dari 5,3 miliar dolar. Dan hasil tulisan beliau telah diterjemahkan dalam 67 bahasa. Budayakan budaya menulis dari sekarang,kelak mudah-mudahan dunia dapat mengenal kita lewat tulisan kita.

Salam Spirit of Success

Abdul Rauf

Bagikan:

2 thoughts on “Dikenal Dunia Lewat Menulis”

  1. Yudhi Burhan says:

    Setuju pak Abdul Rauf. Mari bumikan menulis. Terutama tulisan yang inspiratif. Biar double prestasi.

  2. mantap nihh.. rekan seperjuangan
    trus berkarya dan mendunia

    salam SuksesMulia

Leave a Reply

Your email address will not be published.