Dampak Sebuah Kata

“Sebuah lidah lidah panjangnya tiga inci, tetapi dapat membunuh orang tingginya enam kaki.” (pepatah jepang)

Suatu hari aku kebagian harus tampil fashion show di salah satu tempat di daerah Gatot Subroto, tapi pada saat datang ke agency hatiku sedang sangat sedih akibat perkataan seseorang yang tidak bertanggung jawab. Ucapannya lumayan menyakitkan sehingga membuat seluruh tubuhku lemas tak berdaya, sehingga untuk berjalan pun lemas.

Manager di agency pun menghampiriku dan bertanya ada apa denganku, kenapa wajahku terlihat sangat kusut dan badanku terlihat lemas, padahal untuk tampil fashion show aku harus ceria dan fit.

Aku mengatakan sedang sedih dengan perkataan seseorang yang sangat menyakitkan hati dan mungkin saat itu tidak bisa untuk tampil karena kondisiku yang lemas tak bertenaga. Tapi kata-kata dari sang manager mampu membuatku tenaga pulih kembali.

Dia hanya berkata “Loe itu sangat multi talent Princess, orang yang mengatakan hal jelek dan menyakitkan hanyalah pecundang, dan loe adalah pemenang yang bisa ngalahin pecundang kayak gitu. Gimana kalahinnya?? Dengan segera buang semua perkataan orang tersebut ke tempat sampah !”

Luaarr biasaaa setelah mendengar perkataan sang manager, akupun segera berdiri dan memeluknya (managernya cewe looh), seketika itu juga wajahku berubah ceria dan tenagaku kembali 100% dan siap tampil untuk fashion show hari itu.

Sahabat, perkataan kita baik atau buruk, punya dampak yang besar bagi yang mendengarnya. Kata –kata yang ceroboh dapat mengakibatkan perselisihan, kata-kata yang jahat dapat menghancurkan hubungan baik, kata-kata yang pahit dapat menimbulkan perasaan benci. Kata-kata yang brutal dapat membunuh, kata-kata yang penuh cinta dapat menyembuhkan. Kata-kata yang ramah memperlancar jalan kehidupan. Kata-kata sukacita dapat membuat hari-hari kita ceria dan kata-kata yang lemah lembut dapat mengurangi stress.

Perkataan merupakan komponen yang sangat penting dalam sebuah hubungan. Bila gaya komunikasi kita baik, maka hubungan baik akan mudah terjalin. Sebaliknya bila yang keluar dari lisan kita adalah kata-kata yang kasar, negatif, tidak sopan,menyinggung, maka sudah dapat di pastikan orang-orang akan menjauhi kita dan sukses pun akan sulit di raih.

Ada sebuah ungkapan “ Lidahmu berada di tempat yang basah, jangan biarkan ia terpeleset” . Lidah manusia memang dapat membangun dan memotivasi sehingga bisa membuat seseorang menjadi sukses dengan motivasi tersebut, tetapi apabila lidah tidak terkendali maka akan mejerumuskan pada kesukaran.

Sahabat princess, yuk mulai hari ini kita belajar selalu menebarkan kata-kata yang positif , menguatkan, membangun, dan menyehatkan orang lain sehingga hubungan kita dengan siapa saja akan jadi menyenangkan dan perkataan kita mampu membuat orang lain berprestasi.

Princess Amanda

Bagikan:

5 thoughts on “Dampak Sebuah Kata”

  1. dnur77 says:

    Alhamdulillah…..salamm Mbak….trimakasi ….

  2. KerON, setiap kata yang keluar hanya untuk memotivasi & menginspirasi.

  3. Siap Mbak. Sy bertekad untuk selalu mengeluarkan kata-kata positif yang inspiratif dan memotivasi kepada semua anak didik saya. Thanks for sharing

  4. tebe says:

    Mantap Mbak artikelnya, ijin sharing ke blogku ya, tks

Leave a Reply

Your email address will not be published.