Di Balik Ketidaktahuan

tidaktahu.jpg

Tidak semua tidak tahu itu menjadi cela dan kerugian. Bahkan banyak ketidaktahuan yang membawa keberuntungan dan kenikmatan hidup. Tidak tahu berita gosip atau berita yang tidak penting membuat kita tidak dipenuhi banyak sampah pikiran.

Bagi yang jomblo, ketidaktahuan siapa jodoh Anda mendorong untuk memantaskan diri. Tak elok kan ingin punya pasangan hidup yang baik tetapi Anda tidak berusaha menjadi lebih baik? Peluangnya tentu sangat kecil bila Anda ingin jodoh yang hebat sementara Anda sendiri enggan menghebatkan diri.

Ketidaktahuan terhadap seberapa banyak jatah rezeki di dunia membuat kita terus berusaha dan bekerja. Ketidaktahuan terhadap rezeki membuat kita terus meningkatkan expertise agar harga kita terus naik dan membuat kita dikejar-kejar rezeki. Kehidupan pasti akan sangat menjemukan bila kita sudah tahu berapa jatah rezeki kita di dunia. Rezeki itu memang benar-benar misteri dan itu membuat hidup semakin indah.

Ketidaktahuan terhadap kapan waktu kematian juga membuat hidup semakin berarti. Coba Anda bayangkan, apa yang akan terjadi apabila Anda sudah tahu bahwa usia Anda 40, 45, 50 atau 70 tahun? Boleh jadi Anda stress. Boleh jadi Anda enjoy berbuat maksiat selagi muda dan kemudian bertaubat menjelang waktu kematian yang sudah Anda ketahui.

Dengan tidak tahu kapan waktu kematian membuat kita berlomba memperbaiki diri, mengumpulkan bekal dan selalu menjaga diri. Ketidaktahuan kita terhadap waktu kematian juga membuat kita berusaha menghindar dari maksiat karena kita khawatir, “Jangan jangan nyawaku dicabut saat berbuat maksiat.”

Ketidaktahuan terhadap tempat kita di akhirat juga membuat kita tidak semena-mena, sombong dan bermalas-malasan. Setan sudah tahu dimana tempatnya kelak. Maka yang ia lakukan adalah menggoda manusia agar kelak bersamanya di neraka.

Kita tidak tahu apakah kita di neraka, perlu mencicipi siksa neraka dulu baru kemudian ke surga atau langsung ke surga? Ketidaktahuan ini membuat kita terus membenahi diri, berlomba memberi manfaat di semesta, meninggalkan jejak yang bisa menjadi bekal yang pantas, berjuang dan berkorban untuk kemuliaan di akhirat. Hidup menjadi semakin hidup!

Ketidaktahuan membuat kita terus bergerak di lingkaran kebaikan. Ketidaktahuan perlu terus kita pelihara agar hidup kita terpelihara. Ketidaktahuan yang kita pelihara membuat kita sadar bahwa kita hanyalah seorang hamba yang sangat tergantung kepada-Nya. Mari terus kita pelihara ketidaktahuan.

Salam SuksesMulia!

Ingin ngobrol dengan saya? Follow saya di twitter: @jamilazzaini

Bagikan:

26 thoughts on “Di Balik Ketidaktahuan”

  1. Mantap inspirasinya pagi Kek. Moga dari ketidaktauan membuat kita semangat untuk memantaskan diri & bertawakal pada Alllah.

  2. jadi kita harus tetap menjadi bodoh, Kek…? biar bisa pinter? gituh?

    1. Emang sampeyang sudah pinter? 🙂

      1. Krisna Eby Dewantara says:

        Ketika kita berbicara soal pintar, bukankah semakin pintar seseorang akan semakin bodoh.

        1. Kayak kata hukum paradoks, semakin kita tahu maka kita akan semakin menjadi bodoh, kalo gak salah gtu 😀

  3. Subhanallah.. seperti kata guru saya, inilah hikmah dari kerahasiaan takdir. Agar kita berusaha untuk melakukan yang terbaik..

    Makasih atas inspirasi pagi ini Kek.. khususnya untuk paragrap dua tentang Jomblo, hehe.. 🙂

    Samal SuksesMulia

    1. Jangan lama2 jadi jomblo nanti bisa melongo 🙂

      1. hehe.. mohon doanya Kek.. 🙂

  4. Anggit Setyaningsih says:

    Subhanallah.. Selalu diingatkan. Doakan om, agar bs istiqomah di jalan kebaikan..

  5. agustin adi says:

    Alhamdulillah… Ketidak tauhan ilmu yg akan sy kuasai membuat sy terus mengejar, salah satunya di wadah akademi trainer… Kereeeeeen

    1. Ditunggu di Trainer Bootcamp 🙂

  6. Cerita kakek selalu menginspirasi,
    karena ketidaktahuan menjadi pengen tahu, jadi semakin banyak belajar hal yang baru.
    Semakin penasaran, semakin nikmat …. hehehehe

  7. Dendragons says:

    Renungan pagi yang indah kek Jamil,
    Saya sangat merasa ketidaktahuan saya semakin (bertambah) banyak seiring bertambahnya umur ini kek..
    Sekarang umur saya 19 Tahun…
    Doakan kami kek generasi muda dengan “Ketidaktahuanya” agar (terus) belajar dan belajar…
    Al Fatihah…………………….. :))

  8. ali samsudin says:

    ya Allah ampunilah hamba…. hamba sering melupakan kewajiban sebagai hambaMu,
    ampunilah hambamu yang bodoh ini,
    semakin belajar banyak hal malah semakin bodoh,
    semakin ingin tau maksudMu semakin misteri
    hamba sadar, bahwa dulu hamba pernah bersaksi bahwa Engkau adalah Tuhan hamba dan semesta alam
    hamba tahu bahwa Engkau adalah Yang Maha Tahu
    ya Robbii… yang membolak balikan hati hamba
    tetapkanlah hati hamba untuk selalu tunduk padaMu
    amin.

  9. Nino says:

    Harus mulai belajar memilah mana ketidaktahuan yang membawa keberuntungan dan kenikmatan hidup, doakan semoga bisa ya kek, bukan justru sebaliknya, makasih tulisanya pagi ini, makasih jg tulisan sy dimuat di tulisan pembaca he he 🙂

  10. Rosa Herdiansyah says:

    Indah bgt tulisannya,seindah yg nulisnya…

  11. Subhanallag… Misteri yang Insya Allah buat kita sibuk memantaskan diri…

  12. ORA DADI OPO says:

    Ketidaktahuan yang berdampak positif untuk kita menuju perubahan diri yang lebih baik & bermanfaat untuk sesama.

    Salam SuksesMulia_!!!
    @npindh
    āļ‡^â€Ē^āļ‡
    >Tulungagung

  13. Ketidaktahuan membuat kita terus menerus belajar dan merasa bahwa kita masih memiliki banyak kekurangan, terima kasih atas sharingnya kek.

  14. andriansyah says:

    Benar Kek…ketidaktahuan menjadi rahasia untuk selalu hati2 dalam hidup…sekaligus terus semangat memperbaiki kualitas kehidupan..

  15. Nur Farida says:

    Subhanallah…
    Ini lah bedanya orang bijak dan kurang bijak dalam memandang setiap ketidaktahuan yang memang selalu Ada disetiap kehidupan manusia.
    Sukses selalu untuk kek jamil azzaini dan kita semua. Aamiin 🙂

  16. Tas Maika says:

    Subhannallah, ternyata banyak hikmah dibalik ketidak tahuan kita..

  17. dnur77 says:

    Alhamdulillah….terus bergerak….semakin bergerak semakin pasrah,,,

  18. KerON….dan Ketidaktahuan membuat manda ikut TBnC tgl18-20April……:)

    1. Yeyyy sista Princess Amanda tancap gas polllll
      Semoga lancar dan berkah yaaa.

  19. dioz says:

    Ini tulisan yg gue banget, thanks Kek…..
    mari berbuat yg terbaik sebaik mungkin upaya kita….

Leave a Reply

Your email address will not be published.